Tanda Tanda Telat Haid Karena Hamil yang Jarang Disadari

Tanda-tanda telat haid karena hamil - Ketika siklus haid belum juga datang, pasti ada banyak pertanyaan yang berkecamuk di dalam hati, salah satunya adalah "apakah saya sedang hamil ?" Memang, ada banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita terlambat datang bulan, salah satu diantaranya adalah karena sedang hamil.

Namun demikian, tanda mau hamil (PMS) sangat mirip dengan tanda hamil muda sehingga beberapa kaum wanita mengira kalau dirinya akan haid padahal sebenarnya dia sedang hamil muda.

Untuk itu, penting kiranya bagi ibu hamil untuk membedakan tanda mau haid dan tanda hamil muda. Anda juga perlu mengetahui anda telat haid yang disebabkan karena kehamilan. Selengkapnya silakan lanjut membaca.

tanda-tanda-telat-haid-karena-hamil
(foto : pixabay.com)

Tanda Telat Haid Karena Hamil


Telat menstruasi yang disebabkan karena kehamilan tentu dibarengi dengan gejala kehamilan lainnya. Apabila telat haid tidak dibarengi dengan gejala hamil yang lain bisa saja itu disebabkan karena faktor selain kehamilan seperti karena masalah hormonal, pikiran stress dan terlalu kelelahan.

Tanda telat haid karena hamil lazimnya dibarengi dengan ciri hamil yang lain seperti morning sickness, badan lelah, perubahan beberapa anggota tubuh dan lain-lain. Di bawah ini adalah beberapa tanda kehamilan yang muncul bersama telat haid tanda kehamilan.

1. Nyeri payud*ra


Nyeri pada bagian payud*ra bisa saja terjadi saat PMS, namun tidak menutup kemungkinan nyeri payuda*ra yang Anda alami adalah salah satu tanda kehamilan. Ketika hamil muda, Anda akan menjumpai keadaan dimana payudar* terasa penuh dan sesak serta nyeri jika terkena sentuhan. Perubahan payud*ra biasanya sudah mulai terasa sejak minggu-minggu awal kehamilan dan terus berlanjut hingga akhir masa kehamilan.

2. Kram perut


Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seorang wanita mengalami kram perut, salah satunya adalah karena sedang hamil muda. Selain karena kehamilan, kram perut juga sering dialami oleh kaum wanita saat sedang PMS. Kram perut jelang menstruasi dan kram perut karena kehamilan tidak lah sama. Kram perut PMS biasanya segera hilang setelah menstruasi berlangsung, sedangkan kram perut tanda hamil cenderung berlangsung lebih lama. Untuk penjelasan lebih detil silakan baca kram perut tanda hamil atau haid ?

3. Pendarahan ringan

Pendarahan ringan adalah salah satu tanda-tanda telat haid karena kehamilan. Pendarahan ini tidak sama dengan darah haid, kalau darah menstruasi umumnya berwarna merah kehitaman dan keluar cukup banyak sedangkan bercak darah tanda kehamilan berwarna merah muda atau kecoklatan dan tidak terlalu banyak. Bercak darah kehamilan ini biasanya muncul pada minggu-minggu awal masa kehamilan dan hanya terjadi kurang lebih 1-3 hari saja.

4. Ngidam

Salah satu dari tanda-tanda telat haid karena hamil adalah ngidam makanan tertentu. Ngidam adalah tanda hamil yang hampir dialami oleh semua ibu hamil. Apabila siklus haid Anda berhenti dan dibarengi dengan ngidam makanan, bisa jadi Anda sedang hamil muda. Makanan yang diidamkan oleh ibu hamil kadang adalah makanan yang aneh, yaitu makanan yang sebelum hamil paling dibenci. Silakan turuti permintaan sang istri, asalkan yang diidamkan bukan pantangan makanan ibu hamil.

5. Mual muntah

Mual muntah adalah salah satu tanda hamil yang banyak dikeluhkan oleh kaum wanita. Mual muntah ini biasa terjadi di pagi hari sehingga disebut sebagai morning sickness. Perubahan hormon adalah salah pemicu utama terjadinya masalah ini. Kebanyakan wanita hamil mengalami gejala ini namun ada sebagian orang yang tidak mual sama sekali saat hamil. Silakan baca : hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?

6. Kelelahan

Telat haid yang disebabkan karena kehamilan umumnya disertai dengan keadaan dimana badan terasa sangat lelah meski tidak banyak beraktivitas. Hal ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron membuat beberapa 0rgan tubuh bekerja extra sehingga badan terasa kelelahan walaupun seharian hanya istirahat di rumah saja.

7. Sering buang air kecil

Selain membuat badan terasa lelah, peningkatan hormon ibu hamil juga membuat 0rgan ginjal bekerja lebih keras sehingga kandung kemih lebih cepat penuh. Kondisi itu lah yang akhirnya membuat ibu hamil lebih sering merasa ingin pipis daripada sebelumnya. Bertambahnya usia kehamilan membuat ibu hamil lebih sering buang air kecil karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang semakin membesar.

Itulah ulasan terkait tanda-tanda telat haid karena hamil yang dapat kami tulis. Semoga penjelasan singkat ini dapat membantu. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top