Makanan Sehat Ibu Hamil 4-5 Bulan, No 5 Jarang yang Menyadari

Makanan sehat ibu hamil 4-5 bulan - Apakah saat ini usia kehamilan Anda sudah masuk pada bulan keempat atau kelima ? Jika iya, coba luangkan waktu sebentar untuk membaca artikel ini hingga selesai karena di sini akan disampaikan ulasan terkait dengan makanan apa saja yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil 4 bulan agar janin sehat dan kuat.

Pada usia kehamilan 4 bulan, janin dalam kandungan berkembang dengan pesat dan beberapa 0rgan tubuh sudah terbentuk hampir mendekati sempurna atau bahkan sudah sempurna. Namun demikian, ibu hamil harus tetap hati-hati dalam menjaga kehamilannya karena usia kehamilan 4 bulan termasuk masa kehamilan kritis yang perlu diperlakukan dengan sebaik-baiknya.

Jika ibu hamil sembrono dalam menjaga kehamilan, bisa jadi beberapa masalah kehamilan akan datang silih berganti dan bahkan ibu hamil bisa mengalami masalah kehamilan serius atau keguguran.

makanan-sehat-ibu-hamil-4-5-bulan
(foto : pixnio.com)

Pada usia hamil 4 bulan, indra penglihatan janin sudah mulai terbentuk dengan sempurna, Beberapa bagian mata seperti lensa mata, iris dan kornea sudah mulai berfungsi meski belum sempurna. Indra penglihatan janin usia 4-5 bulan pun sudah tergolong baik, bahkan janin sudah bisa menerima rangsangan cahaya.

Tak hanya indra penglihatan, indra pendengaran janin juga sudah mulai berfungsi. Posisi telinga janin di usia 4 bulan sudah bertempat pada posisi yang sesuai. Selain itu, alat kelam!n janin 4 bulan juga sudah berkembang dan sudah mulai terlihat. Kondisi ini akan jelas terlihat ketika ibu amil melakukan pemeriksaan USG.

Janin usia 4 bulan sudah mampu mendengarkan detak jantung ibu, bahkan suara perut pun sudah dapat didengar oleh janin. Jika dilihat melalui pemeriksaan USG, janin usia 4 bulan sudah terlihat cukup jelas. Oleh karena itu, di usia kehamilan 4 bulan ini ibu hamil dianjurkan untuk memakai baju kehamilan. (silakan baca : ibu hamil tidak memakai baju kehamilan, bolehkah ?)

Makanan Sehat Ibu Hamil 4 Bulan


Agar pertumbuhan janin dalam kandungan berjalan dengan baik maka ibu hamil usia 4 bulan perlu mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Jika kurang mendapat asupan nutrisi maka janin dalam kandungan bisa terganggu perkembangannya. Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan sehat ibu hamil 4-5 bulan yang dapat Anda jadikan acuan.

1. Konsumsi makanan berserat


Ketika kehamilan telah masuk pada usia 4 bulan, sebaiknya perbanyak makanan yang banyak mengandung serat. Hal ini perlu dilakukan karena di usia kehamilan 4 bulan, ibu hamil banyak mengalami keluhan, salah satunya adalah sembelit (susah buang air besar). Untuk mengatasi sembelit selama masa kehamilan, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti buah pepaya, jeruk, brokoli dan selengkapnya silakan baca buah berserat tinggi untuk ibu hamil.

2. Makanan berkalsium


Makanan sehat ibu hamil 4-5 bulan yang selanjutnya adalah jenis makanan yang banyak mengandung kalsium. Perlu Anda ketahui bahwa kalsium itu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, bahkan sejak usia kandungan masih awal. Kalsium sangat berperan bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin.

3. Makanan berprotein


Selain makanan berserat dan berkalsium, ibu hamil juga membutuhkan makanan yang banyak mengandung protein. Peran protein bagi pertumbuhan janin sangat besar sehingga ibu hamil 4 bulan perlu memperbanyak makanan yang mengandung protein, baik protein nabati maupun protein hewani.

4. Makanan rendah lemak


Sudah bukan rahasia lagi, ibu hamil 4 bulan biasanya mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan. Untuk itu, ibu hamil perlu mengontrol asupan lemak setia hari. Jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan berlemak maka ibu hamil bisa mengalami kelebihan berat badan.

5. Makanan yang mengandung zat besi


Ibu hamil biasanya sering terkena anemia (kurang darah). Untuk itu, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi guna menghindari anemia. Ibu hamil yang mengalami anemia sangat rentan terhadap keluhan-keluhan yang membuat tidak nyaman kehamilan, bahkan ibu hamil bisa sering pingsan.

Demikian penjelasan terkait makanan sehat ibu hamil 4-5 bulan yang perlu Anda ketahui. Mungkin selama ini kita kurang begitu memperhatikan asupan makanan padahal sebenarnya makanan itu sangat penting bagi ibu hamil. Sekian, semoga bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top