Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang ? Banyak yang Salah Kaprah Lho

Wanita yang sedang menjalani kehamilan tentu menjaga kesehatan tubuh demi mendapatkan kehamilan yang sehat dan tidak banyak masalah. Pertanyaan tentang bolehkah ibu hamil makan udang banyak disampaikan oleh beberapa ibu hamil karena hatinya takut.

Dalam menjaga kehamilan, ibu hamil perlu menjaga pola makanan sehat untuk ibu hamil dan sering berkonsultasi ke dokter kandungan terutama jika ada masalah kehamilan yang muncul.

Pada kesempatan kali ini kami www.tandalagihamil.com akan membahas tentang hal yang menimbulkan pertanyaan bagi sebagian ibu hamil yakni bolehkah ibu hamil makan udang ? Terkait dengan bolehkah ibu hamil makan udang rebon, silakan baca : udang rebon untuk ibu hamil, bolehkah?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Bolehkah ibu hamil makan udang dan cumi ?


Ada mitos yang hingga saat ini masih banyak dipercaya, yaitu ibu hamil yang sering makan udang katanya bisa membuat anaknya terkena eksim. Ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena ada beberapa ahli yang menyebutkan bahwa makan udang saat hamil itu aman-aman saja.

Sejauh ini belum ada efek samping udang untuk ibu hamil kecuali elergi pada ibu hamil yang memang telah menjadi penyakit bawaan. Lantas, bagiamana dengan cumi ? Bolehkah ibu hamil makan cumi ? Informasi selengkapnya silakan baca : manfaat cumi untuk ibu hamil dan janin.

Selain aman karena tidak banyak mengandung efek samping, udang juga termasuk hewan laut yang tidak mengandung merkuri. Merkuri itu sendiri jika masuk ke dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan bahkan keguguran. Jadi jelas, penjelasan ini menjadi jawaban bagi orang yang bertanya bolehkah ibu hamil makan udang.

Sama-sama termasuk hewan yang memiliki rangka luar, kepiting apa boleh dimakan oleh ibu hamil ? Temukan jawabannya pada artikel yang telah kami tulis dengan judul : bolehkah ibu hamil makan kepiting ?

Apakah Makan Udang Saat Hamil Ada Manfaatnya ?


Selain lezat dan aman bagi kehamilan, udang dapat menyumbangkan beberapa manfaat bagi ibu hamil karena banyak mengandung nutrisi diantaranya adalah vitamin C, vitamin D, yodium, zat besi, asam lemak, kolin, omega 3, omega, selenium, EPA dan DHA.

Adapun manfaat udang bagi ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :
  • Membantu proses perkembangan otak janin karena mengandung DHA, EPA dan omega 3
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena udang banyak mengandung protein, mineral dan vitamin C
  • Mencegah anemia atau kurang darah saat hamil
  • Termasuk makanan rendah kalori sehingga cocok buat ibu hamil yang sedang menjalani diet sehat saat hamil
  • Membantu mempercepat proses pertumbuhan janin
  • Dapat mengontrol kolesterol
  • Menjaga kesehatan jantung karena mengandung kolin
Beberapa manfaat udang tersebut dapat diperoleh ibu hamil jika dikonsumsi dengan benar dan tepat. Untuk itu, lakukan cara memasak udang untuk ibu hamil yang benar agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Lantas, bagaimana cara konsumsi udang yang benar saat hamil ?


Yaitu dalam seminggu maksimal makan udang sebanyak 350 gram. Selain berkaitan dengan jumlah yang akan dikonsumsi, Anda juga harus memperhatikan kondisi udang yang akan dimasak, yaitu udang yang masih fresh dan cuci bersih sebelum udang dimasak.

Sekian ulasan tentang bolehkah ibu hamil makan udang ? Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top