Tanda Hamil Pasti dan Tidak Pasti, Perempuan Wajib Tahu !

Sudah sepantasnya setiap wanita tahu tentang tanda hamil pasti dan tidak pasti. Kenapa demikian ? karena dengan mengetahui kehamilan sejak dini, kehamilannya akan segera dirawat dengan baik hingga akhirnya berjalan dengan baik dan tidak banyak masalah. Sebaliknya, kehamilan yang tidak disadari sejak awal memungkinkan ibu hamil untuk melakukan aktivitas yang membahayakan kehamilan.

Apabila ibu hamil sering melakukan aktivitas yang membahayakan kehamilan, masalah kehamilan bisa saja terjadi bahkan bisa menyebabkan terjadinya keguguran.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi tentang tanda hamil pasti dan informasi pelengkap tentang tanda hamil muda. Silakan simak ulasannya berikut ini.

tanda-hamil-pasti
(foto : pixabay.com)

Tanda Hamil Pasti


Ada beberapa hal yang menunjukkan adanya kehamilan secara pasti. Berikut adalah tanda hamil pasti yang wajib Anda ketahui :

1. Ada gerakan janin

Tanda pasti hamil yang petama adalah adanya gerakan janin. Untuk mengetahui adanya gerakan janin bisa dilakukan dengan cara peeriksaan USG ke rumah sakit, dokter kandungan dan bidan.

Dokter dan bidan bisa memprediksi gerakan janin normal dan tidak normal sehingga bisa diketahui apakah kehamilan Anda sehat atau tidak. Jadi, periksa dengan alat USG tidak hanya untuk melihat jenis kelam!n janin, tapi juga bisa untuk melihat kondisi kesehatan janin dalam kandungan.

2. Detak jantung janin

Selain ada gerakan janin, detak jantung janin pun juga sebagai tanda hamil pasti. Untuk mendeteksi detak jantung janin, dokter dan bidan biasa menggunakan alat stetoskop leanec, alat kardiotokografi dan alat dopler. Selain itu, detak jantung janin juga bisa terdeteksi dengan menggunakan ultrasonografi.

Tanda Hamil tidak Pasti


Selain tanda hamil pasti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tanda kehamilan yang sudah mulai muncul di awal masa kehamilan. Gejala ini disebut dengan gejala hamil tidak pasti karena terkadang disebabkan karena selain kehamilan. Adapun tanda kehamilan tidak pasti antara lain adalah sebagai berikut :

1. Muncul bercak darah

Bercak darah tanda kehamilan biasanya mulai muncul di awal masa kehamilan, yaitu hari ke 8 hingga ke 10 setelah terjadinya pembuahan. Bercak darah tanda kehamilan ini disebabkan karena proses implantasi (menempelnya bakal janin pada dinding rahim). Beberapa orang mengira bercak darah ini sebagai darah menstruasi.

Keluarnya bercak darah di awal masa kehamilan biasanya dibarengi dengan kram perut ringan. Kram perut ringan ini akan terus terjadi hingga akhir usia kehamilan trimester pertama. Untuk lebih jelasnya silakan baca kram perut di awal kehamilan, wajarkah ?

2. Mual dan muntah

Hampir semua wanita hamil mengalami mual dan muntah di awal masa kehamilannya. Keadaan ini dipicu karena perubahan hormon sejak awal masa kehamilan. Peningkatan hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) ibu hamil terjadi pada darah dan air kencing sehingga salah satu cara untuk mendeteksi kehamilan adalah dengan melakukan tes darah dan atau tes urine.

Peningkatan hormon di awal kehamilan menimbulkan beberapa efek yang membuat tidak nyaman, salah satunya adalah mual disertai dengan muntah. Mual muntah umumnya akan sembuh dengan sendirinya setelah memasuki usia kehamilan trimester kedua.

Mual muntah kehamilan biasa muncul di pagi hari sehingga diistilahkan dengan morning sickness. Namun demikian, kenyataannya tidak semua wanita hamil merasa mual hanya di pagi hari saja.

3. Sering kencing

Wanita yang sedang hamil biasanya mengalami peningkatan frekuensi bang air kecil. Seiring perkembangan janin dalam kandungan, ibu hamil akan semakin sering kencing. Inilah salah satu tanda hamil tidak pasti yang sungguh mengganggu kenyamanan. Untuk menyikapi gejala kehamilan ini, Anda bisa menerapkan cara alami sebagaimana yang telah kami sampaikan pada artikel berjudul sering buang air kecil saat hamil, begini cara mengatasinya!

4. Pusing

Di awal masa kehamilan, ibu hamil sering merasakan pusing yang tidak seperti biasa. Pusing tidak selamanya disebabkan karena kehamilan, bisa jadi karena gangguan kesehatan. Untuk mengenali apakah pusing yang Anda alami termasuk tanda hamil atau bukan, silakan baca penjelasannya pada artikel berjudul pusing tanda hamil seperti apa ?

5. Lelah

Perubahan hormonal saat hamil muda menyebabkan beberapa 0rgan tubuh bekerja lebih keras seperti jantung, paru-paru dan ginjal. Hal inilah yang membuat ibu hamil muda sering merasa lelah meski tidak habis melakukan aktivitas berat. Kelelahan tidak selamanya disebabkan karena kehamilan sehingga kondisi ini masuk dalam kategori tanda hamil tidak pasti.

Selain 5 tanda hamil tidak pasti tersebut, masih ada beberapa gejala dan tanda hamil muda yang lain seperti telat datang bulan, sembelit (susah BAB), keputihan, perubahan payud@ra dan lain-lain.

Sekian pembahasan tentang tanda hamil pasti dan tidak pasti yang dapat kami tulis. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat, SALAM.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top