10 Tanda Keguguran Hamil 1 Minggu Sangat Jelas

Tanda keguguran hamil 1 minggu - Kehamilan adalah momen bahagia yang sangat ditunggu kehadirannya oleh pasangan suami istri karena kehadiran sang buah hati dapat melengkapi kebahagiaan dalam menjalani bahtera rumah tangga. Keguguran adalah pukulan berat bagi seorang wanita terutama yang baru pertama kali hamil.

Jika keguguran terjadi di awal masa kehamilan maka bisa meninggalkan pengalaman pahit yang terus membekas hingga meninggalkan rasa trauma berkepanjangan.

Keguguran bisa terjadi kapan saja dengan ditengarahi beberapa tanda dan gejala. Namun, ada juga beberapa kasus keguguran yang datang tiba-tiba tanpa menunjukkan gejala sedikitpun. Lalu, apa saja sih tanda keguguran hamil 1 minggu itu ? Berikut ulasan selengkapnya.

(foto : pixabay.com)

Tanda Keguguran Hamil 1 Minggu


Beberapa tanda keguguran yang jelas terlihat diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pendarahan hebat

Pendarahan adalah salah satu gejala awal keguguran hamil 1 minggu. Volume darah keguguran cukup banyak, tidak seperti bercak darah tanda kehamilan. Apabila tidak segera mendapat penanganan yang tepat, keadaan ini bisa mengancam nyawa ibu.

Pendarahan yang terjadi pada usia kehamilan 1 minggu tidak selamanya disebabkan karena keguguran. Pendarahan di awal masa kehamilan bisa saja sebagai tanda hamil muda yang disebabkan karena proses implantasi calon janin. Untuk lebih jelasnya silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa banyak ?

Anda perlu segera menghubungi dokter jika pendarahan yang Anda alami memiliki ciri seperti tersebut di bawah ini :


  • Darah berwarna merah muda atau coklat dengan volume terlalu banyak
  • Terjadi pendarahan hebat selama 1 jam lebih
  • Pendarahan terjadi secara mendadak tanpa ada keluhan sebelumnya
  • Jumlah darah yang dikeluarkan terlalu banyak dan konstan


Adapun pendarahan yang terjadi dalam jumlah wajar biasanya disebabkan karena proses implantasi (menempelnya janin pada dinding rahim). Jika pendarahan yang terjadi cukup parah maka kemungkinan itu adalah tanda keguguran hamil 1 minggu.

2. Kram perut

Gejala awal kehamilan juga ditandai dengan kram perut di bagian bawah. Kondisi ini wajar terjadi pada ibu hamil sebagai adaptasi tubuh dengan adanya makhluk baru di dalam rahimnya. Namun demikian, jika kram terjadi secara terus menerus bisa jadi itu sebagai tanda keguguran awal kehamilan.

Kram perut ini mungkin akan disertai dengan pendarahan karena terjadinya kontraksi di bagian rahim. Kram yang terjadi secara terus menerus patut dicurigai sebagai tanda keguguran hamil 1 minggu. Adapun ciri kram perut karena keguguran antara lain adalah sebagai berikut :


  • Kram perut terjadi di bagian bawah
  • Nyeri perut terasa sangat menyiksa, bahkan lebih sakit daripada nyeri perut ketika sedang haid
  • Kadang dibarengi dengan rasa nyeri di bagian punggung
  • Kram perut terjadi terus-terusan dengan dibarengi pendarahan


Apabila Anda menjumpai kondisi seperti ini segera saja hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Masalah kehamilan yang segera mendapat penanganan dengan tepat dapat memperkecil resiko terjadinya masalah kesehatan serius.

3. Keluar lend!r lewat jalan lahir

Selain terjadi pendarahan, tanda keguguran kehamilan hamil  1 minggu juga ditengarahi dengan keluarnya lend!r melalui jalan lahir. Hal yang perlu diperhatikan ketika keluar lend!r melalui jalan lahir adalah sebagai berikut :


  • Lend!r berwarna gelap bercampur dengan gumpalan kecil seperti jaringan
  • Keluar cairan menyembur melalui jalan lahir entah sedikit atau banyak yang terjadi secara tiba-tiba


Apabila Anda mengalami gejala ini, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan  perawatan medis yang sesuai. Dokter akan segera memberikan perawatan tepat jika memang terjadi keguguran.

