Ciri Kehamilan 1 Minggu Pertama Setelah Berhubungan

Ciri kehamilan 1 minggu pertama setelah berhubungan mungkin sulit untuk dideteksi karena belum terlalu kelihatan. Meski sulit dideteksi namun bukan berarti tidak mungkin untuk diketahui. Bagi pasangan suami istri yang sedang melakukan program hamil, mengetahui tanda tanda kehamilan tentu menjadi hal yang cukup mendebarkan. Setidaknya Anda tidak terlalu lama menunggu hasil program kehamilan, apakah sudah terwujud atau belum. Untuk itu, penting kiranya bagi pasangan suami istri untuk mengenal ciri kehamilan 1 minggu pertama setelah berhubungan.

Untuk kepentingan tersebut, selain menguji kehamilan dengan tets pack dan melakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan dengan USG, Anda juga perlu mengenali ciri orang hamil sejak sedini mungkin, baik ciri fisik maupun psikis.

Sebagai tambahan wawasan tentang ciri wanita hamil, kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi terkait ciri ciri hamil muda setelah berhubungan dilihat dari perubahan fisik maupun psikis.

ciri-kehamilan-1-minggu
(foto : pxhere.com)

Ciri-Ciri Fisik Wanita Hamil Setelah Berhubungan


Kehamilan yang dialami seorang wanita sudah dapat dikenali sejak masih awal melalui gejala kehamilan yang sudah terlihat beberapa hari setelah berhubungan. Setelah terlihat tanda kehamilan, silakan pastikan kehamilan dengan test pack dan jika hasilnya positif maka perawatan kehamilan harus segera dilakukan dengan tepat.

Lantas, apa saja ciri orang hamil jika dilihat dari perubahan fisik ? Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Perubahan bentuk payudara

Perubahan hormon esterogen dan progesteron yang dialami oleh ibu hamil muda dapat mempengaruhi perubahan bentuk payudara. Tak hanya mengalami perubahan bentuk, payudara wanita hamil juga sering gatal dan terasa nyeri saat terkena sentuhan. Tak hanya itu, payudara ibu hamil juga terasa lebih lembut dari sebelumnya. Jika Anda menjumpai gejala ini, bisa jadi itu adalah ciri hamil.

2. Perubahan bentuk perut

Seiring bertambahnya usia kehamilan, bentuk perut ibu hamil akan mengalami perubahan yaitu menjadi semakin terlihat besar. Sayangnya, perubahan ini belum bisa diketahui pada usia 1 minggu setelah berhubungan. Perubahan bentuk perut ibu hamil biasanya baru bisa terlihat setelah umur kehamilan masuk trimester kedua. Untuk membedakan perubahan perut karena hamil dan karena penumpukan lemak, silakan baca : perbedaan perut buncit dan perut hamil.

Ciri Hamil Dilihat dari Perubahan Kebiasaan


Selain bisa dilihat dari perubahan fisik, ciri orang hamil juga dapat dilihat dari perubahan kebiasaan yang mulai berubah beberapa hari setelah proses pembuahan. Perubahan kebiasaan yang dimungkinkan sebagai tanda tanda kehamilan antara lain adalah sebagai berikut :

a. Menjadi sering meludah

Sering meludah adalah salah satu tanda awal kehamilan yang dipicu karena perubahan hormon progesteron. Gejala kehamilan yang satu ini biasanya mulai muncul sejak kehamilan trimester pertama dan akan hilang secara perlahan seiring bertambahnya umur kehamilan.

b. Mudah lelah dan mengantuk

Mudah lelah dan mengantuk bukanlah ciri pasti hamil tapi biasanya wanita yang lagi hamil muda akan menjumpai keadaan dimana badan terasa begitu lelah dan mudah sekali mengantuk. Kondisi ini termasuk gejala hamil muda yang normal karena peningkatan hormon mengakibatkan beberapa organ tubuh bekerja lebih keras seperti organ ginjal, paru-paru, jantung dan lainnya.

