Makanan Penguat Kandungan Trimester Pertama, Bunda Wajib Tahu!

Makanan penguat kandungan trimester pertama - Usia kehamilan trimester pertama adalah masa yang masih sangat rentan terjadi keguguran. Oleh karena itu lah dokter melarang ibu hamil muda untuk melakukan aktivitas yang beresiko membahayakan kehamilan seperti melakukan perjalanan jauh, aktivitas berat badan lain-lain.

Untuk menguatkan kandungan trimester pertama biasanya dokter atau bidan memberikan suplemen penguat kandungan terutama mereka yang mempunyai riwayat keguguran.

Bahkan ada beberapa ibu hamil yang disarankan oleh dokter untuk istirahat total (bed rest) selama kehamilan berlangsung. Meski dokter melakukan beberapa penanganan, namun ibu hamil perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan penguat kandungan agar kehamilan berjalan dengan lancar hingga tiba saatnya persalinan.

makanan-penguat-kandungan-trimester-pertama
(foto : pixabay.com)

Makanan Penguat Kandungan Trimester Pertama


Demi mendapatkan kehamilan yang sehat dan persalinan dapat berjalan dengan lancar maka ibu hamil harus benar-benar merawat kehamilannya dengan baik. Segala aktivitas yang dilarang untuk ibu hamil hendaknya dihindari sejauh-jauhnya.

Lantas, apa saja makanan penguat kandungan trimester pertama itu ? antara lain adalah sebagai berikut :

1. Madu

Madu adalah salah satu obat alami cair yang diduga dapat menguatkan kandungan. Tak hanya itu, madu juga dapat menggantikan gula yang lebih aman dikonsumsi oleh ibu hamil dari efek negatif.

Meski mengandung nutrisi yang sangat banyak namun ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi madu dalam jumlah berlebihan. Informasi selengkapnya tentang khasiat madu bisa Anda baca manfaat madu untuk ibu hamil dan janin.

2. Buah alpukat

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil, salah satunya adalah untuk menguatkan kandungan trimester pertama. Alpukat banyak mengandung mineral dan vitami E yang bermanfaat untuk menguatkan kandungan. Selain itu, alpukat juga mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk perkembangan janin. (silakan baca : manfaat alpuat untuk ibu hamil)

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah makanan penguat kandungan yang sangat baik untuk ibu hamil. Beberapa jenis sayuran seperti daun katuk, brokoli, sawi dan bayam memiliki kandungan asam folat dan nutrisi lain yang sangat bagus untuk janin. Tak hanya menguatkan kandungan, sayuran hijau juga dapat menangkal radikal bebas karena banyak mengandung antioksidan. Namun demikian, Anda harus tahu jenis sayuran yang tidak boleh dimakan ibu hamil. (silakan baca sayuran yang dilarang untuk ibu hamil)

4. Buah kurma

Kurma juga mengandung gula yang cukup tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti gula seperti halnya madu. Kurma dipercaya sebagai makanan penguat kandungan dan juga dapat mencegah anemia saat hamil. Untuk informasi lebih lengkap tentang manfaat buah kurma, silakan baca manfaat kurma untuk ibu hamil dan janin.

5. Aneka ikan laut

Aneka macam hewan laut seperti ikan tuna, ikan salmon dan udang dipercaya sebagai makanan penguat kandungan. Ikan salmon tidak hanya dapat menguatkan kandungan tapi juga dapat membantu perkembangan otak karena banyak mengandung omega 3 dan omega 6. Selain itu, ikan laut juga mengandung protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk membantu pertumbuhan janin.

6. Telur

Protein dan omega 3 yang terdapat dalam telur sangat baik untuk membantu menguatkan kandungan trimester pertama. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi telur yang benar-benar sudah matang. Adapun telur mentah dan atau setengah matang sebaiknya jangan dimakan karena dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi bakteri dan parasit berbahaya.

7. Susu

Susu juga mengandung protein yang sangat banyak sehingga sangat baik untuk menguatkan kandungan ibu hamil. Susu juga mengandung kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang ibu hamil serta membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, silakan pilih susu yang telah dipasteurisasi.

Demikian penjelasan terkait makanan penguat kandungan trimester pertama yang dapat kami tulis. Semoga pembahasan singkat ini dapat menambah wawasan tentang cara merawat kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top