5 Nutrisi Supaya Cepat Hamil, Pasutri Wajib Tahu !

Supaya cepat hamil, Anda perlu melakukan banyak hal, salah satunya adalah memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi yang tepat. Dr. Natalie Burger seorang ahli kanduangan di Texas Fertility Center, mengungkapkan bahwa nutrisi yang tepat sangat membantu dalam program kehamilan. Apakah Anda ingin tahu nutrisi apa saja yang harus dikonsumsi supaya cepat hamil ? Silakan simak ulasan berikut ini!

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Supaya Cepat Hamil


Ada beberapa nutrisi yang diperlukan oleh seseorang yang melakukan program hamil, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Zinc


nutrisi-supaya-cepat-hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Supaya cepat hamil, pasangan suami istri harus memenuhi kebutuhan zinc. Menurut informasi yang disampaikan American Pregnancy Association, zinc adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh seorang wanita untuk meningkatkan kesuburan. Zinc diperlukan oleh kaum wanita untuk membantu memaksimalkan hormon reproduksi seperti progesteron dan esterogen.

Apabila seorang wanita kekurangan zinc maka hormon reproduksi tidak seimbang. Hal itu bisa mempengaruhi perkembangan ovarium tidak normal dan bisa menyebabkan haid tidak teratur.

Sementara itu, zinc juga diperlukan oleh kaum pria untuk melindungi sel $perma dari paparan radikal bebas yang bisa merusak, mempengaruhi jumlah dan kualitasnya. Para ahli menyebutkan bahwa pria yang banyak mendapat asupan zinc memiliki sel $perma lebih sehat daripada pria yang kurang mendapat asupan zinc.

Adapun makanan yang banyak mengandung zinc antara lain adalah daging sapi, tiram, hati sapi, kepiting, lopster, biji-bijian, kacang-kacangan dan aneka macam produk susu. Kebutuhan zinc pria dewasa berkisar antara 10-13 mikrogram dalam setiap harinya. Bila perlu, konsumsi suplemen zinc dengan berdasarkan sara dokter.

2. Coenzyme Q10

Sebuah studi mengungkapkan bahwa Coenzyme Q10 bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesuburan kaum wanita. Penelitian yang dilakukan pada seekor tikus, Coenzyme Q10 mampu meningkatkan kualitas sel telurnya.

Menurut Mayo Clinic, Coenzyme Q10 diperlukan oleh tubuh untuk membantu kerja fungsi dasar sel. Dosis yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah 30-200 mg Coenzyme Q10 per hari. Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen Coenzyme Q10, silakan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Suplemen untuk Menyiapkan Kehamilan


Selain zinc dan Coenzyme Q10 ada beberapa suplemen untuk menyiapkan kehamilan, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Asam folat

Manfaat asam folat bagi ibu hamil sangat banyak. American Pregnancy Association merekomendasikan pada semua wanita usia subur agar mengkonsumsi asam folat 400 mikrogram per hari supaya cepat hamil. Asam folat adalah vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah.

Selain mempercepat kehamilan, asam folat juga bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Ibu hamil yang kurang mendapat asupan asam folat meningkatkan resiko bayi lahir cacat.

Konsumsi asam folat hendaknya dikonsumsi sejak merencanakan kehamilan dengan dosis yang tepat. Untuk mendapatkan asupan asam folat, Anda bisa mengkonsumsi beberapa sayuran hijau seperti selada, bayam, kacang-kacangan dan lain-lain. Selengkapnya silakan baca makanan yang mengandung asam folat tinggi

2. Zat besi

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi jika ingin cepat hamil. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang kurang mendapat asupan zat besi bisa mengalami anovulasi (tidak terjadinya ovulasi) dan kualitas sel telur jadi buruk.

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk membantu proses pembuatan hemoglobin, komponen penyalur oksigen dari sel darah merah. Apabila kekurangan zat besi, Anda bisa mengalami anemia tau kurang darah. Adapun makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain adalah daging merah, sayuran, tahu, tempe dan selengkapnya bisa Anda baca makanan penambah darah ibu hamil.

3. Kalsium

Beberapa pakar gizi menganjurkan bagi wanita yang ingin cepat hamil untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian sekitar 1.000 mg. Ketika seorang wanita telah positif hamil maka kalsium sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu pertumbuhan tulang, gigi, otot, syaraf dan hati.

Anda bisa  mendapatkan asupan kalisum daris susu dan makanan lain yang banyak mengandung kalsium. Silakan baca penjelasannya pada pembahasan berjudul kalsium untuk ibu hamil selain susu. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top