Hal yang Boleh Dilakukan dan Harus Dihindari Saat Hamil Muda

Ketika hamil muda, banyak terjadi pertumbuhan permulaan janin dalam kandungan yang bisa memutuskan pertumbuhan dan perkembangan berikutnya. Hal ini membuat ibu hamil seharusnya memberikan perhatian ekstra pada kehamilan. Orang di sekitar mungkin juga akan membantu untuk menjaga kehamilan Anda, dengan memberi rekomendasi untuk melaksanakan bermacam hal atau mungkin melarang Anda melaksanakan ini-itu sebab cemas bisa berbahaya bayi dalam kandungan Anda. Nah, sebetulnya apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan saat ibu hamil muda itu?

Hal yang Boleh Dilaksanakan Ketika Ibu Hamil Muda

hal-yang-boleh-dilakukan-dan-dihindari-ibu-hamil
(foto : pixabay.com)

1. Penuhi keperluan nutrisi penting

Ketika hamil muda, terjadi banyak perkembangan janin dalam kandungan. Untuk mendukung pertumbuhan janin, Anda perlu memenuhi keperluan zat-zat nutrisi penting, seperti asam folat, zat besi, kalsium, serat dan seng. Sebaiknya Anda penuhi keperluan asam folat selama hamil sebesar 600 mikrogram, terlebih lagi  saat usia kandungan trimester pertama. Asam folat betul-betul diperlukan dalam penyusunan permulaan otak dan sumsum tulang belakang bayi dalam kandungan.

Tak hanya itu, penuhi juga keperluan kalsium sebanyak 1200 mg. Ini penting untuk penyusunan tulang dan gigi sang buah hati. Penuhi juga keperluan zat besi setidaknya 30 mg per hari supaya Anda terhindar dari anemia (kurang darah). Keperluan seng juga meningkat selama menjalani kehamilan, paling tidak 15 mg per hari. Dan tak tertinggal yaitu serat. Serat bisa mencegah dari ambeien yang lazim terjadi ketika hamil.

baca juga : nutrisi ibu hamil trimester pertama

2. Penuhi komitmen dengan dokter

Pemeriksaan kehamilan secara rutin diperlukan untuk selalu memantau keadaan kehamilan dan kesehatan ibu hamil, terpenting lagi bila umur ibu hamil tak muda lagi. Di saat Anda sedang hamil, risiko komplikasi mungkin terjadi, seperti diabetes gestasional dan hipertensi. Untuk mencegah dan mengobatinya lebih dini, Anda perlu memeriksakan kandungan Anda ke dokter. Dokter akan memberi rekomendasi kepada Anda untuk mengkonsumsi bermacam suplemen prenatal bila dibutuhkan. Hal ini juga bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan Anda.

3. Temukan waktu tidur yang cukup

Perubahan hormonal yang terjadi ketika hamil mungkin membikin Anda lebih susah tidur dalam jumlah cukup. Padahal, sebetulnya ibu hamil memerlukan waktu tidur yang lebih banyak dari sebelum hamil. Setidaknya, Anda perlu tidur malam sebanyak 7-9 jam. Sekiranya siang hari merasa kantuk, sebaiknya tidur dan hentikan kesibukan Anda sebentar.

baca juga : cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil

4. Anda boleh bercinta

Sebagian ibu hamil mungkin takut bercinta ketika hamil, ada yang bilang bahwa bercinta ketika hamil bisa menyebabkan keguguran. Tidak demikian, Sebenarnya tak masalah jika Anda bercinta saat hamil dengan prasyarat kehamilan Anda tak sedang dalam permasalahan.

5. Dapatkan berat badan ideal

Ibu hamil perlu menaikkan berat badannya ketika hamil. Berapa kenaikan berat badan yang diperlukan ketika hamil tergantung nutrisi ibu sebelum hamil. Kekurangan ataupun kelebihan berat badan ketika hamil, keduanya tak bagus dan bisa berbahaya bagi kesehatan bayi dalam kandungan Anda. Jadi, ibu hamil perlu tahu berapa kilogram berat badan yang seharusnya dicapai ketika hamil.