4. Tidak mual sama sekali

Kehamilan biasnaya dibarengi dengan beberapa gejala yang muncul seperti mual muntah, kelelahan, pendarahan ringan, kram perut, sering BAK dan lain-lain. Jika tanda hamil muda hilang secara tiba-tiba maka patut Anda waspadai.

Tanda awal kehamilan yang sering dirasakan oleh wanita hamil adalah mual disertai muntah yang disebabkan karena perubahan hormonal. Apabila mual tiba-tiba hilang padahal usia kehamilan masih periode trimester pertama maka Anda patut curiga. Namun jangan tergesa-gesa untuk mengambil kesimpulan sebelum membaca artikel berjudul hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?

5. Perubahan payud@ra

Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil muda mempengaruhi perubahan payud@ra sehingga salah satu gejala hamil muda adalah perubahan pada payud@ra. Jika perubahan payud@ra ini tidak dirasakan sama sekali, bisa jadi merupakan tanda keguguran hamil 1 minggu. Namun demikian, jangan tergesa-gesa menyimpulkan keguguran sebelum melihat tanda keguguran yang lain.

6. Hormon kehamilan semakin berkurang

Gejala kehamilan muda adalah adanya perubahan hormonal sang ibu. Hormon HCG ibu hamil bisa diketahui melalui tes urine pakai test pack. Jika tes urine menunjukkan hasil negatif bisa jadi keguguran telah dialami oleh ibu hamil tanpa disadari. Sebelum membuat kesimpulan, silakan baca dulu kapan test pack bisa mendeteksi kehamilan dengan akurat ?

7. Berat badan turun drastis

Naiknya berat badan saat hamil merupakan hal wajar yang hampir dialami oleh semua wanita hamil. Jika ternyata kondisi ibu hamil malah sebaliknya, yaitu menjadi semakin kurus maka patut dicurigai telah terjadi keguguran kandungan. Penurunan berat badan ibu hamil tidak selamanya disebabkan karena keguguran, coba konsultasikan keadaan Anda ke dokter atau bidan terdekat.

8. Sakit di bagian punggung dan pinggang

Sebagaimana saat sedang haid, punggung terasa sangat sakit. Begitu pula tanda keguguran hamil 1 minggu punggung dan pinggang terasa sangat nyeri. Rasa sakit ini sungguh dahsyat, bahkan bisa menyebabkan ibu hamil pingsan. Sakit punggung memang banyak dikeluhkan oleh ibu hamil dan tergolong keluhan normal, namun jika terjadi begitu menyiksa alangkah baiknya segera periksakan ke dokter.

9. Demam Tinggi

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa salah satu tanda awal kehamilan adalah terjadi peningkatan suhu basal tubuh. Namun demikian, jika kenaikan suhu tubuh sangat drastis bahkan dibarengi demam yang cukup mengganggu bisa jadi itu sebagai tanda keguguran hamil 1 minggu maka harus diwaspadai. Demam kadang terjadi karena infeksi virus dan bakteri berbahaya maka segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami demam tinggi.

10. Keluar cairan keputihan yang terlalu banyak

Keputihan adalah hal normal yang sering dialami oleh setiap wanita tak terkecuali ibu hamil. Bahkan keputihan bisa dijadikan sebagai pertanda kehamilan muda. Namun demikian, jika cairan keputihan terlalu banyak bisa jadi itu sebagai tanda keguguran di awal kehamilan. Keputihan tak normal biasanya berbau tak sedap, keluar terlalu banyak dan dibarengi dengan gejala lain.

Itulah 10 tanda keguguran hamil 1 minggu yang dapat kami tulis. Semoga bermanfaat, SALAM

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top