Jenis Kehamilan Bermasalah yang Wajib Anda Ketahui

Jenis kehamilan bermasalah biasanya sudah bisa terdeteksi sejak usia kehamilan trimester pertama yang biasanya ditandai dengan pendarahan hebat dan berakhir keguguran (abortus). Kehamilan bermasalah disebabkan karena berbagai macam faktor, bisa karena masalah pada janin atau masalah kesehatan ibu, misalnya penyakit kencing manis, penyakit jantung diabetes dan lain-lain.

Kehamilan bermasalah juga bisa disebabkan karena lingkungan, misalnya karena kurang gizi, lingkungan yang tidak sehat, faktor geografis dan lain-lain. Tak hanya itu, kehamilan bermasalah juga bisa disebabkan karena kelainan kromosom.

Kehamilan bermasalah harus segera mendapat penanganan dengan tepat agar tidak sampai membahayakan ibu. Untuk itu, perlu kiranya kita ketahui apa saja yang termasuk kehamilan bermasalah itu.

jenis-kehamilan-bermasalah
(foto : pixabay.com)

Jenis Kehamilan Bermasalah


Kehamilan normal adalah harapan dari semua orang, namun tidak dipungkiri hingga saat ini banyak ibu hamil yang mengalami masalah kehamilan. Apa saja jenis kehamilan bermasalah itu ? antara lain adalah sebagai berikut :

1. Hamil Anggur

Hamil anggur adalah suatu kondisi kehamilan dimana plasenta tidak normal yang disebabkan karena ketidaksempurnaan genetik saat terjadi proses pembuahan. Pada kasus kehamilan anggur, ada jaringan berbentuk gelembung mirip buah anggur dengan diameter 1 hingga 2mm.

Hamil anggur bisa diketahui dengan mengukur kadar HCG pada darah dan air seni. Hamil anggur perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan krisis hormon tiroid pada darah yang akhirnya bisa menyebabkan keguguran. Untuk mengetahui ciri hamil anggur sejak dini, silakan baca artikel yang telah kami tulis dengan judul ciri-ciri-hamil anggur dan penyebabnya.

2. Hamil dengan kista

Kista merupakan kantung berisi cairan yang muncul secara tidak normal di dalam tubuh. Kista bisa muncul pada berbagai 0rgan tubuh termasuk pada indung telur.

Kista di dalam indung telur biasanya sebesar kacang dan ada yang sampai sebesar bayi. Beberapa kasus kehamilan dengan kista disertai dengan pendarahan hebat dan rasa sakit yang teramat sangat. Ada juga model

Hamil dengan kista yang berbahaya ditandai rasa sakit di perut bagian bawah, vag!na, otot velpis, punggung bawah dan paha.

Rasa sakit ini kadang terjadi secara terus menerus tapi kadang hanya hilang timbul. Gejala lain yang menyertai kehamilan dengan kista adalah mual, muntah, kelelahan, berat badan meningkat drastis dan rambut tubuh meningkat sangat.

Segera hubungi dokter jika anda merasa ada yang aneh dengan kehamilan anda. Dokter akan menangani kehamilan dengan kista sesuai dengan kondisi kista seseorang.

3. Hamil Kosong (blighted ovum)

Hamil kosong termasuk kehamilan bermasalah yang masuk pada jenis keguguran spontan sebab tidak ada pertumbuhan janin pada rahim ibu hamil. Kantung kehamilan hanya berisi cairan yang nantinya akan berakhir dengan keguguran.

Hamil kosong biasanya mulai disadari oleh ibu hamil pada akhir usia kehamilan trimester pertama. Hal ini disebabkan karena pada awal kehamilan, tanda kehamilan nampak seperti kehamilan normal bahkan test pack juga menunjukkan positif hamil.

Kasus kehamilan kosong kebanyakan disebabkan karena kelainan gen dan kromosom, namun ada juga yang disebabkan karena faktor lain seperti karena infeksi, kelainan sel telur, kelainan sperm@ dan kelainan imunologi. Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kehamilan kosong bisa Anda baca pada artikel berjudul tips menghindari kehamilan kosong (BO).

4. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah jenis kehamilan abnormal dimana sel telur yang telah dibuahi tidak menempel pada dinding rahim melainkan menempel di luar rahim. Oleh karena tidak berkembang pada tempatnya kehamilan ektopik akan berakhir dengan keguguran. Jika Anda menjumpai tanda kehamilan yang tidak wajar silakan segera hubungi dokter.

Demikian informasi tentang jenis kehamilan bermasalah yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top