Tips Kebiasaan Agar Ibu Hamil Sehat dan Bugar Ketika Berpuasa

Tips dan kebiasaan agar ibu hamil sehat ketika puasa - Saat menjalani bulan ramadan tiba, banyak ibu hamil yang merasa ragu untuk menjalankan ibadah puasa. Hal itu disebabkan karena hati merasa khawatir jangan-jangan janin terhambat perkembangannya gara-gara di siang hari ibu hamil tidak mendapatkan asupan makanan.

Padahal sebenarnya, puasa bagi ibu hamil itu justru dapat menyumbangkan beberapa manfaat. Info selengkapnya bisa Anda baca pada artikel berjudul manfaat puasa bagi ibu hamil.

Saat mengerjakan puasa, ibu hamil punya dua tanggung jawab yaitu menjaga kesehatan dirinya sendiri dan menjaga kesehatan janin yang dikandungnya. Nah, agar ibu hamil senantiasa sehat dan bugar saat menjalani ibadah puasa maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Silakan simak penjelasan di bawah ini!

tips-agar -ibu-hamil-sehat-ketika-berpuasa
(foto : pixabay.com)

Tips Agar Ibu Hamil Sehat dan Bugar saat Puasa


Ada beberapa kebiasaan yang hendaknya selalu diperhatikan oleh ibu hamil ketika menjalani ibadah puasa. Dengan memperhatikan hal ini diharapkan kehamilan berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan.

1. Selalu konsumsi makanan sehat

Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan sehat guna menjaga kesehatan tubuh. Saat menjalani ibadah puasa, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi.

Jika ibu hamil tercukupi kebutuhan nutrisinya maka janin akan mendapat dampak positif. Terutama saat sahur, ibu hamil harus benar-benar mempersiapkan menu makanan yang sehat dan menggugah selera. Beberapa nutrisi yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil adalah protein, karbohidrat kompleks dan lemak. Sayur dan buah sangat penting untuk dikonsumsi, pasalnya kedua bahan pangan ini banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Silakan baca tips sahur saat hamil muda.

2. Hindari menu buka terlalu manis

Buka degan minuman manis memang sangat menyegarkan, namun ibu hamil perlu waspada karena asupan gula berlebihan bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Jika kebiasaan terlalu banyak mengkonsumsi manis saat buka dilakukan terus terusan di bulan ramadan maka bisa menjadi pemicu masalah kehamilan.

Untuk itu, ketika buka puasa sebaiknya jangan membuat makanan dan minuman terlalu manis dan mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih. Apabila Anda ingin mengkonsumsi makanan manis, buah kurma bisa Anda jadikan sebagai pilihan yang tepat karena manfaat buah kurma bagi ibu hamil cukup banyak. Silakan baca manfaat kurma bagi ibu hamil dan janin.

3. Minum air putih cukup

Ibu hamil jangan sampai kekurangan cairan (dehidrasi) gara-gara berpuasa karena dehidrasi bisa menyebabkan masalah kehamilan yang tidak bisa dianggap sepele. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat hamil, Anda perlu banyak minum air putih.

Adapun cara yang dianjurkan untuk minum air putih adalah dengan tidak meminumnya secara sekaligus, beri jangka waktu untuk minum air putih. Apabila Anda banyak minum air putih secara langsung maka bisa menyebabkan perut kembung, perut begah dan kondisi lain yang menyebabkan kehamilan tidak nyaman.

4. Istirahat cukup

Ketika berpuasa, ibu hamil perlu istirahat cukup dan mengurangi berbagai macam kegiatan yang terlalu padat, terutama ibu hamil muda. Sebagaimana kita ketahui, ibu hamil muda sering merasa kelelahan karena perubahan hormonal. Apalagi saat berpuasa, ketika ibu hamil tidak mendapatkan cukup istirahat maka badan menjadi sangat lelah.

5. Minum susu ibu hamil

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi enggan menu makan empat sehat, ibu hamil perlu mengkonsumsi susu khusus ibu hamil guna mencukupi asupan kalsium. Silakan minum susu saat sahur dengan tidak mengesampingkan menu makan sahur yang lain. Adapun susu yang baik untuk ibu hamil bisa anda baca pada artikel berjudul susu ibu hamil yang bagus.

6. Jangan stress

ketika berpuasa, hendaknya ibu hamil menghindari stress. Seberapa pun beratnya beban masalah Anda, silakan hadapi dengan kepala dingin sehingga tidak membuat stress. Apabila kondisi kejiwaan ibu hamil terganggu maka janin dalam kandungan juga ikut mendapat dampak negatifnya. Silakan baca akibat stress pada ibu hamil dan janin.

7. Olahraga rutin

Beberapa orang menganggap olahraga saat hamil itu berbahaya padahal sebenarnya olahraga sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk melancarkan peredaran darah. Tidak semua jenis olahraga aman bagi wanita hamil, hanya olahraga ringan saja yang dianjurkan bagi ibu hamil. Apalagi saat ibu hamil sedang berpuasa, kalau tenaga terlalu terporsir justru membuat badan tidak nyaman.

Demikian tips agar ibu hamil sehat dan bugar ketika berpuasa. Semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top