Badan Sakit Semua Saat Hamil Muda, Begini Loh Cara Mengatasinya!

Badan sakit semua saat hamil muda - Jangan kaget kalau Anda merasakan pegal-pegal dan badan sakit semua saat hamil muda. Bagian tubuh yang terasa pegal tidak hanya pada punggung dan kaki, seakan sekujur tubuh rasanya sakit semua. Pegal-pegal saat hamil muda adalah salah satu keluhan hamil muda yang hampir dialami oleh semua wanita hamil.

Kondisi ini dirasakan oleh ibu hamil karena badan tengah beradaptasi dengan adanya makhluk baru di dalam rahim. Keluhan ini juga dipengaruhi oleh :

  • Perubahan hormon
  • Perkembangan janin
  • Perubahan berat badan ibu
  • Pikiran stress
  • Perubahan postur tubuh
  • Sakit

badan-sakit-semua-saat-hamil-muda
(foto : pixabay.com)

Cara Mengatasi Badan Sakit Semua saat Hamil Muda


Rasa sakit atau pegal yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah di bagian kaki dan punggung. Hal itu terjadi karena kedua bagian tubuh tersebut harus menopang tubuh ibu hamil yang terus mengalami peningkatan.

Dalam melakukan aktivitas seperti berolahraga dan mengangkat barang, ibu hamil harus berhati-hati karena perubahan hormon saat hamil membuat ligamen kendur sebagai persiapan untuk menghadapi proses persalinan. Jika ligamen sampai terluka, rasanya pegal sekali.

Selain area kaki, beberapa anggota badan yang sering terasa pegal adalah punggung bawah, panggul dan b0kong. Perubahan hormon lah yang diduga menyebabkan keluhan ini.

Cara sederhana untuk mengatasi badan yang sakit semua saat hamil muda adalah dengan mandi air hangat. Selain mengurangi pegal-pegal, mandi dengan air hangat juga dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan efek rileks di tubuh.

Beberapa orang beranggapan bahwa menggerakkan tubuh bisa menambah rasa pegal, padahal sebenarnya tidak seperti itu. Badan pegal justru bias diatasi dengan berolahraga seperti renang, peregangan tubuh dan yoga, asalkan tidak terlalu berlebihan.

Apabila sebelum hamil kamu punya hobi olahraga, sekarang kurangi porsi olahraga kamu dengan durasi sekitar 10 hingga 15 menit saja. Jika dirasa kurang, silakan ditingkatkan sedikit demi sedikit sampai kurang lebih jadi setengah jam.

Silakan baca : olahraga yang aman untuk ibu hamil

Selain dengan mandi air hangat, cara mengatasi badan sakit semua saat hamil muda adalah dengan memijat pelan. Dengan cara ini pegal-pegal yang kamu rasakan akan segara hilang.

Silakan datang ke tempat pijat khusus ibu hamil atau bisa meminta sang suami untuk memijat tubuh pelan-pelan. Ingat! pemijatan harus dilakukan pelan-pelan, tidak boleh terlalu keras karena justru menambah sakit.

Bila pegal tak kunjung hilang, Anda bisa mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit atas resep dokter. Dokter akan memberikan jenis obat yang aman buat ibu hamil sehingga tidak berdampak buruk pada perkembangan janin.

Jangan lupa untuk istirahat yang cukup agar badan segar dan bugar. Jika Anda sering susah tidur, silakan ikuti petunjuk cara mengatasi susah tidur saat hamil sebagaimana yang telah kami jelaskan pada artikel berjudul cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil.

Demikian ulasan penjelasan mengenai cara mengatasi badan sakit semua saat hamil muda. Jika ada gejala lain yang menyertai rasa pegal seperti demam dan lainnya, silakan segera hubungi dokter. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top