Bolehkah Ibu Hamil Makan Pecel ? Ini Penjelasannya

Bicara tentang boleh dan tidaknya ibu hamil makan pecel tentu erat kaitannya dengan makanan yang baik untuk ibu hamil. Apakah pecel termasuk makanan yang aman atau justru termasuk makanan yang dapat membahayakan kehamilan.

Sebagaimana kita ketahui, pecel adalah salah satu jenis masakan sederhana yang sangat digemari oleh banyak orang. Pecel dibuat dengan aneka macam sayuran rebus yang disantap bersama bumbu kacang.

Bagi orang yang suka makan pedas, pecel termasuk makanan favorit yang bisa menambah selera makan. Sayangnya, ada kabar angin yang menyebutkan bawah pecel tidak boleh dimakan oleh ibu hamil. Benarkah kabar tersebut ? Silakan simak penjelasan di bawah ini :

bolehkah-ibu-hamil-makan-pecel
Gambar ilustrasi (sumber : wikipedia.org)

Ibu Hamil Bolehkah Makan Pecel ?


Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu proses pertumbuhan janin. Sayuran adalah salah satu makanan sehat yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Seperti yang telah kita ketahui, pecel terbuat dari aneka macam sayuran yang tak diragukan kandungan gizinya. Dengan mengkonsumsi sayuran tersebut, ibu hamil mendapatkan tambahan nutrisi yang dapat memberikan dampak positif pada janin.

Misalnya saja pecel yang dibuat dengan daun bayam. Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi, protein, karbohidrat, mineral dan vitamin yang tentu sangat baik untuk ibu hamil. (baca : manfaat bayam untuk ibu hamil ternyata luar biasa).

Selain terbuat dari sayuran, pecel dimakan dengan bumbu kacang. Cabai dan kacang yang dibuat untuk bumbu pecel juga mengandung nutrisi yang sangat bagus bagi kesehatan.

Cabai memiliki kandungan vitamin, kalium, vitamin magnesiaum dan lain-lain. Sedangkan kacang cukup banyak mengandung protein sehingga bagus untuk dikonsumsi ibu hamil.

Jika Anda bertanya, bolehkah ibu hamil makan pecel ? Tentu boleh, asalkan tidak berlebihan. Makan pecel dalam jumlah terlalu banyak dan terlalu pedas bisa menimbulkan efek kurang baik bagi kesehatan.

Ibu Hamil Makan Pedas


Ibu hamil boleh nggak sih makan makanan pedas ? Sebagaimana dilansir dari laman alodokter.com (20/04/2017) sebenarnya makanan pedas bukan termasuk pantangan makanan ibu hamil tapi makan pedas dapat memicu beberapa keluhan kesehatan seperti sakit magg, radang saluran pencernaan dan diare.

Ibu hamil tidak dilarang mengkonsumsi makan pedas namun perlu dibatasi jumlahnya. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, beberapa keluhan kesehatan pun akan muncul dan bisa membuat ibu hamil tersiksa.

Belum lagi kalau ibu hamil mengkonsumsi obat untuk mengatasi masalah kesehatan akibat makan pedas, kandungan zat pada obat bisa membahayakan janin dalam kandungan.

Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Oleh karena itu, alangkah bijaknya jika ibu hamil tidak berlebihan dalam mengkonsumsi pecel dan makanan pedas lainnya. Dengan demikian, kehamilan senantiasa terjaga kesehatannya.

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil


Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil sebagaimana dilansir dari laman doktersehat.com :

1. Makanan mentah

Ibu hamil tidak dianjurkan makan makanan yang terbuat dari daging mentah dan atau setengah matang. Kenapa tidak boleh ? Karena daging mentah dan setengah matang besar kemungkinan mengandung bakteri berbahaya seperti E. Coli dan toksoplasmosis yang bisa menyebabkan masalah kehamilan serius.

2. Ikan laut yang mengandung merkuri

Ikan laut berukuran besar seperti ikan hiu, ikan tuna dan sea bass perlu dihindari oleh ibu hamil karena jenis ikan tersebut banyak yang telah tercemar logam berat merkuri.

3. Batasi minum kopi


makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Kopi adalah jenis minuman yang mengandung kafein sehingga perlu dibatasi. Ibu hamil yang terlalu banyak mendapat asupan kafein bisa berpengaruh negatif pada kehamilannya.

Informasi lebih detil tentang makanan yang tidak boleh bagi ibu hamil bisa Anda baca pada artikel berjudul makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Kesimpulan :

Bolehkah ibu hamil makan pecel ? Tentu boleh asal tidak berlebihan. Sekian, semoga bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top