Perut Perih Saat Hamil Muda, Penyebab dan Tips Mengatasinya

Perut perih saat hamil muda adalah hal yang sangat sering terjadi. Nyeri perut saat hamil muda adalah hal wajar terjadi, namun Anda harus tetap waspada karena bisa saja itu merupakan tanda bahaya kehamilan. Untuk itu, perlu kiranya Anda ketahui penyebab perut perih saat hamil dan bagaimana cara tepat untuk mengatasinya.

Sebelum lanjut membaca, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu informasi tentang cara mengatasi perut begah (kembung) saat hamil karena hal ini berkaitan erat dengan perut perih saat hamil muda.

Pada pembahasan kali ini, www.tandaibuhamil.com akan menyampaikan ulasan terkait penyebab sakit perut di awal kehamilan dan tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah ini.

perut-perih-saat-hamil-muda
(foto : pixabay.com)

Penyebab Perut Perih Saat Hamil Muda


Sebagaimana telah kita ketahui bahwa nyeri perut di awal kehamilan adalah hal yang umum terjadi dan tergolong keluhan kehamilan normal. Namun demikian, ibu hamil harus tetap waspada karena perut perih bisa saja menjadi pertanda masalah kesehatan serius. Sebenarnya apa saja faktor yang menyebabkan perut perih saat hamil itu ? antara lain adalah sebagai berikut :

1. Konstipasi dan perut kembung


Di saat hamil muda, hormon progesteron ibu hamil akan meningkat hingga mengakibatkan perut kembung dan sembelit (susah BAB). Perut begah dan kembung adalah salah satu faktor yang dapat mengakibatkan perut ibu hamil muda terasa perih.

Peningkatan hormon HCG juga dapat memicu terjadinya perut kembung, mual dan muntah terutama ketika mencium aroma menyengat seperti aroma parfum, aroma makanan menyengat, asap rokok dan lain-lain.

2. Peregangan jaringan ikat yang menggantung rahim


Nyeri tajam yang dirasakan di bagian perut bawah bisa juga terjadi karena Peregangan jaringan ikat yang menggantung rahim. Rasa nyeri ini biasanya hanya terjadi beberapa menit saja dan akan segera hilang. Pada umumnya, keluhan ini sering terjadi pada usia kehamilan trimester kedua namun ada juga yang mulai merasakan di usia kehamilan trimester pertama. Silakan baca keluhan ibu hamil 4 bulan dan solusinya.

3. Kontraksi palsu


Kontraksi palsu atau Braxton Hicks adalah suatu kondisi dimana perut terasa nyeri seperti tegang di otot rahim. Tak hanya perih, kontraksi palsu ini cenderung lebih sakit seperti orang yang mau melahirkan. Kontraksi palsu ini kadang muncul di usia kehamilan trimester pertama dan akan semakin sering di usia kehamilan trimester ketiga.

Penyebab Nyeri Perut Berbahaya


Beberapa penyebab perut perih di atas tergolong normal dan wajar, Anda tak perlu takut. Adapun penyebab nyeri perut berbahaya antara lain adalah sebagai berikut :

1. Plasenta lepas dari rahim (Abrubsi Plasenta)


Plasenta lepas dari rahim adalah bahaya kehamilan yang perlu diwaspadai karena dapat mengancam nyawa ibu hamil dan janin. Gejala yang muncul biasanya adalah nyeri yang sangat menyakitkan dan terus menerus. Pada beberapa kasus, Abrubsi Plasenta ini dibarengi dengan pecahnya kantung ketuban.

2. Infeksi saluran kencing


Infeksi saluran kencing juga dapat menyebabkan perut perih dan nyeri. Gejala infeksi saluran kencing adalah nyeri perut yang dibarengi dengan rasa seperti terbakar ketika kencing, tak bisa menahan kencing, sering kencing dan terkadang ada darah yang keluar bersama air seni. Segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Preeklamsia


Masalah kehamilan yang satu ini biasanya dibarengi dengan hipertensi dan adanya protein dalam kencing ketika usia kehamilan telah lebih dari 20 minggu. Nyeri perut yang disebabkan karena Preeklamsia biasanya terasa di bawah iga kanan dan disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, pandangan kabur, muntah, kaki bengkak dan lain-lain.

Tips Mengatasi Perut Perih saat Hamil Muda


Hati terkadang jadi tidak tenang ketika menjumpai keluhan kehamilan yang tak biasa. Agar tidak terlalu banyak terbebani pikiran terhadap masalah ini,  silakan lakukan beberapa tips untuk mengatasi perut perih saat hamil berikut ini :

  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat [silakan baca buah berserat tinggi untuk ibu hamil]
  • Makan dengan porsi kecil tapi sering
  • Hindari makanan yang terlalu asam, berminyak dan pedas
  • Makanan berbau menyengat sebaiknya dihindari
  • Untuk mengurangi mual, Anda bisa minum minuman jahe hangat
  • Lakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil secara rutin dan teratur
  • Kompres perut dengan air hangat
  • Jangan melakukan gerakan yang tiba-tiba

Apabila Anda menjumpai beberapa keluhan di bawah ini, sebaiknya segera periksakan kehamilan Anda ke dokter terdekat :

  • Nyeri perut yang terjadi terus-menerus dan tak kunjung sembuh
  • Pendarahan hebat yang keluar melalui jalan lahir
  • Demam
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Mual dan muntah yang terus terjadi meski usia kehamilan telah masuk trimester kedua
  • Sakit kepala hebat

Demikian ulasan terkait perut perih saat hamil muda yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top