Tips Sehat Ibu Hamil Muda Praktis dan Manjur

Tips sehat ibu hamil muda - Pada saat awal kehamilan (hamil muda), banyak ibu hamil yang bingung dengan beberapa perubahan yang terjadi pada dirinya. Perubahan fisik dan psikis mulai muncul setelah terjadinya pembuahan yang disebabkan karena perubahan hormonal. Perubahan tersebut sering disebut dengan tanda-tanda hamil muda.

Setelah kemailan terwujud, hal yang wajib dilakuakn oleh ibu hamil adalah menjaga dan merawat kehamialn dengan baik agar tidak sampai terjadi masalah kehamilan serius.

Untuk itu, penting kiranya bagi ibu hamil untuk menerapkan tips sehat ibu hamil sebagaimana yang disarankan oleh dokter atau bidan. Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga kehamilan, yang penting antara suami dan istri bisa kompak.

tips-sehat-ibu-hamil-muda
(foto : pixabay.com)

Tips Sehat Ibu Hamil Muda


Sebagaimana kita ketahui bahwa saat hamil muda banyak terjadi beberapa keluhan kehamilan seperti mual muntah, kepala pusing, lemas, lelah dan lain-lain. Semua keluhan itu termasuk gejala hamil normal yang tidak perlu ditakuti. Nah, untuk mendapatkan kehamilan yang sehat silakan lakukan tips sehat ibu hamil muda berikut ini :

1. Atasi keluhan hamil muda

Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa ibu hamil muda umumnya menjumpai berbagai macam keluhan kehamilan yang membuat dirinya tidak nyaman. Salah satu keluhan yang sangat mengganggu kenyamanan adalah mual muntah yang biasanya menjadi lebih parah ketika mencium aroma menyengat seperti aroma makanan, asap rokok dan bau parfum.

Untuk meringankan mual dan muntah saat hamil muda, Anda bisa menerapkan pola makan sedikit tapi sering, perbanyak minum air putih dan bila perlu minum wedang jahe hangat. Selengkapnya bisa Anda baca artikel berjudul cara mengatasi mual saat hamil muda.

Sedangkan untuk mengatasi lemas saat hamil muda, Anda bisa memperbanyak istirahat serta banyak mengkonsumsi makanan tinggi protein dan zat besi. Untuk mengatasi susah BAB, silakan perbanyak minum air putih, kurangi makan gorengan dan perbanyak makanan tinggi serta.

Di saat hamil muda biasanya frekuensi buang air kecil meningkat sehingga dapat memicu infeksi saluran kemih. Untuk mengurangi frekuensi berkemih di waktu malam, sebaiknya tidak banyak minum di sore hari.

2. Jangan merokok, minum minuman beralkohol dan berkafein

Merokok adalah aktivitas tidak sehat yang bisa memicu terjadinya keguguran, kelahiran prematur dan masalah plasenta. Informasi lebih detil tentang bahaya asap rokok silakan baca artikel berjudul bahaya asap rokok bagi ibu hamil.

Tips sehat ibu hamil muda tidak hanya menghindari rokok tapi juga perlu menghindari minuman beralkohol dan minuman berkafein. Minuman berkafein sebenarnya bukan pantangan mutlak bagi ibu hamil tapi sebaiknya dihindari atau dibatasi.

3. Kendalikan emosi

Pada saat hamil muda biasanya ibu hamil mengalami perubahan suasana hati yang begitu cepat. Perasaan gembira, semangat, susah, lelah dan gelisah mudah datang dan mudah pergi.

Perubahan mood adalah hal yang wajar dialami oleh semua ibu hamil, Anda tidak perlu menyalahkan diri sendiri. Perubahan mood terjadi karena adanya perubahan hormon setelah terjadinya pembuahan.

4. Eratkan hub*ngan dengan suami

Kehamilan bukan penghalang bagi pasangan suami istri untuk lebih dekat. Justru sebaliknya, kehamilan merupakan moment tepat bagi pasangan suami istri untuk tambah erat. Jika Anda memerlukan sesuatu, katakanlah kepada suami tanpa sungkan. Di sisi lain, suami juga harus memperhatikan kebutuhan istri selama menjalani kehamilan. Silakan baca perhatian suami saat istri hamil, pentingkah ?

5. Waspada terhadap tanda bahaya kehamilan

Apabila Anda mencurigai ada tanda bahaya kehamilan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Beberapa tanda bahaya kehamilan yang mudah dikenali diantaranya adalah pendarahan hebat, kram perut parah dan selengkapnya bisa Anda baca tanda bahaya kehamilan.

6. Rutin periksa kehamilan

Selama menjalani kehamilan sebaiknya Anda periksakan kehamilan secara rutin dan teratur. Ketika tanda kehamilan telah terlihat, jangan tunda untuk periksa ke dokter atau bidan. Pada saat pemeriksaan pertama sebaikanya berikan informasi seakurat mungkin ke dokter atau bidan, jangan malu untuk mengatakan yang sebenarnya karena informasi itu sangat penting untuk diketahui dokter/bidan.

Itulah 6 tips sehat ibu hamil muda yang dapat kami sampaikan. Semoga tulisan sederhana ini bisa menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top