6 Hal yang Harus Dihindari Ibu Selama Hamil, No 4 Sering Salah Kaprah

Ada beberapa hal yang harus dihindari ibu selama hamil demi mendapatkan kehamilan yang sehat dan normal. Sebagaimana yang telah kita ketahui, ketika dokter telah menyatakan Anda positif hamil, perasaan bahagia pun memenuhi hati Anda.

Jangan terlarut dalam kebahagiaan hingga melupakan perawatan kehamilan yang tepat. Kehamilan perlu dirawat dengan baik agar senantiasa sehat dan berkembang dengan baik. (baca : perawatan ibu hamil sehari-hari)

Selain harus melakukan beberapa hal, ibu hamil harus menghindari beberapa hal yang diduga dapat memberikan dampak kurang baik pad akehamilan. Selengkapnya, silakan lanjut membaca artikel ini hingga rampung.

hal-yang-harus-dihindari-ibu-hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Inilah 6 Hal yang Harus Dihindari Ibu Hamil


Kehamilan adalah momen bahagia yang sangat diharapkan kehadirannya oleh setiap pasangan suami istri. ketika kehamilan telah datang, ibu hamil harus menghindari hal-hal yang berdampak buruk pada kehamilan.

Di bawah ini adalah 6 hal yang harus dihindari ibu hamil guna mendapatkan kehamilan sehat dan normal tanpa banyak kendala berarti :

1. Kerja berat

Selama menjalani kehamilan, wanita hamil tidak diperkenankan kerja berat hingga membuat dirinya kelelahan. Seperti yang telah kita ketahui, umumnya wanita hamil sudah merasakan lelah dan lemas meski tidak kerja berat.

Hal itu disebabkan karena perubahan hormon yang membuat beberapa organ tubuh bekerja lebih keras sehingga ibu hamil merasa lemas walau tidak banyak beraktivitas. Apabila ibu hamil nekat kerja berat maka beberapa kemungkinan buruk akan terjadi.

2. Merokok atau terpapar asap rokok

Bukan rahasia lagi, kandungan nikotin pada asap rokok yang dihirup oleh manusia akan memberikan dampak buruk pada kesehatan. Ibu hamil sangat tidak dianjurkan menghirup asap rokok baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.

Dampak buruk asap rokok tidak bisa dianggap sepele karena bisa menyebabkan kelahiran bayi prematur hingga keguguran. Informasi selengkapnya silakan dibaca pada artikel : bahaya asap rokok

3. Minum minuman beralkohol dan bersoda

Sebagaimana dijelaskan pada situs alodokter.com (24/12/2016) konsumsi minuman bersoda belum terbukti secara medis bisa menyebabkan keguguran. Namun demikian konsumsi minuman bersoda harus dibatasi karena adanya kemungkinan dampak buruk dari kandungan zat pada minuman bersoda.

Selain minuman bersoda, ibu hamil seharusnya menghindari minuman beralkohol karena dampaknya pada kehamilan sungguh tidak baik. Minuman beralkohol tidak hanya kurang baik bagi ibu hamil tapi semua orang tidak baik konsumsi minuman beralkohol. (baca : minuman yang bisa menyebabkan keguguran)

4. Tidur terlentang lebih 10 menit pada saat hamil tua

Tidur terlentang terlalu lama saat hamil bisa menyebabkan sakit punggung. Lagi pula tidur dengan posisi terlentang saat hamil tua juga tidak nyaman. Jika ingin tidur terlentang sebaiknya jangan lebih dari 10 menit.

5. Minum obat tanpa resep dokter

Sebagaimana kita ketahui, janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tertentu. Demi menjaga kesehatan janin, sebaiknya jangan sembarangan minum obat. Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan hendak minum obat, sebaiknya minta resep dari dokter.

6. Stress

Jangan menganggap sepele hal yang satu ini. Stress yang berkepanjangan ternyata tidak hanya berdampak buruk pada sang ibu tapi juga berdampak pada janin. Informasi selengkapnya bisa Anda baca pada artikel berjudul akibat stress pada ibu hamil dan janin.

Itulah 6 hal yang harus dihindari ibu saat hamil demi mendapatkan kehamilan yang sehat, nyaman dan tidak banyak kendala. Sekian, semoga bermanfaat, Salam.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top