Tanda Tanda Kehamilan Pertama Kali dengan Siklus Haid Teratur dan Tidak Teratur

Pada umumnya, tanda-tanda kehamilan pertama kali dengan siklus haid teratur baru disadari ketika telat datang bulan. Berbeda dengan wanita yang punya siklus haid tidak teratur, kehamilan sering tidak disadari hingga waktu yang lama. Sebenarnya, ada beberapa tanda hamil muda yang sudah mulai muncul di bulan awal kehamilan, tidak perlu menunggu telat datang bulan.

Entah punya siklus haid teratur atau tidak teratur, gejala dan tanda kehamilan yang dialami oleh ibu hamil hampir sama seperti mual muntah, perubahan bentuk payud*ra, badan terasa lelah, dan lain-lain.

Sebagai tambahan informasi terkait dengan tanda tanda kehamilan, www.tandalagihamil.com akan menyampaikan beberapa hal yang berhubungan dengan tanda hamil seorang wanita dengan siklus haid teratur dan tidak teratur.

tanda-kehamilan-pertama-kali
(foto : pixabay.com)

Tanda-Tanda Kehamilan Pertama Kali


Wanita yang baru pertama kali hamil atau pun sudah berkali-kali hamil akan menjumpai beberapa tanda kehamilan yang tidak jauh berbeda. Setiap wanita hamil pasti mengalami perubahan hormonal yang berpengaruh pada kondisi fisik dan psikisnya.

Terkait dengan wanita yang punya siklus haid teratur dan tidak teratur, sebenarnya tanda kehamilan yang mereka alami tidak jauh beda. Hanya saja, wanita yang punya siklus haid teratur lebih mudah mengenali kehamilan setelah dirinya telat datang bulan.

Sedangkan wanita yang punya siklus haid tidak teratur sulit untuk mengetahui apakah dirinya telah haid atau tidak. Adapun tanda tanda kehamilan pertama kali yang sering dialami oleh kaum wanita antara lain adalah sebagai berikut :

1.  Ibu hamil mengalami morning sickness


Morning sicknss adalah salah satu tanda kehamilan yang biasa terjadi pada trimester pertama kehamilan. Perubahan hormonal lah yang dianggap sebagai penyebab morning sickness di awal kehamilan.

Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan ini karena termasuk tanda kehamilan normal yang akan sembuh dengan sendirinya. Jika mual muntah yang Anda alami terasa sangat mengganggu, silakan konsultasikan ke dokter atau bidan yang menangani kehamilan Anda.

2. Payud*ra sensitif


Termasuk tanda tanda kehamilan pertama kali adalah perubahan payud*ra menajdi lebih sensitif terhadap sentuhan. Tak hanya menjadi lebih sensitif, payud*ra ibu hamil juga membengkak dengan disertai areola (area sekitar puting) berubah menjadi lebih gelap. Keadaaa ini sangat mirip dengan kondisi saat Anda lagi PMS.

3. Keluar bercak darah


Di awal masa kehamilan biasanya muncul bercak darah ringan yang dibarengi dengan kram perut ringan. Bercak darah ini bukan termasuk tanda bahaya kehamilan, justru termasuk tanda hamil normal. Bercak darah dalam jumlah tak banyak memang tergolong tanda hamil normal, namun jika bercak darah yang keluar sangat banyak maka perlu segera Anda konsultasikan ke dokter. Silakan baca : bercak darah tanda kehamilan berapa banyak dan berapa lama ?

4. Peningkatan suhu basal tubuh


Beberapa orang mengira kalau dirinya sedang masuk angin karena suhu tubuhnya mengalami peningkatan. peningkatan suhu tubuh tidak selamanya disebabkan karena masuk angin atau penyakit lain namun kadang kala disebabkan karena kehamilan. Untuk itu, jika tubuh Anda menunjukkan tanda-tanda kehamilan dengan dibarengi kenaikan suhu tubuh, cobalah untuk menguji kehamilan pakai test pack.

5. Terlambat datang bulan


Terlambat menstruasi adalah salah satu tanda tanda kehamilan pertama kali yang banyak dikenali oleh masyarakat. Sebagaimana kita ketahui bahwa masyarakat secara umum menganggap telat datang bulan adalah pertanda kehamilan pasti, padahal sebenarnya telat haid bisa saja disebabkan karena selain kehamilan. Apabila Anda telat haid, jangan langsung menyimpulkan kalau diri Anda hamil, silakan lihat tanda kehamilan yang lain.

6. Kelelahan


Lelah bisa terjadi pada siapa saja, terutama orang yang habis melakukan banyak aktivitas berat. Faktanya memang seperti itu, tapi berbeda dengan orang yang lagi hamil. Meskipun tidak melakukan banyak aktivitas, ibu hamil akan merasa lelah dan rasanya ingin tiduran saja. Kenapa hal ini bisa terjadi ? karena beberapa 0rgan tubuh ibu hamil bekerja lebih keras seiring dengan peningkatan hormon dalam tubuhnya.

Apabila tanda tanda kehamilan pertama kali tersebut sudah mulai muncul, silakan tes kehamilan Anda dengan menggunakan test pack atau langsung tes kehamilan ke dokter atau bidan.

Hasil Tes Kehamilan


Alat tes kehamilan yang paling banyak digunakan oleh wanita hamil adalah test pack. Alat ini sangat praktis, murah, mudah didapat dan cara penggunaannya sangat simple.

Cukup mencelupkan alat ini pada air seni maka kehamilan Anda sudah bisa terdeteksi. Untuk mendapatkan hasil yang akut, lakukan tes kehamilan pada waktu yang tepat. Silakan baca kapan cek kehamilan bisa dilakukan ?

Demikian pembahasan tentang tanda tanda kehamilan pertama kali yang dapat kami sampaikan. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi pembaca. Jangan lupa bagikan artikel ini kalau menurut Anda bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top