10 Ciri-Ciri Akan Hamil, Terlihat Jelas dan Terasa Banget!

Mempunyai anak adalah harapan dari setiap pasangan suami istri. Kehadiran sang buah hati di tengah keluarga memang bisa menambah hangatnya kebahagiaan rumah tangga. Namun demikian, tak jarang wanita yang mengira dirinya hamil padahal sebenarnya dia tidak hamil meski sebenarnya ciri-ciri hamil muda sudah terlihat.

Telat menstruasi adalah salah satu tanda kehamilan yang banyak dijadikan sebagai tolok ukur untuk menentukan kehamilan padahal sebenarnya tanda kehamilan bukan hanya itu saja.

Sebenarnya apa saja sih ciri-ciri akan hamil itu ? Kalau bertanya tentang tanda mau hamil itu sulit untuk dijawab namun kalau bicara tentang ciri hamil muda tentu sudah bisa terdeteksi sejak minggu pertama kehamilan.

ciri-ciri-akan-hamil
(foto : pixabay.com)

Ciri-Ciri Hamil Muda


Ada beberapa hal yang diduga sebagai ciri mau hamil atau tanda hamil muda. Beberapa gejala yang dipercaya sebagai tanda hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Terjadi perubahan tubuh

Perubahan bentuk tubuh adalah salah satu tanda-tanda kehamilan yang sering terjadi. Perubahan perut adalah salah satu gejala kehamilan yang tak mungkin bisa dipungkiri, terutama saat kehamilan sudah berusia 4 bulan ke atas. Seiring bertambahnya usia kehamilan, tak hanya bagian perut yang mengalami perubahan tetapi bagian lengan, paha dan bok0ng juga berubah.

2. Perubahan payud*ra

Perubahan payud*ra adalah salah satu tanda fisik yang sering dialami oleh wanita hamil. Di saat menjalani kehamilan, payud*ra akan menjadi lebih besar dan nyeri saat disentuh.

Perubahan payud*ra ini sudah mulai terjadi sejak minggu pertama kehamilan sebagai persiapan tubuh secara alami untuk persiapan dalam memproduksi air susu. Adapun pemicu terjadi perubahan payud*ra adalah peningkatan hormon  esterogen dan progesterone.

Tak hanya mengalami perubahan bentuk, payurd*ra ibu hamil berubah menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan, bahkan hanya tersentuh kain bra saja sudah terasa tidak nyaman. Selain itu, payud*ra ibu hamil juga menjadi lebih lembut daripada sebelum hamil.

3. Kelelahan

Tanda-tanda kehamilan berikutnya adalah badan terasa sangat lelah walaupun tidak habis melakukan aktivitas. Hal ini lah yang membuat minggu-minggu  pertama kehamilaa atau awal kehamilan dijalani oleh ibu hamil dengan malas dan ingin tidur saja.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin, tubuh ibu hamil akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Kondisi ini lah yang akhirnya membuat wanita hamil merasa sangat lelah dan mengantuk meski sudah banyak beristirahat.

4. Sering BAK

Janin yang ada di dalam rahim ibu hamil semakin hari semakin bertambah besar sehingga butuh ruang yang lebih luas. Semakin bertambahnya usia kehamilan membuat kandung kemih ibu hamil tertekan hingga akhirnya membuat frekuensi berkemih ibu hamil mengalami peningkatan. Meski terasa tidak nyaman, sebaiknya ibu hamil tidak menahan kencing.

5. Sering mual dan disertai muntah


Mual adalah tanda-tanda kehamilan yang paling umum terjadi pada wanita hamil meski sebenarnya tidak semua hamil mengalaminya. Mual dan muntah di pagi hari (morning sickness) adalah hal lumrah terjadi pada wanita hamil. Mual muntah ini biasa terjadi selama usia kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama).

Apabila mual dan muntah masih tetap terasa pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau bidan untuk memastikan kesehatan kehamilan Anda.

Perut mual yang dialami oleh ibu hamil ini biasanya dibarengi dengan sensitivitas indra penciuman yang semakin meningkat. Ketika ibu hamil mencium bau rokok, kopi, makanan dan minyak wangi maka rasa mual pun semakin menjadi-jadi.

6. Mengalami flek darah

bercak darah adalah salah satu ciri-ciri hamil yang jarang disadari. Banyak orang mengira flek darah ini adalah darah haid padahal sebenarnya dilihat dari warnanya saja sudah terlihat jauh berbeda. Silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

7. Sakit kepala

Tanda-tanda kehamilan yang berikutnya adalah rasa sakit di bagian kepala (pusing). Pusing saat hamil muda ini terjadi karena meningkatnya sirkulasi darah akibat perubahan hormonal. Pusing saat hamil muda terasa gamang mirip saat anda sedang berdiri di kapal. Untuk lebih jelasnya silakan baca pusing tanda hamil seperti apa ?

8. Sering meludah

Perubahan hormon esterogen membuat ibu hamil muda trimester pertama sering merasa ingin meludah. Seiring berjalannya waktu kehamilan, gejala hamil ini akan hilang dengan sendirinya.

9. Ngidam

Ngidam adalah salah satu gejala hamil muda yang sering terjadi. Makanan yang dulu sebelum hamil sangat disukai, mungkin sekarang menjadi sangat diinginkan. Entah apa yang menyebabkan ciri hamil ini tapi kenyataanya memang demikian.

10. Muncul gejala seperti saat PMS

Tak hanya saat mau haid saja gejala PMS muncul, tapi gejala PMS juga muncul di awal masa kehamilan seperti pinggang sakit, perut kembung, nyeri payud*ra dan lain-lain.

Itulah 10 ciri akan hamil atau tanda-tanda hamil muda yang dapat kami sampaikan. Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top