Cara Menghitung Usia Kehamilan Jika Lupa HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir)

Ketika test pack menunjukkan positif hamil lalu bagaimana cara menghitung usia kehamilan jika lupa HTHP ? Banyak kaum wanita yang tidak mengingat-ingat kapan tanggal pertama haid terakhir karena tanggal datang bulan itu selalu berubah tiap bulannya. Sebagaimana kita ketahui, untuk mengetahui HPL (Hari Perkiraan Lahir) diperlukan informasi tentang HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir).

Apabila  Anda sudah mengetahui hari pertama haid terakhir, maka Anda bisa menghitung sendiri usia kehamilan Anda secara manual. Jika belum tahu cara menghitung umur kehamilan secara manual, silakan baca : cara menghitung usia kehamilan secara manual dengan HPHT.

Lantas bagaimana jika Anda positif hamil tapi lupa HPHT ? bagaimana cara mengetahui usia kehamilan padahal lupa haid terakhir ? Silakan lanjut membaca untuk mendapatkan informasi tentang rumus usia kehamilan jika HPHT lupa.

cara-menghitung-usia-kehamilan
(foto : pixabay.com)

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Lupa HPHT


Untuk mengetahui umur kehamilan padahal lupa kapan haid terakhir maka bidan atau dokter akan melakukan Palpasi abdomen dan atau pemeriksaan USG gua mengetahui kapan hari perkiraan lahir. Berikut penjelasannya :

1. Mengetahui usia kehamilan dengan Palpasi Abdominal (Leopold)


Menghitung usia kehamilan dengan cara ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh tenaga ahli seperti Bidan karena metode ini ada patokannya.

Cara menghitung kehamilan dengan cara ini cukup akurat untuk mengetahui umur kehamilan karena ditentukan berdasarkan tinggi fundus uteri. Oleh karena tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, lebih baik anda langsung datang ke bidan untuk mengetahui usia kehamilan jika lupa HPHT. Bidan akan segera melakukan cara ini untuk mengetahui usia kehamilan.

2. Dengan USG (Ultrasonography)


Cara kedua untuk mengetahui usia kehamilan jika lupa haid terakhir adalah dengan menggunakan bantuan alat USG. Sama dengan metode yang pertama, cara ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, hanya tenaga ahli yang bisa melakukannya.

Apabila Anda pernah melakukan USG pada usia kehamilan trimester pertama maka Dokter akan memberikan informasi terkait umur kehamilan. Hasil pemeriksaan USG ini cukup akurat daripada pemeriksaan yang lain.

Dengan bantuan alat USG, tidak hanya usia kehamilan yang bisa diketahui tapi informasi terkait dengan kondisi janin bisa dilihat dengan jelas. Apabila USG dilakukan pada usia kehamilan trimester kedua maka bentuk janin sudah jelas terlihat bahkan jenis kelam!n janin sudah bisa diketahui.

Baca juga : USG janin laki-laki seperti apa ?

Entah dengan metode Palpasi Abdominal (Leopold) maupun dengan USG tujuannya adalah sama, yaitu untuk mengetahui perkiraan usia kehamilan. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui kapan hari perkiraan lahir sang buah hati.

Hari perkiraan lahir (HPL) penting untuk diketahui setiap ibu hamil guna mempersiapkan persalinan. Hal yang perlu diwaspadai adalah ketika bayi tidak segera lahir setelah HPL tiba.

Demikian informasi terkait cara menghitung usia kehamilan jika lupa HPHT. Intinya, segera sampaikan ke dokter atau bidan jika Anda lupa kapan haid terakhir sehingga dokter atau bidan akan segera melakukan pemeriksaan terkait usia kehamilan Anda.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top