Tanda-Tanda Orang Hamil Muda yang Jarang Disadari

Tanda-tanda orang muda - Punya keturunan adalah keinginan luhur pasangan suami istri yang sudah menikah, pasalnya anak bisa menambah kebahagiaan hubungan rumah tangga. Kehadiran sang buah hati diharapkan bisa menjadi penerus keluarga yang telah dibangun oleh setiap pasangan suami istri. Tak heran jika orang yang tak kunjung punya anak rela melakukan berbagai macam usaha meski harus mengeluarkan banyak biaya.

Ketika kehamilan telah dialami oleh seorang wanita, tanda kehamilan akan segera muncul sebagai reaksi tubuh secara alami atas kehadiran makhluk baru dalam rahimnya.

Setiap wanita perlu mengetahui tanda awal kehamilan agar kehamilannya dapat segera terdeteksi sehingga dapat diperlakukan dengan semestinya. Apabila tanda hamil telah terlihat, pastikan kehamilan dengan melakukan tes kehamilan pakai testpack.

tanda-tanda-orang-hamil-muda
(foto : pixabay.com)

Tanda-Tanda Orang Hamil Muda


Ada beberapa gejala yang diyakini sebagai tanda kehamilan. Tanda hamil akan segera muncul beberapa hari setelah proses pembuahan. Lantas, apa saja tanda-tanda orang hamil muda itu ? antara lain adalah sebagai berikut :

1. Mual muntah

salah satu ciri hamil muda yang banyak dikeluhkan oleh kaum hawa adalah mual disertai muntah (morning sickness). Mual bisa saja disebabkan karena selain kehamilan, maka anda harus bisa membedakan mual hamil dan mual magg. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel yang telah kami tulis dengan judul mual pada ibu hamil berlangsung berapa lama ?

2. Badan terasa sangat lelah

Ciri orang hamil berikutnya adalah badan menjadi sangat lelah dan ngantuk. Hal ini terjadi karena ibu hamil mengalami peningkatan hormon progesteron. Rasa lelah yang dialami oleh ibu hamil muda akan terus berjalan meski sudah banyak istirahat. Anda tak perlu takut terhadap keadaan ini karena termasuk gejala kehamilan normal.

3. Mengantuk

Seiring dengan rasa lelah yang muncul di awal masa kehamilan, ibu hamil juga sering merasa ngantuk padahal sudah tidur satu malam penuh ditambah tidur siang. Hamil bukan lah satu-satunya faktor yang menyebabkan ngantuk, maka lihatlah apakah ada gejala kehamilan lainnya. Kalau ada, mungkin Anda lagi hamil.

4. Pendarahan ringan

Tanda-tanda orang hamil yang paling banyak dijumpai adalah keluarnya bercak darah tanda kehamilan. Perlu Anda ketahui bahwa bercak darah tanda hamil itu berbeda dengan darah menstruasi. Bercak darah kehamilan dini keluar dengan intensitas sangat sedikit, berbeda dengan darah haid yang cenderung lebih banyak.

5. Sering pipis

Salah satu gejala kehamilan yang jarang diketahui adalah terjadi peningkatan frekuensi BAK (buang air kecil). Janin yang tumbuh semakin besar membuat kandung kemih ibu hamil tertekan sehingga lebih cepat penuh. Semakin bertambah usia kehamilan, ibu hamil menjadi lebih sering pipis bahkan pipis tak tertahankan.

6. Payud*r* bengkak

Perubahan hormon ibu hamil membuat beberapa anggota tubuh mengalami perubahan, salah satunya adalah bagian payud*r* yang menjadi bengkak. Payud*r* wanita hamil terasa penuh, lembut dan bengkak. Payud*r* juga menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan meski hanya sentuhan kain bra. Jangan merasa takut dengan perubahan payud*r* ini karena termasuk tanda-tanda orang hamil normal.

7. Kepala pusing

Ketika seorang wanita menjalani kehamilan, maka pasokan darah yang diperlukan semakin besar karena adanya makhluk baru di dalam janin. Efek samping dari peningkatan pasokan darah tersebut adalah kepala menjadi terasa pusing dan berkunang-kunang. Untuk membedakan pusing tanda hamil dan pusing biasa, silakan baca artikel ini : pusing tanda hamil seperti apa ?

8. Kram perut

Tidak semua ibu hamil mengalami kram perut, namun sebagian ada yang mengeluhkan kram perut di awal masa kehamilan. Kram perut tanda kehamilan normal hanya terjadi cukup ringan dan tidak terus-terusan. Apabila kram perut yang Anda alami terasa sangat menyiksa dan dibarengi dengan pendarahan hebat, coba konsultasikan kepada dokter.

9. Telat haid

Telat haid adalah tanda kehamilan yang paling banyak diketahui. Hampir semua orang mendeteksi adanya kehamilan setelah tahu kalau dirinya telat haid. Sebenarnya, telat haid tidak selamanya disebabkan karena kehamilan, kadang telat haid itu terjadi karena faktor lain seperti karena kelelahan, pikiran stress, penyakit dan lainnya.

10. Penciuman lebih tajam

Mungkin anda merasa aneh dengan perubahan indra penciuman. Kalau sebelumnya Anda suka dengan makanan berbau menyengat, kali ini Anda merasa sangat tidak cocok dengan makanan berbau menyengat bahkan bisa membuat perut tambah mual dan ingin muntah. Tak hanya bau makanan yang membuat perut semakin mual, aroma parfum dan asap rokok juga demikian.

Itulah 10 tanda-tanda orang hamil yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga ulasan singkat ini dapat memberikan banyak manfaat kepada pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top