5 Cara Menjaga Kandungan Agar Tetap Sehat dan Kuat

Cara menjaga kandungan agar tetap sehat - Hamil adalah anugerah dari sang Maha Pencipta yang sangat diharapkan kehadirannya oleh setiap pasangan suami istri. Untuk itu, penting kiranya bagi setiap wanita hamil untuk menjaga kandungannya agar tetap kuat dan sehat. Hal ini tentu memerlukan dukungan penuh dari sang suami.

Kehamilan seorang wanita umumnya dibagi menjadi 3, yaitu kehamilan usia trimester pertama, kedua dan ketiga. Pada setiap periode, ibu hamil merasakan keluhan yang berbeda-beda.

Misalnya pada usia kehamilan trimester pertama biasanya ibu hamil merasakan mual muntah, pusing, kelelahan, perubahan mood, ngidam makanan tertentu dan lain-lain. Hal itu disebabkan karena perubahan hormonal sejak awal terjadinya pembuahan. Lantas, bagaimana cara menjaga kandungan yang baik itu ? Silakan baca penjelasan di bawah ini!

cara-menjaga-kandungan
(foto : pixabay.com)

Cara Menjaga Kandungan Agar Tetap Sehat


Peran suami dalam menjaga kehamilan sangat lah besar. Suami harus benar-benar aktif untuk mengingatkan sang istri agar tidak mengkonsumsi pantangan makanan ibu hamil  dan supaya menjauhi hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Ibu hamil sehat akan memberikan dampak baik pada janin, sedangkan ibu hamil yang sakit-sakitan akan berdampak buruk pada janin.

Selain menerapkan pola hidup sehat dan pola makan seimbang, di bawah ini adalah 5 cara menjaga kandungan yang perlu Anda lakukan selama kehamilan berlangsung :

1. Istirahat cukup

Istirahat adalah langkah paling tepat yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kandungan tetap sehat dan tidak keguguran, terutama pada usia kehamilan trimester pertama yang masih sangat rawan dengan keguguran.

Untuk mendapatkan istirahat yang cukup, hendaknya ibu hamil tidak begadang atau tidur terlalu larut. Jika sering begadang ibu hamil akan menjumpai kondisi dimana badan terasa lemas dan kelelahan.

Tidur di pagi hari tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius. Lebih baik tidur di awal malam lalu bangun pagi untuk menghirup udara segar. (silakan baca : bahaya ibu hamil tidur di pagi hari)

2. Banyak makan sayur dan buah

Apabila Anda termasuk orang yang tidak suka makan sayur dan buah maka mau tidak mau selama menjalani kehamilan harus banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Kenapa demikian ? karena sayur dan buah banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Terapkan pola makan sehat empat sehat lima sempurna selama masa kehamilan. Hindari minuman beralkohol dan minuman berkafein serta perbanyak konsumsi air putih agar tidak kekurangan cairan tubuh (dehidrasi).

3. Olahraga teratur

Siapa bilang ibu hamil dilarang olahraga ? Justru wanita hamil perlu berolahraga untuk menjaga kandungannya agar tetap sehat dan kuat. Namun demikian, jenis olahraga yang dipilih oleh ibu hamil adalah olahraga yang ringan-ringan saja seperti jalan-jalan, senam yoga, senam pernapasan dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya silakan baca olahraga sehat ibu hamil menurut ahli.

4. Hindari stress

Salah satu cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat adalah dengan mengelola pola pikir yang baik dan hindari stress. Terlalu banyak beban pikiran atau stress justru dapat membuat masalah kehamilan yang cukup berat. Untuk itu, jika Anda menjumpai banyak masalah silakan segera diselesaikan dengan baik bersama sang suami. Informasi lengkap tentang akibat stress bisa Anda baca akibat stress pada ibu hamil dan janin.

5. Rutin periksa kehamilan

Periksa kehamilan ke dokter atau bidan adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap ibu hamil. Periksa kehamilan tidak hanya dilakukan ketika dijumpai ada masalah, namun perlu dilakukan secara rutin sesuai dengan anjuran dokter/ bidan. Dengan melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin, kondisi kehamilan akan tetap terkontrol dengan baik dan jika sewaktu-waktu adalah masalah kehamilan dapat segera terdeteksi.

Pemeriksaan kehamilan hendaknya dimulai sejak awal masa kehamilan yang dikenali dengan munculnya beberapa tanda kehamilan. Info tentang kapan sebaiknya periksa kehamilan bisa Anda baca kapan sebaiknya periksa kehamilan dilakukan ?

Demikian ulasan terkait cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat yang dapat kami tulis. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi para pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top