Telat Haid Tapi Tidak Merasakan Tanda Kehamilan, Apa yang Terjadi ?

Apakah Anda pernah telat haid tapi tidak merasakan tanda kehamilan ? Mungkin hati merasa khawatir sekaligus bertanya-tanya saat Anda mengalami kondisi ini.

Sebenarnya apa sih yang terjadi kok telat haid tapi ciri kehamilan tidak muncul sama sekali ? Silakan baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan jawabannya.

Perlu Anda ketahui bahwa telat haid itu bisa disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah kehamilan. Telat haid bukan berarti tanda pasti hamil, bisa jadi telat haid disebabkan karena faktor lain.

Telat Haid Tapi Tidak Merasakan Tanda Kehamilan
(foto : pixabay.com)

Faktor yang Mempengaruhi Telat Haid


Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan telat haid :

1. Telat haid karena hamil


Orang yang hamil pasti mengalami telat menstruasi. Sejak awal kehamilan berlangsung, menstruasi tidak lagi terjadi. Bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur, hal ini sangat mudah dikenali. Namun bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, rasanya sulit untuk mengetahui apakah dia telat haid atau tidak. Silakan baca : tanda telat haid karena hamil.

2. Telat haid karena pikiran stress


Terlambat datang bulan bisa saja terjadi karena pikiran stress. Ketika seseorang stress maka hormon dan bagian otak yang bertugas untuk mengatur siklus haid terganggu. Tak hanya telat datang bulan, stress juga dapat mengakibatkan berat badan turun atau naik.

Apabila telat datang bulan disebabkan karena stress maka disarankan untuk melakukan relaksasi, rutin berolahraga dan mengubah gaya hidup agar siklus haid normal kembali.

3. Obesitas


Penambahan berat badan yang dialami oleh seorang wanita bisa mempengaruhi kondisi hormonal. Seperti dilasir dari laman alodokter.com, wanita yang memiliki indeks 25 hingga 30 mempunyai resiko telat menstruasi lebih tinggi. Diet sehat dan olahraga teratur sangat disarankan bagi Anda yang mengalami obesitas.

4. Berat badan menurun


Telat haid tapi tidak merasakan tanda kehamilan bisa juga disebabkan karena penurunan berat badan akibat gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia. Berat badan wanita 10 persen di bawah berat ideal kemungkinan mengalami masalah pada siklus haid. Saran bagi Anda yang mengalami masalah ini adalah mengatasi gangguan makan dan menaikkan berat badan dengan cara yang sehat.

5. Alat kontrasepsi


Pil pencegah kehamilan memiliki kandungan hormon progestin dan esterogen yang dapat mencegah indung telur untuk bisa melepaskan sel telur. Salah satu efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi pil KB adalah siklus menstruasi tak normal. Bahkan butuh waktu sekitar 6 bulan usai berhenti mengkonsumsi pil KB agar siklus haid kembali normal.

Apabila Anda mengalami telat haid tp tidak merasakan tanda kehamilan, mungkin saja penyebabnya adalah salah satu dari 5 faktor di atas. Untuk lebih meyakinkan, coba tes kehamilan Anda dengan menggunakan alat test pack.

Alat test pack memang tidak menunjukkan hal yang pasti, namun setidaknya hasil yang ditunjukkan oleh test pack memberikan gambaran bagi Anda tentang kondisi yang sedang Anda alami. Bila perlu silakan periksa ke dokter kandungan. (baca : kapan test pack mendeteksi kehamilan dengan akurat ?)

Demikian informasi tentang telat haid dengan tidak disertai tanda hamil. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui tombol di bawah artikel, terimakasih.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top