Perbedaan Perut Buncit dan Perut Hamil 1 Bulan Sangat Jelas

Perbedaan perut buncit dan perut hamil - Kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu kehadirannya oleh seorang wanita yang telah bersuami. Pasangan suami istri tentu sangat berharap kehadiran sang buah hati untuk melengkapi kebahagiaan berumah tangga. Sayangnya, banyak kaum wanita yang salah mengenai kehamilan, mereka menyangka bahwa perut buncit dan mual muntah adalah tanda pasti hamil.

Ternyata gejala tersebut tidak selamanya dialami oleh ibu hamil, maka jangan salah! perut buncit dikira sebagai tanda kehamilan. Ternyata perut buncit karena gemuk dan karena kehamilan itu ada perbedaannya.

Untuk itu, kali ini www.tandalagihamil.com akan membahas tentang perbedaan perut buncit dan perut hamil 1 bulan. Perbedaannya apa saja sih ? Silakan simak ulasan berikut ini!

perbedaan-perut-buncit-dan-perut-hamil
(foto : pixabay.com)

Perut Buncit


Perut buncit disebabkan karena adanya penumpukan lemak di bagian perut. Perut buncit akibat penumpukan lemak ini disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan namun tidak dibarengi dengan olahraga yang bisa membakar lemak di bagian perut. Perut buncit memang dapat membuat tak nyaman karena Anda akan terlihat seperti orang hamil. Perut buncit kadang membuat kaum wanita menjadi kurang percaya diri.

Tak hanya mengganggu penampilan, ternyata perut buncit juga tidak baik bagi kesehatan karena bisa memperbesar resiko terkena beberapa macam jenis penyakit seperti sakit jantung, resiko terkena diabetes, gangguan metabolisme tubuh dan naiknya kadar gula darah.

Oleh karena kurang baik bagi kesehatan, sebaiknya Anda berusaha untuk tidak mempunyai perut buncit akibat penumpukan lemak. Di sisi lain, ada beberapa orang yang belum bisa membedakan antara perut buncit karena penumpukan lemak dan perut buncit karena hamil sebab keduanya hampir sama. Perut buncit jelas bukan kehamilan apabila tidak dibarengi dengan tanda-tanda kehamilan. Wanita hamil biasanya menunjukkan beberapa ciri hamil dan perut belum menampakkan perubahan pada usia kehamilan trimester pertama.

Perut Buncit Karena Hamil


Memastikan kehamilan pada usia kehamilan dini memang tidak mudah karena ada beberapa kasus kehamilan yang tidak menunjukkan tanda yang jelas terlihat. Tak heran jika ada beberapa kasus keguguran yang terjadi karena tidak menyadari kalau dirinya lagi hamil. Mereka mengira tidak hamil, hanya dikira sebagai perut buncit biasa.

Anda perlu tahu, apabila perut sudah terlihat membuncit dan dibarengi dengan beberapa tanda kehamilan berarti Anda sedang hamil, bukan perut buncit biasa. Mengetahui kehamilan sejak dini adalah hal penting yang tidak bisa diremehkan karena kehamilan yang sudah diketahui sejak awal bisa mendapat perhatian lebih khusus sehingga janin mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk menunjang perkembangannya. (baca : tanda hamil 1 minggu setelah berhub#ngan)

Perbedaan Perut Buncit dan Hamil 1 Bulan


Meskipun sulit untuk mendeteksi kehamilan trimester pertama, namun di sini akan kami sampaikan beberapa tips untuk membedakan perut buncit dan perut hamil 1 bulan. Di bawah ini adalah beberapa pertanda perut buncit yang disebabkan karena kehamilan :

1. Mudah capek

Sebagai salah satu pertanda seorang wanita sedang hamil adalah mudah lelah. Kenapa hal ini bisa terjadi ? karena perubahan hormon ibu hamil muda membuat beberapa 0rgan tubuh bekerja lebih keras. Rasa letih dan lelah yang Anda rasakan saat hamil muda sangat jauh berbeda dengan keadaan sebelum hamil. Mungkin Anda akan merasakan kelelahan yang teramat sangat, bahkan hanya berjalan beberapa meter saja napas sudah terengah-engah. Keadaan ini tentu dibarengi dengan tan-tanda kehamilan yang lain.

2. Muncul tanda-tanda kehamilan

Cara untuk mengetahui perbedaan perut buncit dan perut hamil yang selanjutnya adalah dengan melihat tanda hamil. Apabila Anda sedang hamil, tentu akan terlihat beberapa tanda kehamilan seperti :




3. Kondisi perut

Perbedaan perut buncit dan hamil muda yang berikutnya bisa dilihat dari kondisi perut. beberapa ibu hamil tidak mengalami perubahan perut di usia kehamilan trimester pertama, tapi ada juga yang sudah mengalami perubahan perut di awal kehamilan. Apabila Anda sedang hamil maka perut buncit Anda akan terasa keras dan kencang.

Namun apabila perut Anda terlihat berlipat dan bergelambir saat duduk berarti itu menunjukkan perut buncit karena penumpukan lemak, bukan hamil. Silakan Anda lihat perut Anda sekarang, kalau ternyata keras dan kencang dan dibarengi dengan tanda kehamilan yang lain silakan lakukan tes kehamilan untuk memastikan.

4. Suka mengelus-elus perut

Apabila Anda sedang mengandung biasanya cenderung suka untuk mengelus perut dan sesekali memegang bagian punggung. Hal itu muncul secara alami sebagai naluri dari wanita hamil. Apabila Anda sering melakukan hal itu, kemungkinan besar Anda sedang hamil, silakan lakukan tes kehamilan jika memang ada gejala kehamilan yang lain. Bila perlu segera periksa ke dokter untuk memastikan kehamilan karena kehamilan yang sudah terdeteksi sejak dini akan lebih baik daripada yang tidak disadari keberadaannya.

5. Sembelit

Apabila Anda sedang hamil maka jangan kaget kalau sering mengalami sembelit (susah BAB). Sembelit saat hamil disebabkan karena peningkatan produksi hormon progesteron yang mengakibatkan otot dinding usus dan otot rahim mengendur. Hal itulah yang membuat ibu hamil sering mengalami sembelit sejak awal masa kehamilan.

6. Terjadi perubahan bentuk tubuh

Apabila seorang wanita sedang hamil maka bentuk tubuh pasti mengalami perubahan. Apabila Anda memiliki bentuk tubuh gemuk, rasanya sulit untuk membedakan hamil dan tidak karena sangat mirip. Adapun wanita yang punya postur tubuh langsing, kehamilan akan dibarengi dengan beberapa perubahan bentuk tubuh seperti bagian paha, pinggul, lengan dan bok0ng. Selain itu, payudar* ibu hamil juga mengalami perubahan, yaitu terlihat membesar dan semakin sensitif terhadap sentuhan.

7. Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu

Kehamilan kadang dibarengi dengan rasa sakit di beberapa bagian tubuh. Rasa sakit yang dimaksud di sini adalah rasa nyeri atau pegal di bagian punggung yang datang tiba-tiba padahal tidak habis melakukan aktivitas berat. Beberapa ibu hamil juga mengalami sakit kepala / pusing dan perut kembung. (baca : pusing tanda hamil seperti apa ?)

Itulah perbedaan perut buncit dan perut hamil 1 bulan yang bisa dikenali dengan jelas. Intinya, jika perut buncit disebabkan karena kehamilan pasti akan ada tanda hamil muda yang mulai muncul. Sedangkan perut buncit karena penumpukan lemak tidak akan dibarengi dengan tanda-tanda kehamilan. Sekian, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top