10 Contoh Sakit Perut Tanda Hamil, No 3 Sering Diabaikan

Di awal kehamilan ibu hamil sering mengalami kondisi yang belum pernah dialami sebelumnya. Berbagai macam gejala kehamilan yang muncul membuat sebagian calon ibu hamil khawatir.

Beberapa gejala kehamilan yang muncul antara lain adalah mual, muntah, ngidam, sakit punggung, badan lelah dan lain-lain. Dari sekian banyak tanda kehamilan, salah satu diantaranya adalah sakit perut. Ada yang menganggap bahwa sakit perut adalah masalah serius dalam kehamilan padahal itu adalah hal yang wajar terjadi.

Sakit Perut Tanda hamil


Sakit perut yang dialami oleh ibu hamil menunjukkan hal yang berbeda. Agar tidak salah dan tidak takut dalam menghadapi sakit perut saat hamil, berikut akan kami sampaikan beberapa contoh sakit perut tanda hamil yang sering diabaikan :

1. Kram perut


Sakit Perut Tanda Hamil
(foto : pixabay.com)

Normalkah kram perut saat hamil ? Perlu Anda ketahui bahwa kram perut adalah salah satu dari sekian banyak tanda hamil yang muncul. Ibu hamil sering merasa nyaman karena rasa mengalami kram perut yang sakitnya luar biasa.

Kram perut tanda hamil jauh berbeda dengan kram perut jelang menstruasi. Kram perut kehamilan ini biasanya disusul dengan munculnya bercak darah tanda kehamilan. Informasi selengkapnya bisa Anda baca : kram perut tanda hamil atau haid ?

2. Sakit perut di bagian bawah


Naiknya hormon yang terus menerus meningkat selama kehamilan membuat sakit perut bagian bawah dan membuat ibu hamil jadi tidak nyaman. Kondisi ini mirip sekali dengan yang dirasakan menjelang haid tapi tidak ada darah yang keluar hingga lewat periode satu hingga dua minggu.

3. Sakit perut karena sembelit


Sembelit atau susah BAB adalah tanda kehamilan yang umum dialami oleh wanita hamil. Perubahan hormonal adalah penyebab utama terjadinya masalah ini. Ibu hamil yang kurang mendapatkan asupan serat akan merasakan sembelit yang semakin menjadi-jadi. Untuk informasi tentang cara mengatasi sembelit saat hamil, silakan baca : cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil.

4. Sakit perut karena mual


Sakit perut tanda hamil yang selanjutnya adalah sakit perut karena mual di awal kehamilan. Mual dan ingin muntah akan terus dirasakan oleh ibu hamil selama usia kehamilan trimester pertama. Namun perhatikan, apakah mual yang Anda alami disebabkan karena maag atau karena kehamilan. Mual hamil dapat terjadi sepanjang hari sehingga ibu hamil tidak merasa lapar.

5. Sakit perut di dekat kandung kemih


Salah satu kondisi yang terjadi saat hamil adalah sering buang air kecil. Kantung kemih tertekan oleh rahim yang kian membesar sehingga frekuensi buang air kecil meningkat. Apabila ibu hamil secara tidak sengaja menahan pipis maka bisa menyebabkan sakit perut di bagian bawah tepatnya di dekat kandung kemih.

6. Sakit perut usai makan


Contoh sakit perut tanda hamil yang berikutnya adalah sakit perut setelah makan terutama di awal masa kehamilan. Di usia kehamilan trimester pertama biasanya ibu hamil merasakan perubahan terhadap makanan tertentu. Perut ibu hamil menjadi lebih sensitif terhadap jenis makanan tertentu sehingga perlu untuk selektif terhadap makanan yang hendak dikonsumsi.

7. Sakit perut yang disebabkan gangguan pencernaan


Peningkatan hormon yang dialami oleh ibu hamil bisa mengganggu metabolisme tubuh. Hal ini bisa menyebabkan sakit perut setelah mengkonsumsi makanan tertentu padahal sebelumnya tidak pernah terjadi.

8. Sakit perut kembung


Perut kembung atau begah adalah salah satu dari sekian banyak contoh sakit perut tanda hamil yang sering diabaikan. Perut kembung bisa disebabkan karena bayak faktor, salah satunya adalah karena pengaruh kehamilan. Untuk informasi selengkapnya, silakan baca artikel berjudul : mengatasi perut begah (kembung) saat hamil.

9. Sakit perut di bagian atas


Sakit perut di bagian atas ini biasanya dibarengi dengan sesak napas. Hal ini bisa terjadi karena terjadinya perubahan struktur di dalam tubuh seiring perubahan rahim yang terus berkembang sesuai perkembangan janin. Sakit perut bagian atas terjadi karena tekanan rusuk yang menjadikan tidak nyaman pada posisi tertentu.

10. Sakit perut karena perkembangan rahim


Seiring perkembangan janin, rahim pun kian membesar hingga menyebabkan sakit perut dan rsa tidak nyaman dalam beraktivitas. Sakit perut ini termasuk hal yang wajar dalam menjalani kehamilan, jadi tidak perlu dikhawatirkan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan tentang 10 contoh sakit perut tanda hamil yang sering diabaikan. Semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi kita semua, salam.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top