Flek Coklat Haid atau Bukan ?

Flek coklat haid atau bukan ? Sering dilontarkan oleh wanita yang menjumpai keraguan terhadap keadaan yang mereka alami. Munculnya flek coklat kadang membuat hati bertanya-tanya, apakah ini termasuk darah haid atau bukan ?

Perlu kami sampaikan bahwa flek coklat bisa juga sebagai tanda awal kehamilan yang disebut dengan perdarahan implantasi (implantation bleeding). Kondisi ini terjadi saat embrio menempel pada dinding rahim yang mengakibatkan luka pada dinding rahim dan akhirnya mengeluarkan darah.

Pendarahan implantasi ini biasanya terjadi pada hari keenam sampai hari ke-12 setelah pembuahan terjadi. Informasi lebih detil bisa Anda baca pada artikel berjudul flek coklat tanda hamil berapa lama ?

flek-coklat-haid
Image from pixabay.com

Flek Coklat Tanda Hamil


Pendarahan implantasi biasanya hanya berupa spotting atau flek yang berupa darah merah muda dan atau kecoklatan, sangat jauh berbeda dengan darah haid yang umumnya berwarna merah gelap.

Bercak darah tanda kehamilan ini tidak banyak dan biasanya segera menghilang setelah 2 atau 3 hari. Jangan kaget jika Anda merasakan kram perut yang menyertai bercak darah ini.

Jika benar flek darah yang Anda alami adalah tanda kehamilan, bukan haid maka akan segera diikuti dengan beberapa tanda kehamilan seperti cepat lelah, mual, muntah, sering pipis, indra penciuman menjadi lebih sensitif, nyeri di bagian payud8ra dan lainnya.

Apabila flek coklat terjadi sekitar satu minggu sebelum tanggal haid, masih ada kemungkinan itu Anda hamil. Kalau ternyata Anda mengalami telat haid, sebaiknya segera lakukan testpack untuk memastikan kehamilan.

Adapun hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan hasil test pack akurat antara lain adalah sebagai berikut :


  1. Sebaiknya catat HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) sebagai deteksi awal kehamilan
  2. Lakukan tes kehamilan di pagi hari karena kadar hormon HCG di pagi hari lebih terkonsentrasi
  3. Sebaiknya jangan terlalu banyak minum sebelum melakukan tes kehamilan karena bisa membuat urine lebih encer hingga membuat kadar hormon HCG kurang  terkonsentrasi
  4. Baca dulu petunjuk penggunaan test pack sebelum memakai, petunjuk penggunaan setaip merk test pack bisa berbeda
  5. Hasil positif hamil ditandai dengan strip dua
  6. Apabila kurang yakin dengan hasil test pack, silakan ulangi lagi 
  7. Apabila sudah mendapatkan hasil positif hamil, silakan segera datang ke dokter atau bidan untuk mendapatkan perawatan kehamilan yang tepat.


Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika keluar flek coklat tanda kehamilan. Jangan tunda untuk melakukan tes kehamilan jika memang sudah muncul tanda-tanda kehamilan.

Baca juga : kapan test pack bisa mendeteksi kehamilan secara akurat ?

Flek Coklat Sebelum Haid


Flek coklat tidak selamanya sebagai tanda kehamilan. Flek coklat atau bercak darah kadang muncul sebelum haid dan itu termasuk hal yang normal dan tidak perlu ditakuti.

Namun demikian, jika keluhan ini terus menerus terjadi dan dibarengi dengan gejala lain, Anda perlu waspada dan segera periksa ke dokter untuk mengetahui lebih jelas penyebabnya.

Ketika muncul flek, mungkin hati Anda bertanya-tanya, flek coklat haid atau bukan ? Perlu Anda ketahui bahwa kehadiran flek coklat sebelum masa haid bisa disebabkan karena beberapa faktor, antara lain adalah sebagai berikut :

1.Stres

Stress adalah salah satu faktor yang menyebabkan flek coklat sebelum memasuki masa haid. Kondisi ini mungkin hanya terjadi dalam jangka waktu singkat dan dalam jumlah sedikit.

2. Kehamilan

Sebagaimana yang telah kami sampaikan di awal pembahasan bahwa salah satu penyebab flek coklat adalah implantation bleeding atau pendarahan implantasi yang biasa terjadi di awal kehamilan.

3. Perimenopause

Usia menuju menopause biasanya ditandai dengan munculnya flek coklat dari jalan lahir. Hal ini terjadi karena tubuh sudah tidak akan mengalami menstruasi dan ovulasi.

4. Efek alat kontrasepsi

Beberapa alat kontrasepsi kadang juga menyebabkan flek coklat seperti IUD atau KB spiral. Selain itu, mengkonsumsi pil KB juga bisa membuat wanita mengalami flek.

5. Infeksi

Flek coklat bisa saja terjadi karena infeksi di area kewanitaan. Jika terkena infeksi maka akan muncul beberapa gejala lain seperti gatal di area kewanitaan, nyeri saat bercinta keluar bau tak sedap dari vag!na.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait flek coklat haid atau bukan. Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat bagi pembaca, Salam.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top