Manfaat Yakult untuk Ibu Hamil Muda dan Tua, Ternyata Luar Biasa!

Manfaat yakult untuk ibu hamil - Yakult merupakan produk olahan susu yang difermentasikan dengan memanfaatkan bakteri Lactobacillus Casei. Yakult dapat menyumbangkan beberapa manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat melancarkan pencernaan. Minuman ini sebenarnya memiliki kemiripan dengan yogurt karena sama-sama dibuat dengan memanfaatkan bakteri baik. Yakult pertama kali ditemukan oleh seorang Dokter di Jepang bernama Minoru Shirota pada tahun 1930.

Yakult banyak digemari oleh masyarakat yang hidup di eropa dan asia meskipun sebenarnya bakteri yang dimanfaatkan untuk membuat yakult masih berasal dari Jepang. Salah satu manfaat yakult untuk ibu hamil adalah untuk membantu mengatasi sembelit (susah BAB) dan membantu melancarkan proses pencernaan.

Namun demikian, ibu hamil harus tetap membatasi dalam minum yakult, jangan sampai berlebihan. Konsumsi yakult dalam jumlah berlebih dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan kehamilan.

manfaat-yakult-untuk-ibu-hamil-muda
(foto : pixabay.com)

Komposisi dan Kandungan Yakult


Secara umum setiap botol yakult memiliki kandungan bakteri Lactobacillus casei Shirota Strain hingga mencapai 8 milyar. Memang, yakult itu bisa menyumbangkan banyak manfaat bagi manusia, namun anda haru tetap memperhatikan kandungan yakult guna menghindari efek samping yang merugikan kesehatan.

Kenapa hal itu perlu dilakukan ? karena setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda-beda terhadap suatu makanan. Khusus bagi ibu hamil hendaknya benar-benar mempertimbangkan secara bijak mengenai makanan yang akan dikonsumsi karena sangat mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan. adapun komposisi yakult antara lain adalah sebagai berikut :


  • Gula - Menggunakan glukosa, sukrosa dan dekrosa dengan tujuan dapat menyeimbangkan rasa manis dan asam
  • Bakteri Lactobacillusu Casei Shirota strain, yaitu bakteri baik yang jumlahnya hingga mencapai 8 milyar per botol
  • Susu Bubuk - Digunakan untuk memicu reaksi fermentasi
  • Perisa tambahan - digunakan untuk menyeimbangkan rasa sesuai dengan keinginan
  • Air - Merupakan piranti utama untuk keberhasilan proses fermentasi


Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult?


Sebagaimana kita ketahui pada awal masa kehamilan, ibu hamil biasanya mengalami masalah pencernaan yaitu sembelit (sauah BAB). Yakult bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ini karena mengandung bakteri baik yang dapat membantu kerja usus. Jika ibu hamil ingin mengatasi susah BAB dengan minum yakult, silakan ! asal tidak berlebihan.

Apakah konsumsi yakult aman bagi ibu hamil ? Aman asalkan tidak diminum dalam jumlah terlalu banyak. Pembahasan lebih detil telah kami sampaikan pada artikel berjudul bahayakah yakult untuk ibu hamil ?

Manfaat Yakult untuk Ibu Hamil


Oleh karena terbuat dari bahan yang aman bagi kesehatan diproses dengan bantuan bakteri baik maka manfaat yakult untuk ibu hamil tergolong cukup banyak. Namun demikian, ibu hamil tidak boleh minum yakult dalam jumlah terlalu banyak. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yakult yang bisa didapat ibu hamil apabila diminum dalam jumlah wajar :

1. Mengatasi sembelit ibu hamil

Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa keluhan susah buang air besar (sembelit) yang dialami oleh ibu hamil bisa diatasi dengan minum yakult. Yakult dapat membantu mengurai sumbatan pada usus serta merang$angf feses menuju kebagian usus besar. Sebelum mengkonsumsi yakult sebaiknya periksa dulu tanggal kadaluarsanya, jangan sampai mengkonsumsi yakult yang sudah kadaluarsa karena malah dapat menyebabkan sakit perut.

Silakan baca : cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil.

2. Membantu meningkatkan imunitas tubuh

Pada usia kehamilan muda trimester pertama, ibu hamil biasanya mengalami beberapa gejala kehamilan yang cukup menyiksa seperti mual, muntah dan kelelahan. Kondisi awal kehamilan ini sungguh melelahkan dan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sebab asupan nutrisi tidak dapat terpenuhi dengan baik. Dengan yakult, sistem kekebalan tubuh ibu hamil bisa meningkat dan stamina selalu terjaga.

3. Menekan pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus

Usus adalah 0rgan penting yang dimiliki oleh manusia, bahkan menurut beberapa penelitian, penuaan yang terjadi pada manusia itu di awali dari usus. Bakteri baik yang terkandung di dalam yakult sangat baik bagi usus manusia tak terkecuali usus ibu hamil.

4. Mengurangi kadar racun dalam tubuh

Racun yang menumpuk di dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa. Ketika kadar racun dalam tubuh terus menumpuk dan tidak bisa dikeluarkan maka kehamilan pun dapat terganggu, bahkan bisa menyebabkan masalah kehamilan serius. Di sinilah manfaat yakult untuk ibu hamil, yaitu membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui feses.

5. Meningkatkan jumlah bakteri baik

Ini sangat erat kaitannya dengan poin no 3 yaitu menekan pertumbuhan bakteri jahat pada usus. Bakteri baik yang masuk ke dalam usus sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

Saran

Artikel ini telah menjelaskan tentang manfaat yakult untuk ibu hamil. Mulai awal masa kehamilan, keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit (susah bang air besar). Selain sembelit, ibu hamil muda juga mengalami mual muntah (morning sickness) yang bisa menyebabkan ibu hamil kekurangan stamina. Untuk mengatasi keluhan itu, ibu hamil bisa mengkonsumsi yakult dalam jumlah wajar.

Yakult adalah minuman prebiotik berbahan susu yang telah dipasteurisasi sehingga aman bagi ibu hamil. Untuk mendapatkan manfaat yakult untuk ibu hamil, silakan konsumsi dalam jumlah wajar. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top