Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka Matang ?

Sebenarnya bolehkah ibu hamil makan nangka matang ? Hal ini kerap ditanyakan oleh sebagian ibu hamil karena ada kabar yang menyebutkan bahwa makan nangka saat hamil bisa menyebabkan masalah kehamilan.

Rasa manis buah nangka memang begitu nikmat, tak heran jika banyak yang suka makan nangka. Buah nangka untuk ibu hamil tua dan muda sama-sama membuat ludah ingin menetes, apalagi saat masih ngidam.

Selain daging buahnya yang manis, biji bua nangka juga gurih jika dimasak. Biji buah nangka rebus untuk ibu hamil boleh saja dikonsumsi karena termasuk camilan sehat ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka
(foto : pixabay.com)

Bolehkah ibu hamil makan nangka cempedak dan nangka matang ?


Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu manfaat buah nangka. Perlu Anda ketahui bahwa buah dengan nama latin Artocarpus heterophyllus ini diyakini banyak mengandung banyak nutrisi.

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Agriculture menyebutkan bahwa orang yang makan 10 hingga 12 biji buah nangka bisa untuk sumber energi sehingga tidak perlu makan selama satu setengah hari.

Penelitian dari Glycemic Index Research Service University of Sydney mengungkap bahwa buah nangka termasuk makanan yang rendah gula. Namun hingga saat ini belum ada penelitian yang mendukung tentang buah nangka sebagai obat diabetes.

Serat pada buah nangka mudah larut sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal itu diungkapkan oleh seorang ahli gizi R Kalpana.

Lantas, benarkah mitos makan nangka saat hamil yang hingga saat ini masih dipercaya oleh sebagian orang bisa menyebabkan masalah kehamilan ? Mungkin yang dimaksud disitu adalah efek makan buah nangka matang dalam jumlah terlalu banyak. (baca juga : bolehkah ibu hamil makan durian ?)

Bolehkah ibu hamil makan buah nangka ?


Hingga saat ini belum ada sebuah penelitian yang mengungkap hubungan buah nangka dengan masalah kehamilan. Mitos makan nangka saat hamil saat ini masih banyak dipercaya, yaitu buah nangka bisa menyebabkan keguguran. (baca juga : ibu hamil boleh makan nanas ?)

Namun demikian, sampai saat ini belum ditemukan kandungan buah nangka yang bisa memicu keguguran. Justru sebaliknya, wanita hamil makan nangka matang bisa memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Makan nangka dapat membantu ibu hamil untuk mengendalikan hormon
2. Buah nangka untuk ibu hamil tua dan muda dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya
3. Membantu mensuply asupan vitamin A
4. Rendah lemak jenuh sehingga buah nangka aman bagi ibu hamil
5. Mengendalikan tekanan darah ibu hamil
6. Kaya serat sehingga efek makan nangka matang cukup bagus bagi ibu hamil.

Meski banyak mengandung nutrisi bermanfaat namun Anda perlu tahu apakah diri Anda alergi terhadap buah nangka atau tidak. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan tentang bolehkah ibu hamil makan nangka, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top