Air Ini Menyebabkan Keguguran, Abaikan Kalau Ingin Menyesal Seumur Hidup

Apa benar air tape bisa menyebabkan keguguran ? Mungkin Anda adalah salah satu orang yang bertanya-tanya, apakah benar kabar tentang air tape tersebut. Untuk menjaga kehamilan tetap sehat, Bunda perlu mendapatkan informasi yang lengkap.

Pengetahuan tentang penanganan kehamilan yang tepat dapat membantu kelancaran dalam menjalani kehamilan. Sebaliknya, jika Bunda tidak tahu cara benar menjalani kehamilan maka resiko kehamilan akan semakin besar.

Sebagaimana pertanyaan yang disampaikan salah satu anggota di situs alodokter.com (30/07/2016), Mohon penjelasan kenapa bibinya mengalami keguguran hanya gara-gara minum air tape, padahal bibi hanya ingin menghangatkan badan saja.

Air tape menyebabkan keguguran
Ilustrasi (sumber : ngasih.com)

Benarkan Air Tape Bisa Menyebabkan Keguguran ?


Perlu Anda ketahui bahwa air tape adalah hasil hasil fermentasi dari karbohidrat dengan menggunakan bantuan ragi. Jika dilihat dari proses pembuatannya, air tape memiliki kandungan alkohol.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kandungan alkohol pada air tape adalah lama proses fermentasi. Semakin lama proses fermentasi maka kandungan alkohol pada tape semakin tinggi.

Terlepas dari banyak dan sedikitnya kandungan alkohol yang terdapat pada air tape yang pasti ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi pada ibu hamil jika mengkonsumsi alkohol.

Dampak minum alkohol bagi ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan resiko keguguran


Ibu hamil yang gemar mengkonsumsi alkohol maka janin bisa mengalami foetal alcohol spectrum disorder. Apabila hal ini terjadi maka ibu hamil bisa mengalami keguguran kandungan. (baca : Tanda keguguran hamil muda)

Hal itu bisa terjadi karena janin tidak bisa tumbuh dengan normal. Sedangkan jika hal itu terjadi pada kehamilan tua maka memperbesar resiko kelainan janin seperti kepala kecil (mikrosefali), kelainan pada wajah janin, sulit bicara dan gangguan lain.

2. Kelainan fungsi hati janin


Alkohol yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa menembus plasenta sehingga kadar alkohol di dalam darah janin meningkat. Kondisi ini membuat hati janin bekerja lebih berat karena belum terbentuk secara sempurna.

3. ADHD (attention deficit hyperactive disorder) 


ADHD adalah suatu kelainan pada janin dimana bayi yang sudah tumbuh besar mengalami sulit konsentrasi. Hal ini tentu kurang baik bagi kesehatan dan keselamatan sang buah hati.

Oleh karena dampak buruk alkohol bagi janin sangat besar maka ibu hamil hendaknya tidak makan atau minum makanan atau minuman yang mengandung alkohol, salah satunya adalah air tape.

Air tape bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih jenis makanan dan minuman selama hamil.

Pastikan makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang baik untuk ibu hamil dan bukan merupakan pantangan makanan bagi ibu hamil agar tidak keguguran.

Selain memperhatikan asupan makanan dan minuman, sebaiknya lakukan aktivitas yang tidak membahayakan kehamilan. Olahraga extreem sebaiknya tidak dilakukan untuk sementara waktu.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan terkait air yang menyebabkan keguguran. Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini melalui tombol berbagi di bawah artikel, Salam.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top