Cara Alami Agar Rahim Kuat, Perempuan Wajib Tahu!

Cara alami agar rahim kuat - Hamil sehat sangat diharapkan oleh semua orang. Sementara itu, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko keguguran. Sebuah penelitian oleh March of Dimes menyampaikan bahwa sekitar 80% keguguran terjadi pada kehamilan di usia muda. Untuk itu, ibu hamil perlu melakukan perawatan agar rahim kuat dan kehamilan sehat sehingga tidak terjadi keguguran.

Rahim kuat dan sehat sangat erat kaitannya dengan perkembangan janin. Hasil penelitian yang ditulis dalam jurnal Fertility and Sterility menunjukkan bahwa keguguran dan kelahiran prematur banyak terjadi karena rahim tidak mampu menciptakan kondisi yang baik untuk janin.

Seorang profesor di Baylor College of Medicine bernama William Gibbons menyampaikan bahwa kesehatan rahim menjadi penentu sehat dan tidaknya kehamilan.

cara-alami-agar-rahim-kuat
(foto : pixabay.com)

Cara Alami Agar Rahim Kuat


Oleh karena pentingnya rahim kuat bagi kehamilan, tak ada salahnya jika ibu hamil berusaha untuk mendapatkan rahim sehat dan kuat dengan menerapkan cara alami.

Tak harus mengeluarkan banyak biaya, cukup menerapkan tips sederhana yang kami sampaikan di bawah ini insyaAllah rahim kuat dan kehamilan tetap sehat. Berikut adalah cara alami agar rahim kuat dan sehat sebagaimana diungkapkan oleh Erika Nichelson, D.O, dokter obgin di Family Childbirth and Children’s Center AS :

1. Terapkan pola makan sehat

Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil memang sangat penting untuk mengkonsumsi vitamin prenatal, namun jangan sepenuhnya bergantung pada vitamin prenatal. Menerapkan pola makan sehat adalah langkah bijak yang harus dilakukan oleh ibu hamil untuk mendapatkan rahim kuat dan kehamilan sehat.

Pola makan sehat akan membantu ibu hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan tidak banyak kendala. Sebaliknya, pola makan tidak sehat bisa memicu berbagai macam masalah kehamilan hingga kehamilan tidak dapat dijalani dengan nyaman.

2. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Rutin konsumsi buah dan sayur tiap hari adalah salah satu cara alami untuk menguatkan rahim dan menjaga kehamilan agar tetap sehat.

Buah dan sayur yang banyak mengandung asam folat hendaknya banyak dikonsumsi oleh ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama. Info lebih lengkap tentang buah-buahan yang baik untuk ibu hamil bisa Anda baca pada artikel berjudul buah yang baik dikonsumsi ibu hamil.

3. Hindari makanan / minuman pantangan ibu hamil

Demi menjaga kehamilan tetap sehat dan tidak banyak masalah, ibu hamil harus menghindari berbagai macam makanan dan minuman yang diduga dapat menyebabkan masalah kehamilan.

Makanan dan minuman yang mengandung alkohol sebaiknya dihindari selama menjalani kehamilan. Sedangkan minuman yang mengandung kafein sebaiknya dibatasi. Informasi terkait pantangan kehamilan, silakan baca pantangan makanan saat hamil.

4. Jangan berlebihan konsumsi gula

Terlalu banyak konsumsi gula saat hamil bisa meningkatkan resiko obesitas dan masalah perkembangan janin. Gula memang dibutuhkan oleh tubuh tapi kalau berlebihan justru kurang baik bagi kesehatan.

Untuk menjaga berat badan ibu hamil agar tetap ideal sebaiknya lakukan diet sehat. Ingat! yang harus dilakukan adalah diet sehat. Diet yang dilakukan sembarangan justru dapat menyebabkan gangguan kehamilan. Info lengkap bisa Anda baca program diet sehat ibu hamil.

5. Lakukan kegiatan yang baik bagi kehamilan

Olahraga ringan adalah hal penting yang sangat perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk menghindari berbagai macam masalah kehamilan. Adapun olahraga yang perlu dilakukan oleh ibu hamil adalah olahraga ringan yang tidak berbahaya bagi kehamilan.

Selain olahraga, ibu hamil perlu melakukan aktivitas yang membuat hatinya bahagia dan tidak stress. Penelitian oleh University of Washington menunjukkan bahwa perkembangan janin akan lebih baik jika ibu hamil tidak stress. Silakan baca akibat stress pada ibu hamil dan janin.

6. Jangan sembarangan minum obat

Selama menjalani kehamilan mungkin Anda menjumpai berbagai macam masalah kesehatan seperti pusing, mual, demam, flu, sakit gigi dan lain-lain. Jangan sembarangan minum obat untuk mengatasi masalah tersebut. Pastikan minum obat sesuai dengan resep dokter karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tertentu.

Demikian ulasan terkait cara alami agar rahim kuat dan kehamilan lancar. Semoga penjelasan singkat yang kami tulis ini dapat menambah wawasan dalam menjaga kehamilan tetap sehat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top