Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Apa Saja ? Ini Loh Penjelasannya

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Oleh karena sedang mengandung sang buah hati yang telah lama dinantikan kehadirannya maka ibu hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman, jangan sampai mengkonsumsi pantangan makanan dan minuman ibu hamil.

Apabila ibu hamil nekat mengkonsumsi makanan yang dapat membahayakan kehamilan bisa jadi janin dalam kandungannya akan mengalami beberapa masalah serius bahkan bisa terjadi keguguran.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi terkait dengan makanan apa saja yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Silakan lanjut membaca..

ibu-hamil-tidak-boleh-makan-apa-saja


Apa Saja Makanan yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil ?


Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama kehamilan sangat berpengaruh pada kesehatan janain dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi maka janin dapat tumbuh berkembang dengan baik, tapi kalau makanan yang dikonsumsi ibu hamil adalah makanan yang tidak bergizi dan bahkan makanan yang dilarang untuk ibu hamil maka keselamatan janin dalam kandungan bisa terancam.

Lantas, apa saja makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan ibu hamil itu ? Sebagaimana dilansir liputan6.com (11/01/2018) berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh ibu hamil :

1. Alkohol

Makanan dan minuman yang mengandung alkohol sebaiknya dihindari selama kehamilan berlangsung, pasalnya alkohol bisa langsung dikonsumsi oleh janin melalui tali pusar.

Ibu hamil yang gemar mengkonsumsi alkohol selama menjalani kehamilan bisa mengakibatkan beberapa dampak buruk seperti terjadi masalah fisik pada janin, mengalami kesulitan belajar dan terjadi masalah perilaku anak kelak setelah ia lahir.

2. Ikan tinggi kadar merkuri


Beberapa ikan laut yang banyak mengandung merkuri seperti ikan hiu, ikan todak, ikan marlin, king mackerel, tilefish dan orange roughy harus dihindari selama menjalani kehmailan. Merkuri termasuk bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan ginjal, otak dan sistem syaraf janin yang ada di dalam kandungan.

3. Makanan yang tidak dipasteurisasi

Ibu hamil harus selektif dalam memilih makanan karena ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan keracunan. Hati-hati terhadap bakteri listeria dapat menyebabkan listeriosis karena bisa membahayakan kehamilan.

Listeria bisa menyebabkan beberapa masalah kehamilan serius seperti keguguran, bayi mati di dalam kandungan, persalinan prematur, bayi terserang penyakit serius dan lain-lain.

Untuk menghindari hal tersebut maka ibu hamil harus benar-benar memilih makanan yang bersih dan sehat. Susu dan produk olahan susu hendaknya telah dipasteurisasi karena susu yang dikonsumsi dengan tidak dipasteurisasi bisa jadi mengandung bakteri dan parasit berbahaya. (baca : susu ibu hamil yang bagus).

Proses pemanasan susu dengan cara dipasteurisasi adalah langkah tepat yang perlu dilakukan untuk membunuh bakteri berbahaya. Untuk itu, ibu hamil harus benar-benar memilih produk olahan susu yang dipasteurisasi untuk dikonsumsi.

4. Daging mentah


Daging mentah adalah makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil, pasalnya konsumsi daging dalam keadaan mentah atau setengah matang bis menjadi penghantar toxoplasma pada janin hingga akhirnya dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti bayi mengalami kebutaan, cacat mental dan lain-lain. Untuk menghindari hal yang tak dinginkan, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berikut ini :

  • Daging sapi, kambing dan ayam mentah dan setengah matang
  • Ikan mentah, misalnya sashimi, sushi, carpaccio dan ceviches
  • Kerang mentah
  • Telur mentah dan setengah matang (baca : telur buat ibu hail, bermanfaat atau berbahaya ?)
  • Segala macam makanan yang mengandung daging dan atau telur mentah
  • Jus dan susu yang dipasteurisasi

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Demi menjaga kehamilan agar senantiasa sehat, sebaiknya hindari segala macam makanan pantangan kehamilan diatas.

Sekian pembahasan tentang "ibu hamil tidak boleh makan apa ?" Semoga penjelasan singkat ini bisa menyumbangkan banyak manfaat kepada para pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top