6 Cara Hamil Sehat, Janin Normal dan Berkembang Baik Sampai Melahirkan

Cara hamil sehat - Kehamilan adalah momen bahagia yang sangat ditunggu kehadirannya oleh pasangan suami istri. Ketika test pack menunjukkan positif hamil, tugas berat yang harus dilaksanakan oleh pasutri adalah menjaga kehamilan agar tetap sehat dan janin berkembang degan baik. Kehamilan yang berjalan dengan baik tanpa banyak masalah adalah harapan semua wanita.

Sebaliknya, kehamilan yang sering mengalami masalah membuat ibu hamil deg-degan dan tidak nyaman. Untuk itu, penting kiranya bagi ibu hamil untuk mengetahui tips cara hamil sehat hingga melahirkan.

Silakan baca artikel ini hingga selesai untuk menambah wawasan tentang cara menjalani hamil sehat dengan mudah tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Anda harus kompak dengan sang suami dalam menjaga kehamilan.

cara-hamil-sehat
(foto : pixabay.com)

Cara Hamil Sehat dan Janin Berkembang dengan Baik


Pada dasarnya kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh pada kesehatan janin dalam kandungan. Apabila ibu hamil sering sakit-sakitan maka janin pun ikut mendapatkan dampak buruk.

Ibu hamil perlu menerapkan cara hamil sehat sejak dini agar kehamilan tidak banyak menjumpai masalah. Berikut tips hamil sehat sejak dini yang bisa Anda terapkan :

1. Rutin konsumsi vitamin

Nutrisi dan vitamin sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilan agar senantiasa sehat. Vitamin tidak hanya diperoleh dari makanan sehat ibu hamil tapi juga dari vitamin prenatal yang biasanya diberikan oleh dokter dan bidan.

Asam folat adalah vitamin yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu perkembangannya. Ibu hamil membutuhkan banyak asupan asam folat terutama saat usia kehamilan di bawah 12 minggu. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Anda bisa memperbanyak makanan yang banyak mengandung asam folat. Informasinya bisa Anda baca pada artikel berjudul makanan yang mengandung asam folat tinggi.

2. Konsumsi makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi adalah salah satu cara hamil sehat yang bisa diterapkan dengan mudah. Asupan nutrisi ibu hamil sangat berpengaruh pada perkembangan janin dan dapat mengurangi resiko cacat lahir.

Ibu hamil harus pandai memilih jenis makanan yang cocok untuk dikonsumsi. Makanan yang banyak mengandung protein, kalsium, vitamin dan zat lain dari sayur dan buah sangat lah baik bagi wanita hamil.

3. Rutin olahraga

Olahraga adalah aktivitas yang sangat baik dilakukan oleh semua orang tak terkecuali ibu hamil. Olahraga ringan saat hamil terbukti dapat melancarkan peredaran darah, mengatasi stress dan menguatkan otot.

Manfaat olahraga bagi ibu hamil antara lain adalah meningkatkan energi, membantu mengurangi sakit dibagian punggung, mengatasi sembelit dan meningkatkan kualitas tidur. Adapun jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil bisa Anda baca pada artikel berjudul olahraga yang aman untuk ibu hamil.

4. Terapkan pola hidup sehat

Cara hamil sehat yang berikutnya adalah menerapkan pola hidup sehat sejak awal masa kehamilan. Minuman beralkohol dan berkafein sebaiknya dihindari selama hamil. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan cukupi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum air putih. Tak hanya itu, istirahat pun harus dicukupi dengan baik, jangan sampai kurang istirahat.

5. Jangan merokok

Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil bisa memberikan dampak buruk pada perkembangan janin. Ibu hamil sebaiknya menghindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif. Asap rokok meningkatkan resiko bayi terlahir dengan berat badan rendah dan keguguran. Asap rokok juga dapat menyebabkan berbagai macam keluhan kehamilan yang cukup menakutkan. Selengkapnya silakan baca bahaya asap rokok bagi ibu hamil.

6. Melakukan pemeriksaan rutin

Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan sangat penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, dokter atau bidan bisa memantau perkembangan janin dan dapat segera mendeteksi jika ada masalah kehamilan. Dengan demikian, kehamilan akan selalu terjaga dengan baik dan segera mendapat penanganan yang tepat jika ada masalah.

Demikian ulasan terkait cara hamil sehat agar janin berkembang dengan baik yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel pendek ini dapat menambah wawasan tentang perawatan kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top