Tips Sahur Saat Hamil Muda Agar Tidak Mual dan Muntah

Tips sahur ibu hamil - Pada dasarnya puasa di bulan suci ramadan boleh dilakukan oleh ibu hamil selama tidak mengganggu kesehatan janin dalam kandungan. Untuk memastikan apakah kondisi kehamilan Anda aman untuk menjalani ibadah puasa, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum puasa tiba.

Meskipun peraturan agama memberi kelonggaran bagi ibu hamil untuk tidak berpuasa jika khawatir dapat mengganggu kesehatan janinnya, namun kebanyakan kaum muslimah tetap menjalankan ibadah puasa meski sedang hamil. (silakan baca : tidak puasa karena hamil, bolehkah ?)

Pada usia kehamilan trimester pertama biasanya ibu hamil mengalami kondisi yang membuat dirinya tidak nyaman seperti mual, muntah, badan lelah dan pusing-pusing. Apabila nekat untuk berpuasa bisa jadi kondisi ini akan semakin parah, untuk itu konsultasi dulu ke dokter sebelum menjalankan ibadah puasa.

tips-sahur-ibu-hamil
(foto : pixabay.com)

Tips Sahur Saat Hamil Muda


Ketika Anda telah berkonsultasi kepada dokter lantas dokter memperbolehkan Anda untuk berpuasa maka Anda harus menjaga asupan nutrisi selama berpuasa agar tidak terjadi masalah kehamilan yang merugikan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa waktu yang bisa digunakan untuk mendapat asupan nutrisi saat berpuasa adalah ketika buka dan sahur. Ibu hamil tidak boleh melewatkan kedua waktu tersebut untuk mendapat asupan nutrisi.

Dari segi kualitas dan kuantitas menu buka dan sahur harus benar-benar diperhatikan sepanjang hari selama satu bulan penuh. Terutama saat makan sahur, biasanya kita masih malas makan karena baru saja bangun tidur.

Untuk itu, ibu hamil perlu mempersiapkan menu sahur yang bergizi dan mampu menggugah selera makan. Anda bisa menerapkan tips sahur untuk ibu hamil muda berikut ini :

1. Menu sahur mengandung karbohidrat komplek


Pastikan menu makan sahur Anda mengandung karbohidrat komplek karena dapat membantu anda untuk awet kenyang sehingga puasa bisa dilaksanakan dengan lebih nyaman.

Adapun makanan sumber karbohidrat komplek antara lain adalah jagung, singkong, pasta, kentang, ubi, nasi merah, sareal dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat bukan berarti Anda harus memaksa diri untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan berkarbohidrat tapi bisa disiasati dengan mengkonsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan karbohidrat.

2. Menu sahur dari sayuran


Sayuran tidak boleh ditinggalkan sebagai menu sahur ibu hamil karena  sayur sangat berperan untuk menyumbangkan asupan nutrisi pada kehamilan. Sayuran banyak mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin. Agar tidak mudah bosan, Anda bisa memasak sayur dengan model berbeda-beda sesuai dengan selera.

3. Menu sahur berprotein


Anda bisa mendapatkan menu sahur ibu hamil berprotein dari beberapa sumber makanan seperti daging unggas, ikan, dan daging merah. Silakan pilih daging rendah lemak karena lebih aman bagi kesehatan. Selain protein hewani, ibu hamil juga perlu mendapatkan asupan protein nabati dari beberapa jenis makanan seperti tahu, tempe, aneka macam kacang dan lain-lain. (silakan baca : manfaat tahu untuk ibu hamil)

4. Buah

Sebagai penutup makan sahur, Anda bisa mengkonsumsi buah segar karena buah segar mengandung beraneka ragam nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Buah yang mengandung serat sangat dianjurkan untuk menu sahur ibu hamil karena dapat mengatasi masalah sembelit (susah buang air besar) yang biasanya sering dialami oleh orang yang berpuasa.

5. Minum susu

Susu adalah minuman yang banyak mengandung nutrisi sehingga sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Kalsium yang terdapat dalam susu kehamilan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil serta membantu perkembangan tulang dan gigi janin. Adapun susu yang baik untuk ibu hamil bisa Anda baca pada artikel berjudul susu ibu hamil muda yang bagus.

6. Hindari makanan berbau menyengat

Makanan berbau menyengat sangat tidak cocok sebagai menu sahur ibu hamil muda karena dapat meningkatkan rasa mual dan ingin muntah. Tak hanya bau makanan, segala macam aroma menyengat seperti aroma parfum dan bau asap rokok juga dapat memicu mual muntah saat hamil muda.

7. Hindari makanan terlalu asin

Makanan terlalu asin dapat membuat perut cepat merasa lapar pada siang hari. Untuk itu, hindari makanan dengan kadar garam tinggi saat sahur. Selain merang$ang rasa lapar, makanan asin juga kurang baik bagi kesehatan yaitu dapat memicu hipertensi (tekanan darah tinggi).

Demikian tips sahur berkualitas saat hamil muda yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan singkat ini dapat menambah pencerahan bagi ibu hamil dalam menjaga kehamilan tetap sehat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top