Ibu Hamil Minum Kopi, Bolehkah ?

Ibu hamil minum kopi - Selama menjalani kehamilan, sebaiknya ibu hamil memperhatikan seberapa banyak kopi yang akan dikonsumsi. Ibu hamil boleh minum kopi tapi harus tetap dibatasi karena minum kopi dalam jumlah berlebihan bisa mengakibatkan beberapa dampak buruk bagi janin dan kesehatan ibu.

Sebenarnya, tak hanya ibu kopi saja yang perlu dihindari oleh ibu hamil tapi ada banyak makanan dan minuman yang menjadi pantangan ibu hamil. Selengkapnya, silakan baca pantangan makanan saat hamil muda, Anda wajib tahu !

Makanan dan minuman yang mengandung kafein hendaknya dibatasi oleh ibu hamil seperti kopi, coklat dan teh. Tak hanya itu, kafein biasanya juga ditambahkan pada beberapa obat flu dan energy drink atau minuman pembangkit tenaga. Untuk itu, coba perhatikan kandungan kafein yang biasanya tertera dalam kemasan.

ibu-hamil-minum-kopi
(foto : pixabay.com)

Ibu Hamil Minum Kopi Amankah ?


Apabila Anda bertanya, bolehkah ibu hamil minum kopi ? Boleh, asalkan tidak terlalu berlebihan. Ibu hamil minum kopi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti insomnia, cemas, jantung berdetak kencang, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, migrain, sering BAK dan tremor.

Mungkin sebagian ibu hamil merasa nyaman-nyaman saja untuk tidak tidak minum kopi namun bagi yang hobi minum kopi, meninggalkan kebiasaan minum kopi rasanya sangat berat.

Mungkin Anda juga suka minum kopi kemasan seperti kopi good day. Nah, sebelum memutuskan untuk minum kopi good day, coba baca dulu penjelasan yang telah kami sampaikan pada artikel berjudul bolehkah ibu hamil minum kopi good day ?

Resiko Ibu Hamil Minum Kopi


Selain dapat menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan, terlalu banyak minum kopi saat hamil bisa menyebabkan masalah kehamilan serius karena kafein dalam kopi bisa menembus plasenta.

beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi kalau ibu hamil minum kopi berlebihan antara lain adalah sebagai berikut :


  • Asam lambung ibu hamil naik
  • Ibu hamil kurang darah (anemia)
  • Bayi terlahir dengan berat badan rendah
  • Terjadi masalah kehamilan serius
  • Ibu hamil mengalami keguguran


Takaran Yang Ideal Untuk Ibu Hamil Minum Kopi


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa, minum kopi saat hamil itu sebenarnya boleh boleh saja, namun harus dibatasi, tidak boleh berlebihan.

Meskipun Anda adalah pecinta kopi, ketika sedang hamil hendaknya tidak terlaliu banyak minum koi demi menjaga kesehatan dan keselamatan sang buah hati.

Lantas, berapa takaran ideal untuk ibu hamil minum kopi ? Yaitu sehari maksimal 200 mg atau setara dengan dua cangkir kopi. Selain kopi, ibu hamil juga perlu membatasi diri dalam mengkonsumsi segala macam minuman berkafein seperti coklat, teh, minuman bersoda dan lain-lain.

Di bawah ini adalah kandungan secara umum kafein dalam minuman :


  • Satu cangkir kopi seduh = 60 hingga 200 mg kafein
  • Satu cangkir kopi saring = 140 mg kafein
  • Satu cangkir kopi instan = 100 mg kafein
  • Satu botol minuman soda = 40 mg kafein
  • Satu cangkir teh = 75 mg kafein
  • 50 gram cokelat = 25-50 mg kafei


Apabila Anda hendak mengkonsumsi minuman tersebut di atas sebaiknya perhatikan kandungan kafeinnya dan jangan sampai sehari mengkonsumsi kafein lebih dari 200 mg.

Bagi pecandu kopi, meninggalkan kebiasaan minum kopi memang berat namun apa boleh buat, demi kesehatan sang buah hati tinggalkan kebiasaan minum kopi perlahan-lahan selama kehamilan berlangsung.

Sebagai ganti minum kopi, Anda bisa mengkonsumsi minuman sehat yang menyegarkan seperti jus buh-buahan, jus sayuran, air kelapa muda, air putih dan lain-lain.

Tak hanya dalam hal minuman, ibu hamil hendaknya juga memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Pastikan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi dan menghindari semua jenis makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil.

Demikian ulasan penjelasan terkait ibu hamil minum kopi. Jika menurut Anda bermanfaat, silakan bagikan artikel ini kepada orang lain. Sekian, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top