Pantangan Buah Ibu Hamil, Nomor 4 Banyak yang Suka

Pantangan buah ibu hamil - Setiap ibu hamil perlu mendapatkan asupan nutrisi yang berasal dari buah-buahan dan sayuran. Buah adalah jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan dapat menunjang perkembangan janin. Namun demikian, ibu hamil harus selektif dalam memilih buah yang akan dikonsumsi karena ada beberapa yang termasuk pantangan buah ibu hamil.

Secara umum buah memang sangat bagus bagi ibu hamil karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Info terkait buah yang baik untuk ibu hamil bisa Anda baca pada post berjudul buah yang baik untuk ibu hamil.

Pada kesempatan ini www.tandalagihamil.com akan menyajikan informasi tentang buah yang perlu dihindari dan atau dibatasi oleh ibu hamil. Jangan sampai hanya gara-gara menuruti kesenangan, kehamilan kita mengalami masalah serius.

Pantangan-buah-ibu-hamil
(foto : pixabay.com)

Pantangan Buah Ibu Hamil 


Buah yang tidak baik untuk ibu hamil adalah segala macam buah bisa menyebabkan masalah kandungan, membuat panas di perut dan buah yang banyak mengandung alkohol. Buah pantangan ibu hamil antara lain adalah buah pepaya muda, buah nanas muda, buah durian, nangka / cempedak dan petai / jengkol.

Sebenanrhya ibu hamil tidak dilarang mutlak untuk mengkonsumsi buah tersut karena sebenarnya nutrisi yang terkandung di dalamnya cukup banyak. Namun jika buah tersebut dikonsumsi dalam jumlah banyak maka bisa menyebabkan masalah kehamilan serius.

Sebagaimana dilansir ibu-hamil.web.id (30/12/2014) di bawah ini adalah beberapa buah pantangan ibu hamil yang pelru Anda hindari selama menjalani kehamilan :

1. Buah nanas muda 


Nanas muda sebaiknya dihindari oleh ibu hamil muda trimester pertama karena dapat memicu terjadinya keguguran. Kandungan enzim bromelain pada nanas muda tergolong cukup tinggi sehingga buah ini patut dikategorikan sebagai pantangan buah ibu hamil. Bromelain yang terdapat di dalam buah nanas bisa menyebabkan leher rahim lunak hingga memicu terjadinya keguguran. Informasi lebih detil silakan baca apakah nanas muda dapat menggugurkan kandungan ?

2. Buah anggur


Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi bah anggur dalam jumlah terlalu banyak karena kandungan gula yang terdapat di dalamnya bisa terfermentasi hingga berubah menjadi alkohol. Sedangkan alkohol itu sendiri dapat memberikan dampak buruk pada kehamilan, yaitu dapat menghambat tumbuh kembang janin. Konsumsi anggur dalam jumlah wajar masih tergolong aman bahkan dapat menyumbangkan aneka raga manfaat. Silakan baca manfaat buah anggur bagi ibu hamil.

3. Buah pepaya mentah


Sebenarya pepaya itu termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil karena kandungan serat di dalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan ibu hamil. Namun demikian, jika buah pepaya dikonsumsi dalam keadaan mentah misalnya dibuat sebagai rujak atau lotis maka  dapat membahayakan kehamilan.

Pepaya mentah terutama yang masih muda banyak mengandung lateks, sedangkan lateks itu sendiri bisa menyebabkan kontraksi rahim hingga berujung pada kelahiran bayi prematur. Untuk itu, jika Anda hendak mengkonsumsi buah pepaya sebaiknya pipih pepaya yang sudah matang.

4. Buah durian 


Jangan kaget kalau ternyata buah durian termasuk pantang buah ibu hamil. Ada beberapa kabar yang menyebutkan bahwa buah durian bisa menyebabkan perut begah dan kembung.

Tak hanya itu, buah durian juga mengandung alkohol dan asam arachidonat yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Informasi selengkapnya bisa Anda baca bolehkah ibu hamil makan durian ?

5. Jengkol dan petai


Sebagaimana kita ketahui jengkol dan petai adalah jenis makanan berbau menyengat yang sering dijadikan sebagai lalapan. Bagi orang yang suka, jengkol dan petai memang dapat meningkatkan naf$u makan namun sebaiknya ibu hamil tetap membatasi dalam konsumsi makanan ini. Info selengkapnya silakan baca bolehkah ibu hamil makan jengkol mentah ?

7. Buah Nangka


Manfaat buah nangka bagi ibu hamil memang cuku banyak karena buah ini banyak mengandung nutrisi bermanfaat. Namun demikian, ibu hamil tidak oleh mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan karena bisa menimbulkan efek perut kembung dan dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur.

Itulah daftar pantangan buah ibu hamil yang dapat kami tulis. Demi menjaga kehamilan agar tetap sehat sebaiknya batasi konsumsi makanan tersebut di atas. Sekian semoga bermanfaat, SALAM

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top