Suplemen Penting untuk Ibu Hamil Selama Puasa

Suplemen penting untuk ibu hamil selama puasa - Beberapa wanita hamil diperbolehkan untuk menjalani ibadah puasa, tergantung kesehatan tubuh ibu hamil itu sendiri. Namun demikian, ibu hamil harus tetap memperhatikan asupan nutrisi harian agar kehamilan tidak bermasalah. Sangat tidak diharapkan jika puasa mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Untuk itu, dibutuhkan suplemen untuk ibu hamil selama puasa.

Apakah wanita hamil perlu mengkonsumsi suplemen selama menjalani ibadah puasa ?

Ibu hamil yang sudah cukup mendapat asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi mungkin tidak membutuhkan suplemen. Beberapa makanan yang mampu menyumbangkan nutrisi seimbang bagi ibu hamil antara lain adalah nasi, sayur, ikan, daging, sayur, buah dan susu atau sering disebut dengan menu makan empat sehat lima sempurna.

suplemen-ibu-hamil-saat-puasa
Ilustrasi suplemen ibu hamil saat puasa (foto : pixabay.com)

Konsumsi beragam makanan bergizi mungkin sulit untuk dilakukan oleh ibu hamil karena waktu untuk makan dan minum cukup terbatas. Untuk itu, perlu kiranya bagi ibu hamil yang berpuasa untuk mengkonsumsi suplemen tambahan guna membantu mencukupi kebutuhan nutrisi selama berpuasa. Untuk lebih jelasnya silakan simak penjelasan berikut ini!

Suplemen untuk Ibu Hamil Selama Puasa


Mengenai suplemen yang perlu Anda konsumsi selama berpuasa, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter terkait dengan kebutuhan vitamin Anda saat ini. Ingat! suplemen hanyalah sebagai pelengkap dan tidak bisa menggantikan makanan. Anda harus tetap berusaha untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi selama menjalani ibadah puasa.

Suplemen apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil saat puasa ?


Ada banyak nutrisi yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil saat menjalani puasa demi mendukung perkembangan janin. Beberapa suplemen untuk ibu hamil saat puasa antara lain adalah sebagai berikut :

1. Asam folat


Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama saat usia kehamilan muda. Asam folat dibutuhkan oleh janin untuk membantu pembelahan sel dan pembentukan 0rgan tubuh.

Apabila ibu hamil kurang mendapat asupan asam folat maka akan memperbesar resiko bayi terlahir cacat tabung syaraf dimana otak dan sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan normal. Kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami anemia (kurang darah).

Ibu hamil dianjurkan untuk mendapatkan asupan asam folat sebanyak 600 mikrogram dalam setiap harinya. Untuk mendapatkan asupan asam folat ibu hamil bisa mengkonsumsi beberapa sayuran dan buah seperti bayam, asparagus, brokoli, alpukat, jeruk dan selengkapnya silakan baca makanan yang mengandung asam folat tinggi.

2. Zat besi


Selama menjalani kehamilan ibu hamil membutuhkan asupan zat besi yang lebih banyak, apalagi saat sedang puasa. Hal ini disebabkan karena selama hamil volume darah bertambah guna mendukung perkembangan janin dan perubahan tubuh ibu. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, silakan baca makanan penambah darah ibu hamil.

Namun demikian, ada beberapa ibu hamil yang tetap memerlukan suplemen zat besi meski sudah mengkonsumsi makanan kaya zat besi. Zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah 26 hingga 39 mg per hari. Semakin bertambah usia kehamilan, kebutuhan zat besi juga semakin meningkat. Jika ibu hamil kekurangan zat besi maka akan mengalami anemia.

3. Kalsium


Ibu hamil membutuhkan asupan kalsium sekitar 1300 mg per hari. Oleh karena membutuhkan banyak asupan kalsium maka beberapa ibu hamil membutuhkan suplemen tambahan, apalagi ketika sedang menjalani ibadah puasa.

Kebutuhan kalsium ibu hamil mengalami peningkatan karena janin membutuhkan kalsium untuk membangun tulang, otot dan struktur syaraf. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan atau minuman tinggi kalsium. Apabila ibu hamil tidak bisa mencukupi kebutuhan kalsium, langkah baiknya mengkonsumsi suplemen kalsium dengan resep dokter.

Itulah suplemen penting untuk ibu hamil selama puasa yang dapat kami sampaikan. Semoga kehamilan Anda tidak ada masalah sehingga puasa tahun ini dapat berjalan lancar. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top