Menu Sahur dan Berbuka yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Menu buka dan sahur yang harus dihindari ibu hamil - Puasa ramadan adalah kewajiban yang harus dikerjakan oleh umat islam yang sudah baligh tak terkecuali kaum wanita. Sebenarnya wanita hamil diberi kemurahan untuk tidak berpuasa dan mengganti di hari lain. Penjelasan lebih lanjut bisa Anda baca tidak puasa karena hamil, bolehkah ?

Di sisi lain, sesuai dengan petunjuk medis, ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa dengan tetap memperhatikan kesehatan dirinya sendiri dan kehamilannya. Silakan baca bolehkah wanita hamil berpuasa?

Apabila Anda termasuk salah satu dari sekian banyak wanita hamil yang menjalankan ibadah puasa maka hal penting yang harus selalu Anda perhatikan adalah menu buka dan sahur. Siapkan menu buka dan sahur yang baik dan hindari menu yang berdampak buruk pada kehamilan.

menu-sahur-dan berbuka-yang-harus-dihindari-oleh-ibu-hamil
(foto : pixabay.com)


Menu Buka dan Sahur yang Harus Dihindari Ibu Hamil


Selama menjalani ibadah puasa, anda harus pandai memilih menu makanan yang sehat dan lezat. Menu lezat belum tentu sehat, maka jangan hanya memperhatikan soal rasa.

Ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari untuk buka puasa dan sahur. Berikut adalah menu buka dan sahur yang harus dihindari oleh ibu hamil :

1. Terlalu banyak makan manis

Makanan manis sebenarnya dapat memulihkan tenaga yang seharian terkuras karena telah menahan lapar dan haus, namun jika dimakan dalam jumlah berlebihan justru kurang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

2. Makanan yang mengandung lemak jahat

Gorengan adalah salah satu jenis makanan tinggi lemak yang tidak disarankan bagi ibu hamil. Konsumsi gorengan dalam jumlah wajar masih diperbolehkan, namun jika terlalu banyak bisa memberikan dampak negatif pada kehamilan. Daripada terlalu banyak makan gorengan, lebih baik perbanyak makan buah dan sayur karena banyak menyumbangkan nutrisi bermanfaat.

3. Makanan pedas

Makanan pedas juga termasuk makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan masalah pencernaan. Tak hanya saat puasa, walaupun tidak berpuasa ibu hamil juga tidak disarankan terlalu banyak makan pedas.

4. Makanan dan minuman berkafein

Kopi dan teh sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kehamilan. Selain itu, konsumsi minuman berkafein juga dapat menyebabkan ibu hamil lebih cepat haus. Batas maksimal minum kopi dalam sehari adalah satu cangkir, selebihnya tidak dianjurkan.

Menu Buka dan Sahur yang Dianjurkan bagi Ibu Hamil


Selain makanan yang harus dihindari, ibu hamil hendaknya memilih menu buka dan sahur yang bergizi. Berikut ini adalah menu buka dan sahur yang dianjurkan bagi ibu hamil :

1. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, sayur dan kacang-kacangan adalah menu makan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil saat berpuasa karena dapat memberikan tambahan energi dan menjadikan ibu hamil tidak gampang lapar. Tak hanya itu, makanan berkarbohidrat juga dapat membantu mengatasi sembelit.

2. Makanan tinggi protein

Makanan tinggi protein seperti daging, ikan, telur, tahu, tempe dan aneka jenis kacang sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk membantu proses perkembangan janin dalam kandungan.

3. Minum susu

Susu adalah jenis minuman yang sangat baik bagi ibu hamil. Kandungan kalsium di dalam susu bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil. Kalsium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang serta membantu perkembangan tulang janin.

Selain minum susu, ibu hamil juga harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh paling tidak 1,5 hingga 2 liter per hari. Jika kurang minum, ibu hamil bisa mengalami dehidrasi.

Demikian ulasan terkait menu buka dan sahur yang harus dihindari ibu hamil. Semoga puasa tahun ini bisa Anda jalani dengan lancar dan nyaman. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top