Menu Wajib Untuk Ibu Hamil Saat Puasa Ramadan, Utamakan Kesehatan Janin!

Menu wajib ibu hamil saat puasa - Bagi umat islam, puasa ramadhan adalah kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada hambanya. Bulan ramadan adalah bulan yang sangat ditunggu kehadirannya oleh umat islam untuk berlomba melakukan kebaikan. Lantas, bagaimana dengan ibu hamil? apakah ibu hamil boleh puasa ramadhan?

Ibu hamil diberi pilihan untuk puas dan tidak puasa tergantung kondisi fisik yang dialami serta keadaan janin dalam kandungan. Jika ibu hamil dalam keadaan sehat dan kehamilan tidak ada masalah maka ibu hamil boleh menjalankan ibadah puasa.

Namun demikian, jika keadaan ibu hamil kurang mendukung maka diperbolehkan untuk tidak puasa dan mengganti di hari lain. Adapun bagi bu hamil yang berpuasa hendaknya benar-benar memperhatikan menu buka dan sahurnya.

menu-untuk-ibu-hamil-saat-puasa
(foto : pixabay.com)

Menu Wajib Ibu Hamil Saat Puasa


Ibu hamil perlu selalu ingat bahwa janin yang dikandung membutuhkan asupan gizi untuk membantu proses perkembangannya. Jangan sampai janin kekurangan gizi gara-gara Anda memutuskan untuk berpuasa. Apabila janin kekurangan gizi maka perkembangannya tidak dapat berjalan dengan sempurna sehingga memperbesar resiko kelahiran bayi dengan berat badan rendah.

Puasa saat hamil dapat menyebabkan “accelerated starvation” yaitu suatu kondisi dimana hormon pengatur glukosa darah terganggu sehingga kadar glukosa darah dapat menurun sangat drastis. Namun Anda tak perlu takut karena dengan mengatur pola makan yang baik, kondisi ini dapat dihindari.

Lantas, jenis makanan apa saja yang perlu disantap ibu hamil saat buka dan sahur ?  apa saja menu wajib untuk ibu hamil saat berpuasa?

Ketika ibu hamil memutuskan untuk berpuasa maka menu makan yang dihidangkan saat buka dan sahur harus benar-benar memenuhi gizi seimbang. Menu makan bergizi seimbang antara lain adalah menu akan yang mengandung protein, karbohidrat, protein nabati, protein hewani, vitamin, lemak dan mineral.

Sebagai contoh menu buka dan sahur yang bagus adalah nasi, ikan, sayuran hijau, tempe, tahu buah dan dilengkapi dengan susu. Menu empat sehat lima sempurna ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan. Adapun menu wajib bagi ibu hamil saat buka dan sahur antara lain adalah sebagai berikut :

1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan yang perlu disiapkan sebagai menu makan buka dan sahur antara lain adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, vitamin, mineral, lemak dan lainnya.Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain adalah nasi merah, pasta gandum,, roti gandum dan kacang-kacangan. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks membuat ibu hamil tidak mudah lapar.

Menu makanan yang banyak mengandung serat antara lain adalah buah, sayur, gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanan berserat dibutuhkan ibu hamil untuk melancarkan proses pencernaan dan membantu mengatasi sembelit (susah BAB). (Silakan baca : buah berserat tinggi untuk ibu hamil.)

Menu makanan yang mengandung protein antara lain adalah daging, telur, ikan dan aneka macam kacang-kacangan. Peran protein untuk pertumbuhan janin sangat lah besar maka ibu hamil jangan sampai kekurangan asupan protein.

2. Batasi makanan dengan rasa manis

Makanan dan minuman manis memang dapat meningkatkan kadar gula darah yang menurun saat menjalani ibadah puasa, namun selanjutnya kadar gula darah akan turun drastis. Hal ini membuat ibu hamil menjadi mudah lapar dan badan terasa sangat lemas.

Jika Anda termasuk orang yang sudah terbiasa menyantap takjil puasa manis maka sebaiknya ganti takjil dengan buah-buahan manis misalnya kurma karena dapat membantu menambah energi. Selain itu, kandungan serat dalam buah-buahan dapat membantu ibu hamil tidak cepat lapar saat berpuasa.

3. Batasi makan berlemak tinggi

Makanan berlemak tinggi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil seperti gorengan, donat, cake, burger, pizza, kulit ayam, daging berlemak dan lainnya. Sebaiknya ganti makanan tersebut dengan makanan yang mengandung lemak baik seperti kacang, buah alpukat, minyak ikan, keju, ikan dan lain-lain.

4. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium

Selama menjalani ibadah puasa, sebaiknya ibu hamil memperbanyak konsumsi makanan dan minuman berkalisum seperti susu, yoghurt, keju, ikan, sayuran hijau dan lain-lain. Kalsium sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu proses perkembangan tulang dan gigi.

5. Perbanyak minum air putih

Dalam sehari, paling tidak ibu hamil minum sebanyak 1,5 hingga 2 liter untuk mencegah dehidrasi. Minuman berkafein sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena bersifat deuretik yang mengakibatkan frekuensi buang air kecil ibu hamil meningkat hingga membuatnya lebih banyak kehilangan cairan.

Itulah menu wajib untuk ibu hamil saat puasa yang harus Anda persiapkan. Sebelum menjalankan ibadah puasa, sebaiknya konsultasikan kehamilan Anda ke dokter atau bidan. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga kehamilan Anda menyenangkan! Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top