Ibu Hamil Cabut Gigi, Bolehkah ?

Ibu hamil cabut gigi - Sakit gigi bisa menyerang pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua tak terkecuali ibu hamil. Sakit gigi sungguh membuat tidak nyaman, apalagi kalau tak kunjung sembuh, makan jadi tak enak, minum rasanya pahit bahkan hari-hari akan dilalui dengan sangat buruk dan tidak sesuai perencanaan.

Seseorang yang terkena sakit gigi biasanya menjadi lebih sensitif dan rasanya ingin tiduran saja guna meredam rasa sakit yang benar-benar menyiksa. Suara gaduh yang ada di sekitar bisa membuat sakit gigi menjadi semakin menyiksa. Itulah salah satu sebab mengapa para penderita sakit gigi lebih suka sendiri dan mencari tempat yang tenang.

Oleh karena sangat menyiksa maka sakit gigi tidak bisa dianggap remah dan dibiarkan begitu saja. Sebaiknya segera lakukan langkah pengobatan baik secara tradisional maupun secara medis agar keluhan sakit cepat sembuh.

(foto : pixabay.com)

Baca juga : Cara mengatasi perut begah (kembung) saat hamil

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena sakit gigi, salah satu diantaranya adalah gigi berlubang dan gusi bengkak. Gigi berlubang dan gusi bengkak sungguh membuat rasa nyeri yang begitu menyiksa. Sakit gigi yang tak segera diobati sampai tuntas bisa terus berulang dan rasanya sakit sekali. Dalam kondisi sakit gigi, aktivitas seseorang menjadi terkendala dan pekerjaan jadi terbengkelai.

Nyeri campur sakit yang dirasakan penderita sakit gigi membuat kepala cenut-cenut hingga membuat dirinya gemas dan ingin segera mencabut gigi. Memang cabut gigi bisa menjadi solusi bagi siapapun yang sedang mengalami sakit gigi, termasuk ibu hamil. Dengan cara ini, gigi yang sakit gara-gara berlubang atau rusak akan diangkat sehingga sakit gigi tak kambuh lagi.

Cabut gigi tidak boleh dilakukan sembarangan, harus dilakukan oleh orang-orang yang ahli. Ketika sakit gigi sedang kambuh, cabut gigi sebaiknya ditunda dulu hingga sakit gigi reda. Kalau sudah reda dan kondisi sudah tenang, cabut gigi baru bisa dilakukan.

Cabut gigi memang bisa jadi solusi bagi para penderita sakit gigi, namun bagaimana kalau cabut gigi ini dilakukan oleh ibu hamil ? amankah ? Nah, untuk lebih detil tentang pembahasan ini silakan simak penjelasan yang akan kami sampaikan pada artikel ini.

Bolehkah Ibu Hamil Cabut Gigi ?


Sakit gigi memang sering terjadi pada wanita hamil terutama pada  saat usia kehamilan trimester pertama dan ketiga. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal mempengaruhi kondisi tubuh yang dipicu karena masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh. Tak hanya sakit gigi, keluhan ibu hamil trimester 2 dan 3 akan terus datang silih berganti seperti nyeri pinggang, sakit perut, sembelit dan lain-lain.

Ibu hamil yang sedang sakit gigi hendaknya ditangani oleh tenaga medis yang ahli agar sakit gigi segera teratasi sehingga tak berdampak buruk pada janin. Apabila ibu hamil ingin cabut gigi sebaiknya pertimbangkan dengan matang mengingat cara ini dapat menimbulkan beberapa resiko yang kurang menguntungkan.

Ibu hamil cabut gigi bisa bisa berpengaruh pada pembuluh darah hingga akhirnya menyebabkan kontraksi rahim. Jika kontraksi terjadi sebelum waktunya tiba maka bisa menyebabkan kelahiran prematur atau ketuban pecah dini. Hal ini sungguh tidak diharapkan oleh setiap ibu hamil.

Adapun cara paling bijak untuk mengatasi sakit gigi ibu hamil adalah dengan memberikan obat anti nyeri sesuai dengan resep dokter. Apabila sudah diberi obat nyeri tapi sakit gigi justru semakin menjadi-jadi dan tak kunjung sembuh maka pencabutan gigi akan dilakukan dengan tetap mempertimbangkan kondisi ibu hamil. Dokter akan memberikan saran terbaik bagi Anda.

Tips untuk Menghindari Sakit Gigi pada Ibu Hamil


Ibu hamil cabut gigi memang cukup mengkhawatirkan karena resikonya cukup besar. Untuk itu, ibu hamil perlu melakukan langkah-langkah sederhana agar tidak sampai terkena sakit gigi, salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan gigi.

Agar gigi senantiasa bersih, silakan gosok gigi secara rutin paling tidak sehari dua kali setiap pagi (usai sarapan) dan malam sebelum tidur. Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut dan berbentuk kecil agar tidak menyakiti bagian gusi.

Rutin menggosok gigi perlu dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya ibu hamil. Dengan cara ini, kuman penyebab sakit gigi bisa dibersihkan dan diharapkan ibu hamil tidak terkena sakit gigi.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, ibu hamil bisa menggunakan obat kumur usai menggosok gigi. Selain dapat membunuh kuman, obat kumur bisa membuat mulut terasa lebih segar.

Selain dengan membersihkan gigi, Anda perlu mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin. Buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C dan B12 sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil


Apabila ibu hamil mengalami sakit gigi yang sudah tak tertahankan maka segera upayakan untuk mengatasinya dengan cara alami, misalnya ada;ah dengan berkumur air hangat dan kunyah daun bayam.

Berkumur Pakai Air Hangat

Untuk meredakan sakit gigi yang tak tertahankan, silakan kumur pakai air hangat karena bisa menenangkan. Caranya sangat mudah, silakan ambil air hangat satu gelas dan campur dengan sedikit garam. Aduk hingga garam larut dan gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini secara rutin hingga sakit gigi reda.

Mengunyah Daun Bayam

Daun bayam adalah obat sakit gigi alami yang sudah banyak digunakan oleh nenek moyang kita. Meredakan sakit gigi dengan daun bayam tergolong sangat aman bagi kehamilan. Coba saja cara ini untuk mengetahui hasilnya !

Kompres Pakai Es

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil adalah dengan mengompres pipi dengan es batu. Caranya mudah, lapisi es batu dengan kain lalu tempelkan pada pipi yang giginya sakit.

Demikian pembahasan tentang ibu hamil cabut gigi, tips menghindari sakit gigi dan obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan sehat selalu. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top