Tanda Hamil Muda yang Jarang Disadari, Jangan Terkejut Ya!

Tanda hamil muda yang paling banyak dikenali oleh masyarakat adalah mual muntah dan telat datang bulan. Sebenarnya tanda kehamilan tidak hanya itu saja, ada beberapa gejala hamil lain yang sering tidak disadari seperti keputihan, payudara sakit, sakit perut, sakit kepala dan ada yang berpendapat bahwa pusar gatal adalah tanda hamil.

Ciri hamil tersebut sudah muncul sejak awal kehamilan karena adanya perubahan hormon sejak terjadinya proses pembuahan. Bahkan ada yang beranggapan bahwa tanda-tanda hamil 1 hari sudah mulai terlihat.

Memang tanda tanda hamil sudah mulai muncul sejak minggu awal, namun beberapa wanita belum menyadari kalau dirinya sedang hamil dan menganggap bahwa gejala yang dialami bukan sebagai tanda orang hamil. Lantas apa saja tanda tanda hamil itu ? Silakan simak penjelasan berikut ini!

tanda-hamil-muda
(foto : pixabay.com)

Tanda Hamil yang Umum Terjadi


Ciri ciri orang hamil yang umum terjadi tidak hanya telat datang bulan tapi ada beberapa gejala yang lain. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Payudara bengkak dan nyeri

Payudara sakit seminggu sebelum haid apakah tanda hamil ? Memang di awal kehamilan, payudara menjadi lunak, bengkak dan sakit namun tidak bisa dipastikan kalau payudara sakit seminggu sebelum haid adalah tanda hamil.

2. Mual

Salah satu tanda hamil muda pada perut yang banyak dikeluhkan oleh wanita mengandung adalah mual disertai dengan muntah. Biasanya mual di awal kehamilan muncul di pagi hari, namun ada juga yang mengalaminya tanpa mengenal waktu. Penyebab mual hamil (morning sickness) belum diketahui secara pasti namun perubahan hormon lah yang diduga sebagai pemicu keadaan ini.

3. Sering BAK

Sering buang air kecil adalah salah gejala hamil muda yang umum terjadi namun jarang disadari. Saat Anda merasa sering BAK, mungkin terbersit pertanyaan "apakah ini ciri ciri orang hamil ya ?" Silakan lihat gejala yang menyertainya! kalau ternyata banyak tanda tanda hamil yang muncul kemungkinan Anda sedang hamil.

4. Badan lelah

Badan lelah adalah salah satu gejala awal kehamilan yang banyak dikeluhkan oleh wanita hamil muda. Pemicu kondisi ini adalah meningkatkan hormon progesteron di awal kehamilan.

5. Ngidam

Ketika Anda sedang hamil muda, mungkin anda mengalami hal yang tak seperti biasa, salah satunya adalah ngidam makanan tertentu. Sebagaimana gejala kehamilan yang lain, pemicu ngidam juga dihubungkan dengan perubahan hormonal.

Tanda Hamil Selain Telat Haid yang Tidak  Banyak Diketahui


Selain ciri orang hamil yang telah kami sampaikan  di atas, masih ada beberapa tanda hamil yang jarang disadari. Apa saja tanda hamil tersebut ? antara lain adalah sebagai berikut :

a. Pendarahan

Pendarahan kadang merupakan tanda awal kehamilan yang biasa disebut dengan pendarahan implantasi atau implantasi bleeding. Pendarahan ini terjadi ketika sel telur yang berhasil dibuahi menempel pada dinding rahim. Biasanya pendarahan ini terjadi dalam waktu singkat, tidak seperti masa menstruasi. Untuk informasi lebih detil, silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

b. Kram perut

Sebagai salah satu contoh sakit perut tanda hamilan adalah kram perut ringan. Gejala ini sangat mirip dengan gejala PMS sehingga banyak orang yang mengira keadaan ini sebagai tanda mau haid.

c. Perubahan mood

Peningkatan hormon di awal kehamilan membuat ibu hamil jadi lebih cengeng dan emosional. Perubahan mood adalah hal yang biasa dialami pada awal masa kehamilan normal.

d. Sakit kepala

Sakit kepala tanda hamil disebabkan karena melebarnya pembuluh darah dan tekanan darah menurun. Untuk itu, jangan kaget jika Anda sering merasa pusing atau sakit kepala di awal kehamilan. (baca : pusing tanda hamil seperti apa ?)

e. Susah BAB

Masih berkaitan dengan perubahan hormon ibu hamil. Ternyata perubahan hormon juga mempengaruhi sistem pencernaan ibu hamil sehingga mengakibatkan susah buang air besar (sembelit).

f. Suhu tubuh naik

Suhu basal tubuh tinggi di saat bangun pagi merupakan salah satu petunjuk awal kehamilan. Setelah proses pembuahan terjadi, suhu basal tubuh akan sedikit mengalami peningkatan.

Gejala hamil memang banyak, namun sayangnya tanda tersebut tidak selalu menunjukkan pasti hamil. Gejala tersebut di atas kadang muncul bukan karena hamil tapi karena sakit. Sebaliknya, kadang Anda tidak merasakan gejala apapun tapi ternyata sedang hamil muda.

Sebagai langkah tepat untuk mendeteksi kehamilan sejak dini adalah dengan segera melakukan tes kehamilan pakai test pack ketika tanda hamil sudah muncul. Apabila hasil tes menunjukkan positif, silakan segera konsultasi ke dokter terkait dengan perawatan kehamilan yang tepat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top