Jajanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Janin, Enak Banget!

Jajanan sehat untuk ibu hamil adalah segala jenis cemilan yang banyak mengandung protein, serat, vitamin, lemak sehat dan zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi ibu hamil, kiranya perlu memilih jajanan yang memiliki kandungan protein, lemak sehat dan serat karena dapat membuat perut terasa awet kenyang.

Selama menjalani kehamilan, ibu hamil harus benar-benar menjaga asupan makanan agar janin dalam kandungan senantiasa sehat dan kuat. Apabila ibu hamil kurang mendapatkan asupan makanan bisa jadi perkembangan janin akan terhambat.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi tentang beberapa jenis jajanan sehat bagi ibu hamil yang rasanya enak.

jajanan-sehat-untuk-ibu-hamil
(foto : pixabay.com)

Jajanan Sehat untuk Ibu Hamil


Demi menjaga kesehatan janin dalam kandungan, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi jajanan atau cemilan. Di bawah ini adalah beberapa jajanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama yang bisa Anda pilih :

1. Apel dan keju

Wanita yang sedang menjalani kehamilan membutuhkan nutrisi lebih besar daripada orang yang tidak hamil. Tak seperti wanita pada umumnya, ibu hamil lebih banyak membutuhkan serat hingga mencapai 30 gram per hari.

Oleh karena itulah apel dan keju yang diperkaya dengan serat sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil. Morning sickness yang biasa muncul di usia kehamilan trimester pertama bisa lebih ringan dengan mengkonsumsi buah ini. Sebenarnya tak hanya apel, aneka macam buah-buahan juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

2. Yogurt dan Kacang-kacangan

Dengan mengkonsumsi yogurt ibu hamil bisa mendapatkan asupan susu rendah lemak sehingga kebutuhan kalsium ibu hamil dan janin bisa tercukupi. Hal ini akan berpengaruh baik pada pertumbuhan tulang dan gigi si kecil.

3. Coklat

Coklat termasuk jajanan sehat untuk ibu hamil karena dapat menurunkan resiko preeklamsia. Namun demikian, iu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi coklat dalam jumlah berlebihan karena coklat memiliki kandungan kafein meski hanya sedikit. Anda bisa membuat puding coklat dengan campuran susu rendah lemak guna mendapatkan asupan kalsium yang cukup banyak.

4. Jus buah

Jus buah adalah jajanan sehat yang sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain rasanya segar, jus buah juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap sehingga kebutuhan nutrisi ibu hamil bisa terpenuhi. Adapun contoh jus buah segar yang cocok untuk ibu hamil bisa Anda baca pada artikel berjudul jus buah yang baik untuk ibu hamil.

5. Sereal

Pada umumnya, sareal dipercaya dengan mineral dan vitamin sehingga termasuk jajanan yang bagus untuk ibu hamil. Pada usia kehamilan trimester pertama, sareal bisa disantap sebagai menu sarapan guna meringankan mual muntah (morning sickness). Kelihatannya sangat sederhana tapi sareal sangat bagus bagi ibu hamil.

6. Keripik ubi jalar

Keripik ubi jalar termasuk jajanan sehat untuk ibu hamil karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat dan potasium. Daripada mengkonsumsi cemilan yang tidak jelas kandungan nutrisinya, lebih baik pilih keripik ubi jalar. Selain rasanya gurih, kandungan nutrisi juga cukup banyak.

7. Telur rebus

Kandungan protein pada telur sangat tinggi sehingga sangat baik untuk dijadikan cemilan. Namun demikian, ibu hamil harus benar-benar merebus telur hingga matang. Konsumsi telur mentah atau setengah matang dikhawatirkan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Silakan baca telur buat ibu hamil, bermanfaat atau berbahaya ?

8. Pisang

Pisang memiliki kandungan serta, vitamin C, kalium dan vitamin B6 sehingga sangat cocok dijadikan sebagai camilan sehat untuk ibu hamil. Vitamin B6 yang terkandung di dalam buah pisang sangat bagus untuk meringankan mual muntah saat hamil muda.

Pada usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil tidak butuh banyak kalori tapi yang banyak dibutuhkan adalah asam folat. Untuk itu, Anda perlu makan makanan tinggi folat seperti :


Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Kedua


Di usia kehamilan trimester kedua, ibu hamil membutuhkan banyak asupan kalsium untuk membantu proses perkembangan tulang dan gigi janin. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan vitamin D guna memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

Cemilan yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga


Berbeda dengan kehamilan trimester pertama dan kedua, pada usia kehamilan trimester ketiga ini ibu hamil membutuhkan lebih banyak vitamin C, kalori dan tiamin. Peran vitamin C bagi ibu hamil trimester ketiga antara lain adalah sebagai berikut :

  • Melindungi sel janin agar tidak rusak
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Membantu proses perkembangan plasenta
  • Membantu proses penyerapan zat besi

Demikian penjelasan terkait jajanan sehat untuk ibu hamil dan sedikit informasi terkait cemilan yang baik untuk ibu hamil. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top