Menu Sahur Wajib Bagi Ibu Hamil, Jangan Sampai Ketinggalan!

Menu sahur wajib bagi ibu hamil - Ibu hamil diperbolehkan puasa selama tidak ada masalah kehamilan dan kondisi badannya sehat. Sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.com (26/06/2015), Dokter spesialis kandungan Frizar Irmansyah menyatakan bahwa berpuasa selama kehamilan itu boleh asalkan tidak ada masalah kehamilan.

Namun demikian, Frizar menyarankan bagi ibu hamil yang hendak berpuasa untuk konsultasi lebih dulu kepada ahli kesehatan terkait dengan kondisi kesehatan dirinya dan kehamilannya.

Apabila ibu hamil tetap menjalankan puasa ramadan, maka perlu kiat khusus agar kehamilan berjalan lancar dan senantiasa sehat selalu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memenuhi asupan nutrisi pada saat buka dan sahur. Oleh karena di siang hari tidak boleh makan maka ibu hamil harus menyesuaikan asupan nutrisi di waktu malam, terutama saat buka puasa dan makan sahur.

menu-sahur-ibu-hamil
(foto : pixabay.com)

Menu Sahur Wajib untuk Ibu Hamil


Sebenarnya puasa itu tidak meninggalkan makan melainkan memindahkan jam makan saja, dari yang biasanya makan di waktu siang tapi saat puasa jam makan dipindah jadi malam hari.

Untuk mendapatkan kehamilan yang senantiasa sehat, ibu hamil harus memperhatikan menu makan sahur. Menu sahur yang disantap oleh ibu hamil akan digunakan untuk berpuasa selama seharian, kurang lebih selama 14 jam.

1. Menu sahur mengandung karbohidrat kompleks


Menu makan sahur ibu hamil yang tidak boleh ditinggalkan adalah makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks membantu ibu hamil untuk tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, gandum dan lainnya membantu ibu hamil untuk mendapatkan energi lebih lebih lama karena nutrisi ini dicerna dengan perlahan.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi ibu hamil karena puasa akan terasa lebih nyaman dengan perut yang awet kenyang. Wanita hamil muda trimester pertama biasanya menjumpai keadaan dimana badan terasa lemas, maka dengan memperbanyak makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diharapkan puasa tidak menambah buruk keadaan.

2. Menu sahur mengandung cairan


Selain makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengadung cairan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan guna menghindari dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

Buah dan sayur adalah jenis makanan mengandung cairan yang tidak boleh ditinggalkan oleh ibu hamil. Mungkin Anda merasa tidak cocok dengan menu makan sahur dari sayuran namun karena pentingnya sayuran Anda tidak boleh meninggalkan sayuran.

Selain mengandung cairan, buah dan sayur juga mengandung nutrisi lain yang diperlukan oleh ibu hamil seperti vitamin, asam folat, kalsium, mineral dan lainnya. Adapun buah yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil bisa Anda baca buah yang baik dikonsumsi ibu hamil.

Selain itu, ibu hamil harus memperbanyak minum air putih guna mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Sebaiknya jangan minum air putih langsung banyak karena dapat membuat perut kembung, silakan minum air putih secukupnya lalu diulangi lagi kalau sudah merasa haus.

3. Menu sahur berprotein


Makanan yang banyak mengandung protein sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan. Protein bisa didapat dari ikan, daging, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe dan lainnya. Pastikan untuk memasak menu sahur dengan cara yang benar agar tidak membahayakan kehamilan. Misalnya dalam memasak telur, ikan dan daging harus benar-banar sampai matang. Silakan baca telur buat ibu hamil, bermanfaat atau berbahaya ?

Itulah menu sahur wajib bagi ibu hamil yang harus Anda siapkan dalam menjalani ibadah puasa. Semoga puasa bunda berjalan dengan lancar dan kehamilan senantiasa sehat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top