Wanita Hamil 6 Bulan Ciri-Ciri Janin Sehat dan Normal

Wanita hamil 6 bulan - Ketika telah memasuki usia kehamilan 6 bulan, janin telah tumbuh berkembang dengan cepat. Demikian sang ibu, juga mengalami perubahan fisik (bentuk tubuh) dan suasana hati. Wanita hamil 6 bulan hendaknya memperhatikan segala aktivitas yang akan dilakukan. Aktivitas yang membahayakan kehamilan sebaiknya dihindari sejauh-jauhnya.

Pada kesempatan kali ini, www.tandalagihamil.com akan membahas tentang perkembangan janin sehat pada usia kehamilan 6 bulan. Sebelum lanjut membaca silakan baca dulu informasi tentang kehamilan 5 bulan pada post berjudul usia kandungan 5 bulan, perkembangan janin dan keluhan ibu.

Penjelasan Lengkap Wanita Hamil 6 Bulan


wanita-hamil-6-bulan
(foto : pixabay.com)

Penting kiranya bagi ibu hamil untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungannya. Bertambahnya usia kehamilan membuat hati ibu hamil semakin bahagia, apalagi kala melihat janin sudah mulai bergerak dan bisa diajak komunikasi.

Nah, jika Anda ingin mengetahui seperti apa perkembangan janin di usia kehamilan 6 bulan, silakan simak penjelasan di bawah ini :

Wanita Hamil 6 Bulan Usia Janin 21 Minggu


pada usia ini, janin masih sangat membutuhkan lemak untuk memelihara suhu tubuh agar tetap hangat. Pertumbuhan janin di usia 6 bulan ini lebih lambat dari sebelumnya, namun 0rgan tubuh tetap berkembang. Kelenjar minyak janin membentuk caseosa vernix yang bertujuan membuat kulit jadi lentur di dalam cairan ketuban.

Adapun perubahan wanita hamil 6 bulan usia 2 minggu biasanya rahim sudah mulai melebar di bagian atas pusar. Jangan kaget jika Anda mendapati berat badan naik secara signifikan.

Wanita Hamil 6 Bulan Usia Janin 22 Minggu


Pada usia kehamilan 22 minggu janin menjadi semakin kuat, kelopak mata janin juga terus berkembang. Di usia ini, janin sudah bisa memberikan respon suara dan ritme. Ketika Anda mengajak komunikasi dengan si kecil, ia sudah bisa mendengarkan.

Di sisi lain, rahim wanita hamil 6 bulan minggu ke 22 masih terus mengalami perkembangan. Mungkin Anda akan menjumpai beberapa keluhan ringan seperti kram kaki dan pembengkakan di bagian kaki maupun tangan.

Sekedar tips untuk menjalani kehamilan bulan keenam agar tidak banyak keluhan serius :

  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan kalium guna meringankan kram
  • Rutin minum susu (silakan baca : kapan sebaiknya minum susu ibu hamil dilakukan ?)
  • Anda bisa mengkonsumsi makanan berkalium seperti pisang, jeruk, jeruk bali dan lainnya
  • Jika mengalami kram kaki, cobalah untuk meregangkan jari kaki

Wanita Hamil 6 Bulan Usia 23 Minggu


Pada usia ini, perkembangan janin semakin sempurna namun kulit masih berkerut. Lanugo (rambut yang tumbuh di badan) terkadang berubah jadi gelap. Jangan kaget jika Anda menjumpai cairan yang keluar dari jalan lahir lebih banyak daripada sebelumnya.

Apabila cairan tersebut mengeluarkan bau menyengat, silakan konsultasi ke dokter untuk memastikan apakah bau tersebut disebabkan karena infeksi atau tidak.

Selain mengalami keputihan, ibu hamil 6 bulan mungkin juga mengalami sakit punggung. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk berbaring dan beri alas pemanas di bagian punggung.

Wanita Hamil 6 Bulan Usia 24 Minggu


Perkembangan janin 24 minggu sudah semakin sempurna. Janin sudah mulai memproduksi sel darah putih yang berkhasiat untuk melawan penyakit. Di usia ini gerakan janin sudah sangat terasa bahkan terkadang janin cegukan. Oleh karena janin terus berkembang, berat badan ibu pun juga naik terus.

Wanita Hamil 6 Bulan Usia 25 Minggu


Usia 25 minggu janin perkembangan janin semakin sempurna. Kulit janin sudah tidak transparan lagi. Jantung janin sudah berfungsi dengan baik. Di usia ini, perut ibu menjadi semakin buncit dengan disertai berat badan yang terus bertambah.

Perubahan Fisik Wanita Hamil 6 bulan


Perubahan fisik yang terjadi pada wanita hamil  6 bulan adalah bentuk perut yang menjadi semakin membuncit dengan dibarengi peningkatan berat badan cukup signifikan. Selain itu, kaki dan tangan juga terlihat mengalami pembengkakan.

Pembengkakan yang terjadi pada ibu hamil ini disebabkan karena peningkatan darah dan peningkatan jumlah cairan dalam tubuh hingga menimbulkan edema. Kaki bengkak ini kadang dibarengi dengan rasa nyeri.

Untuk meringankan rasa tak nyaman akibat pembengkakan, Anda bisa merendam kaki dengan air dingin. Pemakaian sendal atau sepatu hak tinggi sebaiknya tidak dilakukan agar keadaan tidak semakin parah.

Apabila pembengkakan tiba-tiba terjadi sangat parah dan bahkan hingga menjalar ke bagian wajah, sebaiknya segera hubungi dokter. Bisa jadi kondisi ini sebagai pertanda preeklampsia yang sangat membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin. Adapun tanda preeklampsia antara lain adalah sebagai berikut :

  • Ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi
  • Sakit kepala parah
  • Penglihatan terganggu
  • Berat badan mengalami peningkatan cukup drastis
  • Urine mengandung protein

Demikian ulasan terkait wanita hamil 6 bulan serta ciri janin sehat dan normal di usia tersebut. Semoga pembahasan singkat ini bermanfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top