Tips untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas, Jangan Sampai Ketinggalan!

Tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas - Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Tak hanya makanan, kebiasaan dan gaya hidup ibu hamil juga berpengaruh terhadap perkembangan janin. Untuk mendapatkan kehamilan yang lancar dan bayi cerdas, Anda perlu menerapkan tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas.

Sebagaimana dilansir motherandbaby.co.uk, penulis buku The Better Baby Book, Dr Lana Asprey menjelaskan bahwa gen yang diwariskan oleh orang tua sangat berpengaruh pada kepribadian dan kecerdasan anak.

Namun demikian, gaya hidup yang sehat sangat berpengaruh pada gen agar bisa terprogram dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan IQ seseorang 50 persen dipengaruhi oleh faktor keturunan dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

tips-untuk-ibu-hamil-agar-bayi-cerdas
(foto : pixabay.com)

Tips untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas


Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mendapatkan bayi yang cerdas. Tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas itu sebenarnya sangat sederhana, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kebiasaan mendongeng

Kemampuan anak dalam berbahasa sudah dimulai sejak di dalam kandungan. Pada usia kehamilan trimester ketiga, janin sudah bisa merekam suara yang ia dengar. Untuk itu, luangkan waktu untuk mendongeng untuk kepada janin secara rutin dan teratur. Dengan melakukan langkah ini berarti Anda membantu anak dalam hal berbahasa agar berjalan dengan lancar.

2. Olahraga rutin

Rajin berolahraga selama menjalani kehamilan akan memberikan dampak baik pada janin. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk rutin berolahraga secara rutin dengan tetap mempertimbangkan kondisi kehamilannya. Adapun olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil bisa Anda baca olahraga sehat untuk ibu hamil.

Ketika ibu hamil berolahraga maka keluarlah hormon yang menghadirkan perasaan senang hingga 8 jam. Olahraga juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga perkembangan janin berjalan lancar.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa berolahraga dapat meningkatkan neuron pada hipokampus bayi. Hipokampus adalah bagian sistem limbik yang memiliki peran dalam kegiatan mengingat serta navigasi ruangan.

3. Berjemur di pagi hari

Luangkan waktu kurang lebih 20 menit untuk berjemur di pagi hari guna mendapatkan jantung dan tulang yang sehat. Sinar matahari pagi diperlukan oleh ibu hamil untuk mendapatkan asupan vitamin D dan mencegah terjadinya kekurangan vitamin D. Vitamin D mempunyai peranan sangat penting bagi ibu hamil, selengkapnya bisa Anda baca pentingnya vitamin D untuk ibu hamil.

4. Pijatan lembut di perut

Ketika kehamilan sudah berumur 20 minggu ke atas, janin sudah mampu merasakan sentuhan tangan sang ibu. Untuk itu, coba elus, sentuh dan atau pijat lembut perut anda agar janin merasa nyaman. Ingat! Anda hanya perlu memijat lembut saja, jangan terlalu keras. Anda juga bisa menyuruh sang suami untuk mengelus perut Anda.

5. Ajak ngobrol

Pada usia kehamilan 16 minggu ke atas, janin sudah bisa mendengar suara dari luar dan saat usia kehamilan sudah masuk 27 minggu organ pendengaran janin sudah terbentuk sangat baik. Salah satu tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas adalah dengan menganjak ngobrol secara rutin, baik dilakukan oleh ibu hamil atau sang suami.

6. Konsumsi makanan bervariasi

Indra pengecap janin sudah mulai berkembang dengan baik pada usia kehamilan 20 minggu. Janin menyerap kurang lebih 2 liter air ketuban dalam setiap harinya serta ikut merasakan makanan yang dinikmati oleh sang ibu. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil serta berbagai variasinya.

7. Dengarkan lantunan ayat suci Al-Quran

Dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran janin akan merasa lebih tenang dan bahagia. Hal itu lah yang akhirnya dapat meningkatkan kecerdasan janin kelak setelah dilahirkan. Tak hanya untuk ibu hamil, lantunan ayat suci Al-Quran juga dapat menenangkan hati siapa saja yang mau mendengarkan.

Itulah beberapa tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas yang dapat kami sampaikan. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top