Susu yang Berbahaya dan tidak Boleh Diminum Ibu Hamil, Bunda Harus Tahu!

Bunda hamil tidak boleh nekat minum susu yang berbahaya untuk ibu hamil. Sebenarnya susu adalah salah satu jenis minuman yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi yang sangat lengkap.

Namun demikian, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi jenis susu karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif. Tak hanya susu, beberapa jenis minuman juga tidak boleh diminum oleh ibu hamil guna menjaga kehamilan tetap sehat.

Lantas, susu seperti apa yang tidak boleh diminum oleh ibu hamil itu ? Silakan simak ulasan penjelasan pada artikel ini sampai selesai guna mendapatkan informasi secara lengkap.

susu-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Susu Tidak Dipasteurisasi Berbahaya untuk Ibu Hamil


Meski banyak mengandung nutrisi namun susu segar yang belum dipasteurisasi tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena dikhawatirkan terkontaminasi bakteri yang bisa membahayakan kesehatan janin.

Sebagaimana dilansir dari laman liputan6.com (04/05/2017) pasteurisasi adalah sebuah proses paling sederhana dengan tujuan membunuh bakteri yang kemungkinan terdapat di dalam susu sehingga susu aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja termasuk ibu hamil.

Proses pasteurisasi tidak sama dengan Ultra High Temperature (UHT). UHT membutuhkan suhu tinggi untuk menghasilkan susu yang steril dari bakteri berbahaya. (silakan baca : merk susu UHT yang bagus untuk ibu hamil).

Dikutip dari laman health.detik.com (22/02/2018) susu yang tidak dipasteurisasi besar kemungkinan mengandung kuman berbahaya seperti parasit, virus dan bakteri.

Kuman berbahaya tersebut tidak hanya berbahaya bagi janin di dalam kandungan tapi juga bisa membahayakan ibu hamil. Bahkan kuman ini bisa membunuh karena tidak merubah rasa maupun bentuk susu.

Jenis bakteri yang kemungkinan terkandung di dalam susu yang tidak dipasteurisasi antara lain adalah E. coli, Salmonella, Listeria, Campylobacter, Cryptosporidium dan Brucella.

Bakteri tersebut bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti kram perut, diare dan muntah-muntah. Ibu hamil yang terkontaminasi bakteri tersebut dapat memberikan dampak mengerikan pada janin.

Tak hanya itu, susu yang belum dipasteurisasi juga bisa menyebabkan Guillain-Barré yang bisa melumpuhkan sebagian anggota tubuh dan sindrom hemolitik-uremik yang bisa menyebabkan stroke, gagal ginjal hingga kematian.

susu-yang-tidak-boleh-dikonsumsi-ibu-hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil menghindari susu yang berbahaya bagi ibu hamil yaitu susu yang tidak dipasteurisasi. Apabila hendak mengkonsumsi susu sebaiknya pastikan dulu bahwa susu yang akan Anda konsumsi adalah susu yang sudah dipasteurisasi.

Produk Susu yang Bagus Untuk Ibu Hamil


Bicara tentang susu yang bagus untuk ibu hamil, setiap orang tentu mempunyai pendapat yang berbeda-beda. Penjelasan berikut ini setidaknya bisa menambah wawasan bunda sebelum mengkonsumsi susu ibu hamil.

Berikut adalah 3 merk susu yang baik untuk ibu hamil sebagaimana dilansir dari laman bidhuan.id (12/09/2017) :

1. Susu Anmum Materna untuk ibu hamil 1-3 bulan


Salah satu keunggulan susu Anmum Materna adalah sudah ada kandungan formula yang dapat menghilangkan rasa mual dan muntah pada ibu hamil trimester pertama. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada susu Anmum Materna antara lain adalah zat besi, kalsium, folat, DHA, inulin dan lainnya. (silakan baca : Susu Anmum Materna untuk ibu hamil)

2. Susu Lactamil Inisis untuk ibu hamil trimester pertama


Hampir sama dengan susu Anmum Materna, susu Lactamil Inisis juga mengandung formula khusus sehingga tidak menimbulkan mual muntah pada ibu hamil. Adapun kandungan nutrisi pada susu Lactamil Inisis antara lain adalah vitamin B6, vitamin D, kalsium, asam folat, protein, zat besi dan formula ADIK+.

3. Susu Prenagen untuk ibu hamil 1 bulan


Ada dua jenis susu Prenagen yaitu Prenagen Emesis dan Prenagen Mommy. Ibu hamil yang tidak mengalami mual muntah bisa memilih Prenagen Emesis, sedangkan ibu hamil yang mual muntah bisa memilih Prenagen Mommy.

Demikian ulasan singkat terkait susu yang berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil serta anjuran susu yang baik buat bunda hamil. Semoga artikel ini bermanfaat, Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top