Minum Susu Kambing Ketika Hamil, Aman atau Berbahaya ?

Sebenarnya minum susu kambing ketika hamil itu aman atau justru berbahaya ? Mungkin saat ini di dalam hati Anda terbersit pemikiran tentang aman dan tidaknya minum susu kambing saat hamil. Sebagaimana kita ketahui, susu kambing adalah salah satu jenis susu yang banyak mengandung nutrisi seperti vitamin A, B, B2, C,  Vitamin D, nitrogen, protein, nitrogen, zat besi, fospor dan kalsium. Dengan demikian minum susu kambing ketika hamil akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan.

Namun demikian, sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi susu kambing ada baiknya Anda simak penjelasan terkait susu yang aman diminum saat sedang hamil. Silakan baca penjelasannya pada artikel berjudul : SUSU IBU HAMIL YANG BAGUS.

Sebagaimana kita ketahui, susu kambing adalah salah satu jenis susu yang tidak begitu populer seperti halnya susu sapi. Bahkan sebagian masyarakat enggan untuk mengkonsumsinya. Meski demikian, patut Anda ketahui bahwa sebenarnya susu kambing itu bisa menyumbangkan beberapa manfaat bagi ibu hamil.

minum-susu-kambing-ketika-hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Manfaat Minum Susu Kambing Ketika Hamil


Pada dasarnya, susu kambing yang telah dipasteurisasi aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Justru dengan rutin mengkonsumsi susu, ada beberapa manfaat yang bisa didapat. Sebagaimana dilansir dari laman solusisehatku.com, manfaat susu kambing yang dikonsumsi saat lagi hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan kecerdasan otak

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh oleh ibu hamil yang rutin mengkonsumsi susu kambing adalah membantu perkembangan jaringan otak janin. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan minum susu kambing secara rutin agar janin dalam kandungan senantiasa sehat dan cerdas. Pastikan minum susu kambing yang telah dipasteurisasi guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : efek minum susu kambing untuk ibu hamil

2. Menjaga kesehatan kehamilan

Susu kambing mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita hamil. Susu kambing banyak mengandung protein, vitamin dan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang janin sehingga janin dalam kandungan senantiasa sehat dan tumbuh  berkembang dengan baik.

3. Susu kambing merupakan minuman yang baik bagi ibu hamil

Oleh karena banyak mengandung nutrisi bermanfaat, ibu hamil dianjurkan minum susu kambing guna mendapatkan banyak kemanfaatan. Ibu hamil wajib memikirkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Ibu hamil yang kurang mendapat asupan nutrisi bisa berdampak buruk pada perkembangan dan kesehatan janin.

Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk ibu hamil berarti ibu hamil peduli dengan sang buah hati di dalam kandungan. Tak hanya berdampak baik bagi janin, ibu hamil yang rajin mengkonsumsi makanan bergizi juga berdampak positif bagi kesehatan tubuhnya.

4. Meningkatkan produksi ASI

Ibu hamil yang telah memasuki usia trimester akhir tentu berharap persalinan berjalan lancar dan kelak setelah lahir janin bisa segera mendapat asupan nutrisi dari ASI (Air Susu Ibu). Semua orang tahu, ASI adalah makanan bayi yang paling bagus sehingga setiap ibu akan berusaha dengan segala cara biar ASI-nya lancar.

5. Membantu pertumbuhan tulang janin

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, susu kambing termasuk jenis minuman yang banyak mengandung kalsium. Kalsium memiliki peran yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil serta membantu proses perkembangan tulang janin. Ibu hamil yang kurang mendapat asupan kalsium bisa mengalami masalah tulang bahkan pengeroposan tulang.

6. Susu kambing mudah dicerna

Susu kambing mempunyai struktur yang begitu lembut sehingga mudah dicerna oleh ibu hamil. Dengan demikian, susu kambing bisa memberikan dampak baik pada proses pencernaan ibu hamil.

7. Tidak menyebabkan alergi

Beberapa ibu hamil tidak mau minum susu karena alergi susu. Susu kambing berbeda dengan susu sapi yang memang biasanya bisa menyebabkan alergi. Pada umumnya, susu kambing tidak menyebabkan alergi sehingga Anda bisa mengkonsumsinya dengan tanpa rasa khawatir.

Demikianlah penjelasan singkat terkait minum susu kambing ketika hamil. Apabila Anda masih ragu untuk mengkonsumsi susu kambing, silakan konsultasi ke dokter. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top