Usia Kehamilan Normal dan Ideal untuk Melahirkan

Berapa sih usia kehamilan normal dan ideal untuk melahirkan ? Mungkin Anda adalah salah satu dari beberapa orang yang menanyakan hal itu. Ketika kehamilan sudah masuk usia 9 bulan, ibu hamil harus benar-benar menata hati untuk menerima kehadiran sang buah hati yang akan melengkapi kebahagiaan kehidupan rumah tangganya.

Dengan mengetahui usia kehamilan yang normal untuk melahirkan, Anda bisa segera mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk menjalani persalinan. Dengan begitu, Anda tidak terlalu kaget jika sewaktu-waktu persalinan tiba.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi singkat terkait dengan usia kehamilan yang ideal untuk menjalani persalinan. Silakan lanjut membaca untuk mendapat informasi lebih lengkap..

usia-kehamilan-normal-untuk-melahirkan
(foto : pixabay.com)

Usia Kehamilan Normal


Salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh wanita hamil adalah usia kehamilan normal untuk melahirkan sang buah hati. Menghitung usia kehamilan seharusnya dilakukan dengan benar sehingga tidak keliru dalam menentukan HPL (Hari Perkiraan Lahir).

Sebenarnya persalinan akan terjadi secara alami, meski tidak dihitung kalau sudah tiba saatnya bayi lahir ya lahir. Namun, pada beberapa kasus ada ibu hamil yang tak segera melahirkan meski sudah melewati HPL.

Apabila sudah waktunya lahir tapi janin tidak segera lahir maka Anda perlu segera konsultasi ke dokter untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Lantas, berapa sih usia kehamilan normal dan ideal untuk melahirkan ?

Masyarakat secara umum mengira kalau usia kehamilan yang ideal untuk melahirkan adalah 9 bulan sepuluh hari. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Ibu dan Bayi Amerika Serikat, March of Dimes  usia kehamilan yang ideal untuk melahirkan adalah 40 minggu.

Mungkin Anda berpikir, apakah tidak terlalu lama kalau kehamilan berlangsung selama 40 minggu ? Tidak, justru ada hasil penelitian yang menyatakan bahwa 0rgan dan otak janin masih terus berkembang setelah setelah usia kehamilan 38 minggu.

Bahkan ada yang menyatakan bahwa janin yang lahir pada usia kehamilan 39 hingga 40 minggu akan mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik. Sekarang, hal yang penting untuk Anda lakukan adalah menghitung usia kehamilan dengan benar sesuai dengan petunjuk medis.

Cara Menghitung Usia Kehamilan


Untuk mengetahui usia kehamilan normal dan ideal untuk melahirkan, tentu kita harus benar dalam menghitung usia kehamilan. Anda bisa menghitung usia kehamilan sendiri dengan benar tanpa harus meminta bantuan bidan asalkan sudah tahu caranya. Silakan baca post yang telah kami tulis dengan judul cara menghitung usia kehamilan yang benar.

Ketika periksa ke dokter atau bidan, biasanya dokter / bidan sudah memberitahukan kapan hari perkiraan lahir janin yang ada di dalam kandungan Anda. Apabila persalinan belum juga terjadi padahal sudah melewati HPL, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Sembari menunggu kelahiran sang buah hati, penting kiranya bagi ibu hamil untuk merawat kehamilan dengan benar. Hindari segala hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil baik aktivitas, mengkonsumsi makanan maupun minuman tertentu.

Perawatan Kehamilan Agar Sehat dan Normal


Kehamilan perlu dirawat dengan baik, tidak hanya dibiarkan begitu saja. Segala macam makanan yang membahayakan kehamilan sebaiknya dihindari walaupun Anda menyukainya.

Tak hanya makanan dan minuman, aktivitas yang tidak baik bagi kehamilan pun harus benar-benar dihindari agar kehamilan tetap berjalan dengan sehat dan normal.

Olahraga adalah aktivitas yang bisa membuat badan sehat, segar dan bugar. Namun, ibu hamil tidak boleh sembarangan melakukan olahraga, silakan pilih olahraga yang aman untuk ibu hamil.

Ibu hamil yang nekat melakukan aktivitas berbahaya bisa berakibat tidak baik pada kehamilan. Dampak paling mengerikan ketika ibu hamil melanggar pantangan kehamilan adalah keguguran.

Demikian pembahasan singkat tentang usia kehamilan normal dan ideal untuk melahirkan serta tips perawatan kehamilan sederhana. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top