Tanda2 Perempuan Hamil 1 Minggu yang Harus Anda Ketahui

Tanda2 Perempuan Hamil 1 Minggu secara umum sudah banyak yang tahu karena sebelum merencanakan kehamilan biasanya sudah mulai mencari tahu seperti apa tanda kehamilan itu. Contoh gejala kehamilan 1 minggu yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat adalah terlambat datang bulan dan mual muntah. Namun demikian, fakta menunjukkan bahwa kedua gejala tersebut bukan sebuah kepastian perempuan hamil. Perempuan yang lagi hamil pasti mengalami telat haid, namun telat haid tidak selalu disebabkan karena kehamilan. (baca : tanda haid dan hamil apa sama ? Ini penjelasannya)

Untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan, seyogyanya dilakukan dengan mengamati beberapa hal. Apabila Anda melihat banyak tanda-tanda kehamilan maka kemungkinan hamil semakin besar walaupun sebenarnya satu tanda kehamilan saja sudah cukup menunjukkan bahwa Anda hamil.

Pertanda kehamilan secara medis dihitung dari hari pertama haid terakhir, bukan 1 minggu setelah pembuahan. Untuk mengetahui tanda2 perempuan hamil 1 minggu yang lebih jelas, silakan simak penjelasan berikut ini.

tanda2-perempuan-hamil-1-minggu
(foto : pixabay.com)

Tanda Kehamilan 1 Minggu setelah Bercinta


Memiliki momongan adalah harapan dari semua orang yang telah menikah. Ketika sang istri positif hamil, biasanya pasangan suami istri tersebut sangat bahagia. Namun demikian, Anda perlu memastikan apakah tanda-tanda yang sedang alami betul-betul pertanda hamil. Tanda-tanda hamil 1 minggu secara fisik atau non medis lebih banyak dikenali oleh masyarakat karena jelas kelihatan. Walaupun tidak seakurat tanda-tanda kehamilan secara medis, setidaknya pertanda hamil tersebut bisa untuk mengenali kehamilan sejak dini. Adapun tanda2 perempuan hamil 1 minggu secara fisik antara lain adalah sebagai berikut :

1. Perdarahan ringan


Tanda kehamilan yang pertama adalah terjadinya pendarahan ringan atau bercak darah yang disebabkan karena implantasi, yaitu pendarahan yang terjadi karena bakal janin menempel di dinding rahim. Bercak darah tanda kehamilan hanya sedikit, tidak seperti darah haid yang cenderung lebih banyak. keluarnya bercak darah dari jalan lahir bisa jadi sebagai gejala kehamilan 1 minggu. Namun demikian, jika pendarahan terus terjadi dan tak kunjung henti, sebaiknya Anda perlu waspada.

2. Kram perut ringan


Pada umumnya, wanita yang sedang hamil muda minggu pertama mengalami gejala ini. Apabila Anda merasakan kram perut yang dibarengi dengan gejala tak seperti biasa Anda patut curiga, jangan-jangan lagi hamil. Kram perut yang dirasakan oleh perempuan hamil di usia kehamilan muda juga disebabkan karena proses implantasi yang biasanya hanya terjadi dalam waktu singkat. Apabila kram perut yang Anda alami terjadi cukup lama dan tak segera sembuh, sebaiknya periksakan keadaan Anda ke dokter, bisa jadi itu sebagai tanda janin tidak berkembang usia 3 bulan.

3. Perubahan Payud*ra

Perubahan paling mudah dikenali sebagai tanda2 perempuan hamil adalah perubahan payud*ra. Perempuan hamil akan merasakan payudr*nya lebih sensitif terhadap sentuhan, sangat jauh berbeda dengan keadaan sebelum hamil. Selain menjadi sensitif, payud*ra ibu hamil juga sering terasa nyeri dan tak nyaman bersamaan dengan perubahan bentuk payud*ra yang terlihat menjadi lebih besar. Tak hanya itu, Anda juga merasakan payud*ra jadi lebih lembut dan kadang terasa gatal sebagai tanda-tanda kehamilan 1 minggu.

4. Mual dan Muntah

Tanda-tanda kehamilan 1 minggu yng banyak dikeluhkan oleh kaum wanita adalah mual disertai muntah yang sering muncul di pagi hari. Oleh karena sering terjadi di waktu pagi maka gejala kehamilan yang satu ini disebut dengan istilah morning sickness. Meskipun dinamakan morning sickness namun tak jarang ibu hamil yang mengalami mual muntah tidak hanya di pagi hari saja. Apabila Anda sering merasakan mual muntah di pagi hari, mungkin saja itu adalah tanda kehamilan minggu pertama setelah berhubung*an.

5. Sering BAK


Ketika kehamilan telah Anda dapatkan, mungkin Anda merasa aneh dengan frekuensi buang air kecil yang meningkat secara drastis. Peningkatan hormon progesteron adalah salah satu penyebab terjadinya keadaan ini. Memang, sering buang air kecil bukan satu-satu tanda kehamilan namun jika Anda menjadi sering buang air kecil maka bisa jadi itu sebagai tanda2 perempuan hamil 1 minggu.

6. Mudah lelah

Tanda-tanda kehamilan yang berikutnya adalah badan terasa sangat lelah meski tidak melakukan banyak aktivitas. Bahkan, sehabis melakukan aktivitas ringan pun badan terasa sangat lelah dan rasanya ingin tidur saja. Beberapa ibu hamil yang punya keluhan tekanan darah rendah kadang bisa sampai pingsan di awal masa kehamilannya.

Selain tanda hamil muda 1 minggu setelah bercinta yang telah kami sampaikan di atas, masih ada tanda hamil yang lain seperti kepala pusing, muda mengantuk, keputihan, ngidam makanan tertentu, susah BAB dan lain-lain.

Demikian penjelasan singkat terkait tanda2 perempuan hamil 1 minggu yang harus anda ketahui. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top