Aturan Aman Puasa Saat Hamil Muda Trimester Pertama

Puasa ramadan boleh saja dilakukan oleh ibu hamil, namun bagaimana jika usia kehamilan masih tergolong muda ? apakah puasa dapat mengganggu kesehatan janin dalam kandungan ? Menurut hasil penelitian Colombia University sesuai dengan sensus di Uganda, Irak dan Amerika Serikat, wanita hamil yang berpuasa cenderung memiliki janin dengan berat badan lebih kecil.

Sebelum Anda lanjut membaca penjelasan pada artikel ini, alangkah baiknya baca dulu penjelasan terkait dengan judul bolehkah wanita hamil berpuasa ? amankah ?

Perlu kami sampaikan bahwa sebenarnya puasa saat hamil muda itu boleh dilakukan asal tetap memperhatikan batasan aman puasa saat hamil. Untuk lebih jelasnya, silakan lanjut membaca!

puasa-saat-hamil-muda-trimester-pertama
(foto : pixabay.com)

Puasa Saat Hamil Muda Trimester Pertama


Para peneliti mendapatkan temuan bahwa bayi yang terlahir dalam kondisi berat badan di bawah normal paling banyak ditemukan pada ibu hamil yang berpuasa pada usia kehamilan muda trimester pertama dan dilakukan pada saat musim panas di saat siang hari lebih panjang.

Lantas, bagaimana dengan puasa di Indonesia yang tidak ada musim panas ? apakah puasa pada usia kehamilan trimester pertama aman untuk dilakukan ?

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada usia kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama) ibu hamil sering menjumpai beberapa keluhan seperti kepala pusing, badan lemas, mual, muntah dan lain-lain yang terjadi karena perubahan hormon.

Mual muntah yang terjadi di awal kehamilan bisa menyebabkan dehidrasi (kekurangan cairan) jika ibu hamil tidak banyak mendapat asupan air. Mual muntah yang terjadi terlalu parah juga dapat mengakibatkan janin kekurangan asupan nutrisi. Hal ini tentu sangat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan.

Puasa bukanlah sebuah pantangan ibu hamil, namun sebenarnya wanita hamil itu mendapat kemurahan untuk tidak puasa dan menggangu di hari yang lain jika memang ibu hamil mengkhawatirkan janinnya.

Konsultasi Ke Dokter Sebelum Puasa


Nah, jika Anda hendak menjalankan puasa sebaiknya konsultasikan dulu kondisi kehamilan Anda ke dokter mengingat kondisi kehamilan setiap ibu hamil itu berbeda-beda. Apabila hasil pemeriksaan kehamilan menunjukkan kehamilan normal maka silakan lanjutkan niat untuk menjalankan ibadah puasa.

Sebaliknya, jika kondisi kehamilan kurang baik sebaiknya pertimbangkan kembali niat Anda untuk berpuasa. Jika ibu hamil sampai kekurangan cairan (dehidrasi) maka bisa menyebabkan kontraksi yang diikuti dengan keluhan lain.

Kesimpulan : Jika Anda hendak berpuasa sebaiknya periksakan dulu kondisi kehamilan Anda ke dokter kandungan dan tanyakan kepada dokter apakah Anda boleh untuk puasa atau tidak. Dokter akan memberikan saran terbaik bagi Anda demi kesehatan dan keselamatan janin yang sedang Anda kandung. Jika Anda diperbolehkan puasa maka selalu perhatikan asupan nutrisi saat buka dan sahur. Silakan baca menu wajib untuk ibu hamil saat berpuasa.

Tips Aman Puasa Bagi Ibu Hamil Muda Trimester Pertama


Apabila Anda termasuk ibu hamil yang menjalankan puasa ramadan, sebaiknya perhatikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi. Meski berpuasa, ibu hamil hendaknya memberikan asupan nutrisi yang cukup yaitu karbohidrat 50%, protein 25% dan lemak sehat 10-15% serta jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Selain memperhatikan asupan makanan, Anda juga perlu memperhatikan berat badan. Jika berat badan Anda turun drastis setelah menjalankan ibadah puasa maka segera konsultasi ke dokter untuk memastikan apakah keadaan ini berbahaya atau tidak.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yaitu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup saat buka dan sahur. Buah kurma, brokoli, ikan salmon, dan daging ayam termasuk menu makanan bergizi tinggi yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan terkait aturan aman puasa saat hamil trimester pertama. Semoga bermanfaat!

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top