Minggu Pertama Kehamilan, Apa Saja yang Dirasakan ?

Pada minggu pertama kehamilan, beberapa wanita merasakan hal aneh yang tak biasa dijumpai sebelum hamil. Perubahan fisik maupun psikis yang terjadi di awal kehamilan adalah tanda hamil muda yang sering membuat hati khawatir, apalagi bagi wanita yang baru pertama kali hamil. Tanda hamil 1 minggu yang dirasakan oleh ibu hamil karena perubahan hormonal.

Ketika tanda kehamilan mulai muncul, silakan pastikan kehamilan Anda dengan melakukan tes kehamilan pakai test pack. Silakan baca dulu penjelasan mengenai tes kehamilan pakai test pack pada artikel berjudul kapan test pack bisa mendeteksi kehamilan dengan akurat ?

Apabila test pack menunjukkan hasil positif, tiba saatnya Anda rawat kehamilan bersama sang suami dengan baik. Hindari segala hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

minggu-pertama-kehamilan
(foto : pixabay.com)

Minggu Pertama Kehamilan


Usia kehamilan seminggu sebenarnya sudah bisa terdeteksi dengan adanya perubahan tubuh tak seperti biasanya. Tanda kehamilan 1 minggu memang belum banyak disadari, mereka mengira tanda hamil tersebut bukan tanda kehamilan.

Pada minggu pertama kehamilan, ibu hamil akan menjumpai beberapa tanda kehamilan seperti pusing, suhu basal tubuh meningkat, keluar bercak darah, kram perut ringan, payud*ra berubah, kelelahan dan lain sebagainya. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Ibu hamil mengalami mual disertai muntah


Mual dan muntah adalah gejala kehamilan yang sangat umum terjadi pada minggu pertama kehamilan. Pada umumnya, gejala ini sering muncul di waktu pagi karena di pagi hari terjadi lonjakan hormon progesteron. Gejala kehamilan yang satu ini akan semakin parah jika Anda punya riwayat sakit magg atau asam lambung. Pada sebagian orang, mual muntah tidak hanya terjadi di pagi hari saja.

2. Perubahan payud*ra


Biasanya pada minggu pertama kehamilan muncul tanda hamil muda dimana payud*ra ibu hamil menjadi lebih sensitif, membengkak dan lembut ketika disentuh. Tak hanya itu, area sekitar put!ng juga mengalami perubahan menjadi lebih terlihat gelap dan terkadang disertai dengan gatal-gatal. Gejala ini terjadi karena terjadinya peningkatan hormon esterogen dan progesteron.

3. Bercak darah dibarengi nyeri perut ringan


Di minggu pertama kehamilan, beberapa ibu hamil menjumpai mengalami kram perut ringan yang disertai dengan keluarnya bercak darah melalui jalan lahir. Sebagian orang mengira kalau darah tersebut adalah darah permulaan haid padahal sebenarnya adalah tanda hamil muda minggu pertama.

Warna bercak darah tanda kehamilan sebenarnya tidak sama dengan darah menstruasi. Darah kehamilan cenderung terlihat bersih dan segar tidak seperti darah haid. Pendarahan dan kram perut ringan di minggu pertama kehamilan ini disebabkan karena menempelnya calon janin ke dinding rahim.

Apabila pendarahan yang Anda alami terlalu banyak sebaiknya segera periksakan ke puskesmas atau rumah sakit untuk menghindari hal buruk yang mungkin bakal terjadi.

4. Sering buang air kecil


Sering buang air kecil adalah keluhan pada minggu pertama kehamilan yang banyak dialami oleh ibu hamil. Kerja 0rgan ginjal akibat peningkatan hormon membuat kandung kemih lebih cepat penuh hingga akhirnya ibu hamil sering buang air kecil. Semakin membesarnya rahim membuat kandung kemih tertekan dan ibu hamil semakin sering terasa ingin kencing.

5. Tubuh mudah lelah


Salah satu gejala kehamilan normal yang terjadi di minggu pertama kehamilan adalah tubuh mudah lelah. Sebelum hamil mungkin Anda merasa ringan dalam melakukan aktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan. Keadaan itu berubah total ketika sedang hamil muda, yaitu badan menjadi mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas berat.

Kelelahan yang terjadi pada awal masa kehamilan disebabkan karena tubuh ibu hamil bekerja dua kali lipat daripada sebelum hamil untuk memberikan asupan nutrisi kepada si jabang bayi. Penting kiranya bagi ibu hamil untuk mengetahui sekaligus menghindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil.

6. Sensitif terhadap bau


Selain tubuh menjadi mudah lelah, pada minggu pertama kehamilan indra penciuman ibu hamil jadi lebih sensitif terhadap bau. Peningkatan sensitifitas indra penciuman ibu hamil muda mengakibatkan dirinya merasa mual dan ingin muntah ketika mencium aroma menyengat seperti aroma makanan berbau menyengat, bau minyak wangi, bau asap rokok dan lain-lain.

7. Mudah lapar


Jangan kaget jika Anda merasa mudah lapar di minggu pertama kehamilan. Memang ibu hamil muda itu sering mual dan muntah, namun perut sering lapar yang disebabkan karena perubahan hormonal. Untuk mensiasati keadaan ini, silakan rubah pola makan Anda yaitu dengan menerapkan pola makan sedikit tapi sering.

8. Perubahan mood


Mungkin sebelumnya Anda bukan tipe orang yang mudah marah dalam menghadapi segala hal, namun di awal masa kehamilan tiba-tiba Anda menjadi emosional. Hal ini memang kerap terjadi di minggu pertama kehamilan karena perubahan hormon di dalam tubuh sangat berpengaruh pada perubahan moody (suasana hati).

9. Sakit kepala


Sakit kepala termasuk tanda kehamilan yang jarang diketahui karena sakit kepala tidak hanya disebabkan oleh kehamilan saja. Ada banyak hal yang bisa membuat ibu hamil sakit kepala, salah satunya adalah karena perubahan hormon di awal kehamilan. Untuk mengetahui informasi lebih detil tentang pusing tanda hamil, silakan baca pusing tanda hamil seperti apa ?

10. Keputihan


Keptihan tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja, semua wanita juga mengalami keputihan. Di saat sedang hamil, seorang wanita akan mengalami keputihan yang tidak seperti biasa, yaitu menjadi lebih sering keputihan. Jangan takut dengan kondisi ini karena bukan termasuk tanda bahaya kehamilan.

Itulah 10 hal yang banyak dialami di minggu pertama kehamilan. Saran : apabila Anda menjumpai gejala yang tak wajar silakan segera datang ke dokter guna mendapatkan perawatan yang tepat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top