Referensi Makanan Ibu Hamil Agar Janin Sehat dan Cerdas

Referensi makanan ibu hamil - Kehamilan yang telah lama dinanti akhirnya datang juga. Kami ucapkan selamat bagi Anda yang saat ini sudah hamil. Ketika Anda telah hamil, mungkin ada banyak hal yang perlu diketahui seputar kehamilan, salah satunya adalah tentang makanan ibu hamil agar janin sehat dan cerdas. Terlebih lagi jika Anda baru pertama kali hamil, informasi tentang perawatan kehamilan tentu sangat dibutuhkan.

Untuk mendapatkan informasi tentang perawatan kehamilan, Anda bisa mengikuti forum-forum ibu hamil, bertanya kepada ibu-ibu yang sudah berpengalaman dan bisa juga dengan mencari informasi di situs kehamilan seperti www.tandalagihamil.com ini.

Menggali informasi dari segala sisi tentu sangat menguntungkan. Selain menambah pengetahuan, janin dalam kandungan pun bisa dijaga dengan baik hingga akhirnya bisa terlahir dengan aman dan lancar.

referensi-makanan-ibu-hamil
(foto : pixabay.com)

Untuk menjaga kehamilan agar selalu sehat, ibu hamil perlu mencari referensi makanan ibu hamil karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan janin.

Selain makanan , ibu hamil juga perlu menjaga aktivitas sehari-hari. Hendaknya ibu hamil tidak melakukan aktivitas yang berat karena dapat membuat badan terasa lelah dan bahkan bisa pingsan. Tak hanya itu, ibu hamil juga direkomendasikan untuk selalu mengkonsultasikan kehamilannya ke dokter kandungan atau bidan sejak awal kehamilan berlangsung.

Mengkonsumsi makanan yang tepat tidak hanya bermanfaat bagi sang ibu tapi janin pun ikut mendapatkan dampak baiknya. Dengan mendapatkan asupan nutrisi yang baik, tumbuh kembang janin bisa berjalan dengan normal hingga akhirnya bayi terlahir dengan selamat, sehat dan normal.

Referensi Makanan Ibu Hamil


Nah, jika saat ini Anda lagi mencari-cari referensi makanan ibu hamil, silakan lanjut membaca karena di sini akan dijelaskan beberapa makanan yang diperlukan oleh ibu hamil selama menjalani kehamilan.

Sebagaimana dilansir ibudanbalita.com (03/03/2016) di bawah ini adalah makanan sehat ibu hamil yang perlu dikonsumsi :

1. Daging rendah lemak

Makanan yang banyak mengandung protein tapi rendah lemak adalah pilihan yang tepat bagi wanita hamil. Protein sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu perkembangan sel tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Dengan demikian, janin akan lebih kebal da tidak mudah sakit.

Selain itu, daging rendah lemak juga mengandung banyak zat besi yang bermanfaat bagi ibu hamil untuk membentuk sel darah merah sehingga ibu hamil dapat terhindar dari anemia (kurang darah). Ibu hamil yang mengalami anemia biasanya sering merasa kelelahan dan mudah pingsan.

Silakan baca : Makanan penambah darah ibu hamil

2.Kacang-kacangan

Referensi makanan ibu hamil yang selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kandungan asam folat pada aneka macam kacang sangat baik bagi perkembangan otak janin. Konsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat bisa mencegah janin dari cacat lahir. Selengkapnya silakan baca : makanan yang mengandung asam folat tinggi.

Selain mengandung mengandung asam folat, kacang juga mengandung serat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu melancarkan proses pencernaan dan membantu mengatasi sembelit (susah BAB).

3. Ikan salmon

Sebagaimana daging rendah lemak, ikan salmon juga bisa dijadikan sebagai referensi makanan ibu hamil karena mengandung asam lemak jenuh yang bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak janin.

Tak hanya bermanfaat bagi janin, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ikan salmon juga bermanfaat untuk ibu hamil. Namun demikian,ibu hamil harus benar-benar memperhatikan ikan salmon yang akan ia konsumsi. Pastikan ikan salmon benar-banar dimasak sampai matang untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

4. Alpukat

Buah dengan bentuk yang tidak menarik ini ternyata banyak mengandung nutrisi bermanfaat seperti asam folat, vitamin C, potasium dan vitamin B6. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi alpukat guna mencukupi kebutuhan nutrisi. Informasi lebh lengkap terkait manfaat buah alpukat, silakan baca manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Demikian informasi terkait referensi makanan ibu hamil agar janin cerdas dan sehat yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa menambah wawasan dalam menjaga kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top