Untuk menaikkan berat badan, ibu hamil tak perlu makan dua porsi dalam sekali makan. Anda cuma perlu makan dikala lapar dan ingat Anda seharusnya senantiasa mengkonsumsi makanan yang bergizi.

6. Ibu hamil boleh travelling

Kehamilan mungkin membikin Anda sedikit stres, sehingga Anda memerlukan tamasya. Sebaiknya pesan karcis tamasya Anda sebelum umur kandungan masuk trimester tiga. Pada trimester ketiga, sebaiknya Anda di rumah untuk mempersiapkan persalinan.

baca juga : tips aman traveling saat hamil

Yang tak Boleh Dilaksanakan Saat Ibu Hamil Muda


1. Jangan makan makanan mentah

Makanan mentah betul-betul membahayakan bayi dalam kandungan, dapat menyebabkan cacat lahir ataupun keguguran. Kita tak mengenal apa saja kuman atau bakteri yang merekat di sana, sehingga bisa menyebabkan infeksi pada bayi dalam kandungan dan juga diri Anda sendiri. Keracunan makanan sebab mengkonsumsi makanan mentah juga dapat terjadi. Sebaiknya pastikan makanan yang Anda makan tak mentah, terlebih daging dan telor.

2. Jangan merokok dan atau minum alkohol

Kedua hal ini bisa berbahaya bayi Anda. Rokok selama kehamilan bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Walaupun, ibu yang minum alkohol selama kehamilan bisa menyebabkan bayi mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS). Keduanya juga dapat membawa pengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan bayi di masa berikutnya.

baca juga : bahaya asap rokok bagi ibu hamil

3. Jangan minum kopi secara berlebihan

Apabila Anda penggemar kopi, seharusnya kurangi jumlah gelas kopi yang Anda minum per harinya. Jika diminum dalam jumlah kecil, kopi mungkin tak akan berbahaya kesehatan bayi dalam kandungan Anda. Melainkan, konsumsi kopi dalam jumlah besar per hari bisa meningkatkan risiko kesehatan janin Anda. Ingat, apa yang Anda konsumsi nantinya juga akan mengalir ke dalam aliran darah janin melewati plasenta. Jadi, silakan konsultasikan ke dokter tentang apa saja yang Anda konsumsi ketika hamil muda.

4. Jangan minum obat tanpa anjuran dari dokter

Kehamilan muda trimester pertama adalah masa kehamilan yang masih rentan kepada seluruh sesuatu yang masuk ke dalam tubuh ibu, termasuk obat. Pada ketika ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter Anda seluruh variasi obat yang mau Anda pakai. Juga, konsultasikan ke dokter tentang obat yang aman sebelum Anda meminumnya. Obat-obatan lazimnya akan aman sesudah Anda melewati trimester pertama.

5. Jangan minum susu yang tak dipasteurisasi

Jika Anda mau mengkonsumsi susu kehamilan, pilihlah susu yang dikhususkan untuk ibu hamil atau susu yang telah melewati pelaksanaan pemanasan. Jangan sekali-kali memilih susu yang tak dipasteurisasi atau susu mentah. Susu yang tak dipasteurisasi bisa jadi masih mengandung sejumlah kuman Listeria yang bisa menyebabkan penyakit dan atau keguguran.

baca juga : susu terbaik untuk ibu hamil 1-3 bulan

6. Jangan makan ikan yang mengandung merkuri

Ikan laut memang memiliki banyak kandungan asam lemak omega-3 yang bagus untuk pertumbuhan otak buah hati, namun Anda tetap harus waspada terhadap kandungan merkuri di dalamnya. Anda seharusnya hati-hati dalam memilih ikan. Batasi konsumsi ikan (seperti tuna, salmon dan makerel). Jika Anda penyuka sushi, sebaiknya konsumsi sushi tak lebih dari 1-2 porsi kecil per pekan, dan ingat sebaiknya tak mengkonsumsi sajian yang mentah.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top