Adanya janin di dalam kandungan membuat beberapa organ tubuh tersebut bekerja lebih keras sehingga badan terasa lelah meski tidak habis melakukan aktivitas berat. Badan lelah dan mudah ngantuk akan hilang seiring berjalannya waktu.

c. Frekuensi BAK meningkat

Semakin lancarnya peredaran darah memuat intensitas BAK ibu hamil meningkat. Bertambahnya usia kehamilan justru membuat keadaan ini semakin parah karena kandung kemih semakin tertekan oleh rahim yang kian membesar. Beberapa orang menyebutkan bahwa peningkatan intensitas BAK ini termasuk ciri ciri orang hamil 1 minggu setelah berhubungan namun hal ini sulit untuk dipastikan mengingat adanya banyak faktor yang bisa meningkatkan intensitas BAK (buang air kecil).

Ciri Kehamilan Dilihat dari Perubahan Kondisi Badan


Selain bisa dilihat dari perubahan fisik dan perubahan kebiasaan, ciri ciri hamil juga bisa dilihat dari perubahan kondisi tubuh. Perubahan tersebut biasanya sudah mulai terlihat sejak 1 minggu pertama setelah berhubungan dan akan menjadi semakin jelas dengan bertambahnya umur kehamilan. Adapun perubahan kondisi tubuh yang disebut-sebut sebagai gejala wanita hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1) Mual dan muntah

Gejala yang satu ini bisa dikatakan sebagai tanda hamil yang paling banyak dialami oleh wanita hamil. Perubahan hormon lah yang diduga sebagai penyebab mual muntah ini. Peningkatan hormon menyebabkan rasa perih di perut  sehingga membuat ibu hamil mual dan ingin muntah. Tak perlu panik dengan tanda kehamilan yang satu ini karena akan segera hilang setelah memasuki kehamilan trimester kedua.

2) Muncul bercak darah

Bercak darah tanda kehamilan disebabkan karena proses implantasi, yaitu proses dimana bakal janin menempel pada dinding rahim. Bercak darah ini biasanya hanya sedikit, berbeda dengan darah haid sehingga mudah diketahui perbedaan haid dan hamil. Pendarahan ini umumnya terjadi pada hari ketujuh setelah pembuahan dan menjadi salah satu dari sekian banyak tanda satu minggu kehamilan. (baca : Bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?)

3) Kram perut ringan

Implantasi tidak hanya menimbulkan bercak darah tapi juga mengakibatkan kram perut ringan yang disebabkan karena peregangan syaraf dan otot perut. Gejala hamil yang datang pergi ini akan terus dirasakan oleh ibu hamil selama trimester pertama dan akan mulai berkurang setelah kehamilan memasuki umur trimester kedua.

4) Kepala pusing

Pusing tidak selamannya sebagai tanda kehamilan, namun banyak ibu hamil yang mengeluhkan pusing di usia awal kehamilan. Hal ini disebabkan karena meningkatnya pasokan darah ke tubuh wanita hamil. Pusing tanda hamil ini terjadi bersama degan ciri kehamilan yang lain seperti mual muntah, mudah lelah dan lainnya. Apabila ibu hamil punya keluhan anemia maka rasa pusing akan semakin sering diarasakan bahkan ada yang sampai pingsan dengan keadaan ini. (baca : pusing tanda hamil seperti apa ?)

Selain tanda hamil tersebut di atas, masih ada ciri kehamilan lainnya yang dirasakan berbeda-beda pada setiap wanita mengandung. Untuk itu, jika ada beberapa gejala kehamilan tersebut sudah mulai muncul silakan pastikan kehamilan Anda dengan melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan dengan menggunakan test pack lebih banyak dipilih karena terbilang sangat mudah dan murah. (baca : kapan test pack bisa mendeteksi kehamilan dengan akurat ?)

Ciri Kehamilan 1 minggu setelah berhubungan umumnya disebabkan karena perubahan hormonal setelah proses pembuahan. Silakan kunjungi bidan atau dokter untuk memastikan sekaligus merawat kehamilan Anda.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top